× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Bukan Sekedar Hobi, Melukis Juga Punya Banyak Manfaat Lho!

Untuk mengisi waktu luang, melukis mungkin bisa menjadi salah satu pilihan hobi yang tepat. Nah, apakah Yupiers juga salah satunya? 


Siapa sangka, selain menyenangkan, ternyata melukis juga memiliki segudang manfaat, lho!


Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari kegiatan melukis? Berikut Yumin rangkum untuk kamu.


  • Meningkatkan Kreativitas

Manfaat pertama yang bisa didapat dari kegiatan melukis adalah tentunya meningkatkan kreativitas. Hal ini mengingat, melukis merupakan kegiatan yang membutuhkan imajinasi, sehingga meningkatkan kemampuan artistik yang ada pada otak kanan kita. 


Maka dari itu, melukis juga sangat direkomendasikan untuk anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Dimana diharapkan, melukis dapat mengembangkan kemampuan otak mereka. 


  • Mengekspresikan Diri

Pernahkah Yupiers merasa sangat sedih atau marah, namun bingung bagaimana mengungkapkannya? Jika iya, mungkin melukis bisa jadi pilihan. 


Dimana saat melukis, seseorang akan memilih warna dan membuat coretan yang dapat merepresentasikan perasaannya saat itu. Disinilah salah satu manfaat melukis untuk mengekspresikan segala perasaan atau emosi yang terpendam. 


  • Mengurangi Stress

Melukis merupakan media yang dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa stress. Sebab, beragam warna dan bentuk yang dihasilkan dari melukis dapat membuat seseorang menjadi lebih nyaman dan rileks.


Hal ini juga didukung oleh penelitian dari Journal of the American Art Therapy Association yang menyebutkan bahwa dengan melukis selama 45 menit akan mengurangi stress, karena dapat membantu mengurangi kortisol dalam tubuh.


  • Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Rasa Percaya Diri

Dengan melukis, seseorang dapat menyalurkan emosi di dalam dirinya sehingga membantu untuk menyelaraskan antara hati dan pikiran, yang akan membuat lebih bahagia, empati, dan damai. 


Selain itu, jika lukisan kita mendapat tanggan positif dari orang lain juga tentu akan memberikan rasa senang dan menstimulasi rasa percaya diri.


  • Meningkatkan Kemampuan Mengingat dan Observasi

Manfaat lainnya dari kegiatan melukis juga bisa dirasakan oleh orang yang mengalami penyakit ingatan atau Alzheimer. Dimana melukis dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat seseorang dan ketajaman dalam berimajinasi dan berpikir.


Hal ini mengingat, ketika melukis pandangan kita akan terlatih dengan properti lukisan seperti warna, bayangan dan sebagainya. Sehingga kemampuan observasi pun akan meningkat seiring rutinitas melukis.


Jadi, itulah beberapa manfaat yang bisa didapat dari melukis. Apakah kini Yupiers tertarik untuk mulai menekuni hobi melukis?

Selamat mencoba dan jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .