× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Bikin Cerdas, Ini 5 Contoh Makanan Bernutrisi Tinggi Untuk Anak

Orangtua pasti pernah merasakan tantangan memberi makanan anak. Ada dilema antara ingin memaksakan makanan bernutrisi tinggi untuk anak, atau membiarkannya makan-makanan kurang nutrisi yang penting kenyang. 


Padahal, ada banyak lho, makanan bernutrisi tinggi untuk anak yang lezat dan tentunya dapat membantu perkembangannya. 


Penasaran, apa saja contoh makanan bernutrisi tinggi untuk anak? Berikut Yumin rangkum informasinya untukmu.


  • Telur

Tahukah Yupiers, kalau satu butir telur mengandung protein, vitamin D, vitamin B12, dan zat besi. Nah, zat nutrisi tersebut amat berperan untuk meningkatkan imun dan pembentukan sel darah merah anak, lho.


Bukan hanya itu, ada juga beberapa telur yang telah difortifikasi dengan omega-3, sehingga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak. 


Yupiers bisa mengkreasikan makanan bernutrisi tinggi ini menjadi berbagai macam menu seperti roti lapis telur, telur gulung sayur, tumis telur puyuh brokoli, dan sebagainya. 


  • Ikan

Makanan bernutrisi tinggi untuk anak yang berikutnya adalah ikan. Ikan merupakan makanan yang kaya akan omega-3 dan dapat meningkatkan perkembangan otak anak agar lebih cerdas.


Beberapa jenis ikan yang dapat dikonsumsi antara lain ikan salmon, ikan kembung, ikan sarden, ikan tuna, dan sebagainya.


Yupiers dapat menyajikan berbagai makanan berbahan dasar ikan seperti sup ikan, bakso goreng ikan, dan lain-lain.


  • Sayuran

Yupiers tentu sudah paham bahwa sayuran mengandung nutrisi tinggi dan memiliki beragam manfaat. Setiap warna sayuran mengandung nutrisi yang berbeda, misalnya sayuran hijau seperti bayam dan kale yang tinggi vitamin, sayuran jingga dan merah seperti wortel dan tomat mengandung vitamin A.


Selain itu terdapat sayuran cruciferous seperti brokoli, kol, dan selada yang mengandung zat antikanker dan membantu meningkatkan kesehatan usus.


Beberapa contoh sayuran yang umumnya disukai anak-anak adalah wortel, jagung, buncis, dan kacang polong.


  • Daging

Daging mencakup daging merah dan daging putih. Adapun contoh daging merah yaitu daging sapi, kambing, dan domba. Sedangkan daging putih mencakup daging ayam dan jenis unggas lainnya.


Daging disebut bernutrisi tinggi karena termasuk protein hewani yang dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak, menjaga kesehatan tulang, dan meningkatkan imun.


Sama seperti sumber nutrisi lainnya, Yupiers juga dapat mengolah daging menjadi berbagai menu makanan lezat untuk anak seperti rolade, kroket, dan sebagainya.


  • Susu

Makanan bernutrisi tinggi untuk anak yang terakhir adalah susu. Susu penting untuk memperkuat tulang dan imun, menambah energi, serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung.


Selain sebagai sumber protein, susu juga mengandung karbohidrat, lemak, dan berbagai macam vitamin yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. 


Namun untuk bayi, sebaiknya Yupiers cukup memberikan ASI sampai usia 1 tahun, karena ASI memang terbaik untuk anak. 


Itulah lima contoh makanan bernutrisi tinggi untuk anak. Makanan bernutrisi tinggi sangat dibutuhkan agar tumbuh kembang anak lebih optimal, apalagi di periode golden age, perkembangan otak mereka sedang pesat sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang tepat. 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .