× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Boleh Dicoba Nih Kegiatan dengan Musik yang Mampu Tingkatkan Perkembangan Anak

Tahukah Yupiers, ternyata kegiatan bernyanyi ataupun bermusik memiliki dampak yang positif bagi perkembangan anak. Penelitian menunjukkan bahwa membuat dan mendengarkan musik membantu meningkatkan percaya diri dan keterampilan sosial anak-anak, dan bahkan dapat membantu mereka lebih fokus belajar di sekolah.

Yupiers, pada orang dewasa bernyanyi dan bermain musik terbukti melepaskan stres, meningkatkan energi, dan membantu Yupiers menjalin ikatan dengan orang lain. Hal itu rupanya juga berlaku pada anak. Ketika Yupiers bicara perkembangan anak-anak dan keluarga yang bahagia, maka bila diseimbangkan dengan segala hal tentang musik, itu akan semakin baik.

Yupiers, Kamu tidak selalu harus membayar untuk sekedar belajar musik dasar dan atau harus menyewa pengajar profesional untuk hanya belajar do-re-mi. Berikut ini beberapa strategi sederhana yang dapat membantu Yupiers memiliki lebih banyak kegiatan musik bersama dengan keluarga:

1. Nyanyikan kata dan frasa penting

Yupiers, setiap orang tua yang pernah mendengar lagu seperti “Baby Shark” akan merasa lagu tersebut tertahan di kepala dan selalu terngiang. Hal Pengulangan memang membuat hafal. Tahukah Yupiers, Menurut Vincent Reina, instruktur musik dan salah satu pendiri sekolah musik Music To Your Home, "Mempelajari lagu di usia muda meningkatkan keterampilan menghafal yang hebat."

Yupiers, menempatkan frasa atau instruksi umum dengan nada bernyanyi bersama akan menciptakan pola yang mudah dikenali dan diingat anak-anak, dan membuat retensi yang menyenangkan. Anak akan lebih mudah menangkap atau mengingat sesuatu. Jadi ketika Yupiers ingin si kecil menangkap atau mengingat sesuatu maka salah satu caranya yaitu dengan membuat frase sederhana menjadi sebuah lagu.

2. Buat kerajinan musik

Yupiers, hal ini bisa menjadi pengisi waktu saat hujan turun dan anak-anak tak bisa bermain di luar. Kamu dan si kecil dapat dengan mudah membuat alat musik dari barang-barang rumah tangga. Kamu bisa membuat drum dari kaleng yang sudah tak ada digunakan, atau botol air mineral berisi beras yang akan berfungsi seperti marakas.

Yupiers, bersenang-senang dengan anak bisa menciptakan dan "memainkan" instrumen buatan sendiri. Kamu bahkan dapat berpura-pura bermain konser bersama.

3. Mainkan pertunjukan pencarian bakat

Yupiers bermain peran dengan membuat arena pertunjukan pencarian bakat di dalam rumah boleh dicoba. Siapkan panggung kecil dan biar lebih seru lagi dengan bergaya bak penyanyi professional di atas panggung, bayangkan diri mereka sebagai karakter dan buat lagu mereka sendiri.

5. Putar musik latar belakang

Yupiers bisa menggunakan musik latar saat sedang melakukan suatu kegiatan, seperti mengerjakan seni dan kerajinan, membersihkan mainan, atau saat makan.Dan tahukah kamu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik latar, dapat menjauhkan dari gangguan pemikiran negatif dan dapat membantu meningkatkan fokus jangka pendek.

6. Dengarkan dan menggambar

Yupiers, coba dengarkan radio yang memutar musik jazz atau klasik, lalu ambil kertas gambar dan krayon. Lalu Yupiers Luangkan waktu untuk menggambarkan apa yang kamu dengar, menggunakan warna, bentuk, garis, titik, dan goresan krayon untuk mewakili suara instrumental, tema, dinamika, dan suasana musik yang kamu dengar.

Saat kamu menggambar, bicarakan mengapa kamu memilih warna yang berbeda untuk mewakili suara yang berbeda, seperti warna oranye untuk terompet, kuning untuk gitar hingga merah untuk drum.

7. Mainkan 'name that tune'

Yupiers, kamu bisa juga mencoba dengan membuat kuis bermain tebak judul lagu dengan cara bersenandung, bersiul atau mendengarkan irama lagu. Dan lihatlah apakah anak dapat menebaknya. Lalu bisa bergantian dengan orang tua menebak lagu yang anak anak mainkan di dalam kuis.

8. Unduh aplikasi musik

Yupiers, Ada beragam aplikasi musik di luar sana. Dan ada beragam aplikasi musik terbaik dan paling menyenangkan untuk anak-anak termasuk Tune Train, Musical Me, Piano Dust Buster dan Kids Ear Training.

Tahukah Yupiers Aplikasi ini dapat membantu mengajarkan dasar-dasar musik anak, memperkenalkannya dengan konsep musik seperti nada, nada akor, dan struktur nada.

Untuk mengembangkan bakat musik yang Yupiers miliki, yuk daftar Yupi’s Got Talent 2022, karena disitu kita bebas menunjukkan bakat kita dalam bermusik. Pantengin terus informasinya di www.yupilancom/ygt. Siapa tau Yupiers salah satu bintang pilihan dalam kategori bermusik!

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/28/210953420/10-kegiatan-dengan-musik-yang-mampu-tingkatkan-perkembangan-anak?page=all

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .