× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Bisa Banget! Ini 5 Cara Mudah Melatih Anak Agar Berpikir Kritis

Yupiers, sadar nggak sih, bahwa sejak bangku sekolah dasar, anak-anak cenderung dididik menjadi pengikut dan mungkin sering disalahkan apabila mereka tak mampu dalam suatu mata pelajaran? Padahal kan, setiap anak seharusnya bisa diajarkan dan dilatih agar berpikir kritis sejak dini.


Tak ada salahnya kok berpikir kritis. Apalagi, sikap ini memiliki banyak nilai positifnya terutama untuk menemukan solusi permasalahan yang dihadapi anak agar terhindari dari kesalahan yang sama di kemudian hari.


Namun, melatih kemampuan berpikir kritis anak sejak dini memang bukanlah hal yang mudah, tetapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. 


Agar bisa melatih anak agar terbiasa berpikir kritis, Yupiers bisa mengikuti cara-cara berikut ini:



  • Dorong Anak Untuk Lebih Banyak Bertanya

Bertanya adalah kunci. Sebagai orang tua, Yupiers sebaiknya tidak membatasi apapun yang anak ingin tahu. Malah Yupiers harus bisa memancing si kecil untuk  bertanya dari hal remeh, yang paling membuatnya penasaran. Hal itu akan membuat mereka bisa lebih berpikir kritis.


  • Jangan Langsung Memberi Jawaban dan Beri Pertanyaan Terbuka

Bila si kecil sudah banyak bertanya, usahakan jangan langsung memberikan jawabannya. Yupiers bisa mengajukan pertanyaan balik atau pendapat agar anak terbiasa berpikir karena tidak selalu langsung disuguhi jawaban dari rasa ingin tahu mereka. 


  • Biarkan Anak Bereksplorasi

Terkadang, kita sebagai orang tua selalu ingin membimbing atau mengarahkan anak dalam melakukan segala hal. Namun, untuk melatih anak berpikir kritis, sebaiknya Yupiers perlu memberikan anak kepercayaan untuk bereksplorasi termasuk dalam menyelesaikan masalahnya sendiri.


  • Ajarkan Teori Sebab-Akibat

Mengetahui hubungan sebab akibat harus Yupiers tanamkan pada anak sejak dini. Melalui cara ini, mereka akan belajar bahwa ada suatu proses yang mengawali sebuah peristiwa tertentu. 


  • Jangan Menghakimi

Ketika anak melakukan kesalahan, kita tidak perlu langsung memarahi atau menghakiminya. Untuk melatih mereka lebih berpikir kritis, Yupiers bisa tanyakan dulu mengapa si anak melakukan hal tersebut atau cari tahu apa tujuan mereka melakukannya. 


Itu dia beberapa cara yang bisa Yupiers terapkan untuk melatih kemampuan berpikir kritis si kecil. Sebagai orangtua, Yupiers pastinya ingin dong, anak-anak bisa memiliki pola pikir yang kritis? 


Hal ini mengingat pola pikir kritis adalah salah satu keterampilan hidup terpenting yang dapat Yupiers berikan kepada anak.

Pada akhirnya, mereka tidak hanya akan mampu berpikir sendiri, namun juga akan menjadi orang dewasa yang lebih bijak di masa depan. 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .