× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Bunda, Ini Tips Menjaga Anak Tetap Sehat saat Musim Hujan

Menjaga kesehatan anak saat di musim hujan tentu menjadi prioritas bagi orang tua. Alasannya, saat di musim hujan anak-anak paling rentang terserang penyakit.

Apalagi jika anak memiliki penyakit bawaan, misalnya sakit pernafasan, asma, atau imun tubuh lemah, musim hujan dapat membuat tubuh mereka semakin melemah. 


Terus pertanyaannya, apa yang perlu dilakukan orang tua untuk tetap bisa menjaga anak agar tetap sehat saat di musim hujan? Yuk simak beberapa tips yang bisa dilakukan, Bunda! 


  1. Minum Air Putih Cukup

    Saat musim hujan seperti ini, sebaiknya anak dianjurkan untuk meminum air putih yang cukup. Hal ini bisa mengurangi rasa haus atau dahaga sang buah hati.

    Jika anak tidak banyak minum air putih di musim hujan, dikhawatirkan anak bisa lemas karena kekurangan cairan yang masuk ke dalam tubuh mereka. Alhasil mereka bisa mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh lemah.

    Ahli gizi menyarankan anak-anak minum air putih sebanyak 2 liter setiap hari agar cairan dalam tubuh mereka bisa tercukupi. 

  1. Tidur Cukup saat Malam Hari

    Pastikan buah hati saat malam hari itu xx tidur yang cukup ya Yupiers, jangan sampai begadang. Hal tersebut lantaran bagi mereka tidur merupakan fase tubuh memperbaiki daya tahan tubuh dan waktu meningkatkan imun.

  2. Pastikan Mengonsumsi Makanan Sehat

    Bagi Yupiers yang kini punya Buah Hati, jangan biarkan mereka makan terlalu banyak membeli jajanan di luar,  junk food, dan makanan berminyak.

    Perlu diingat juga, sistem kekebalan anak-anak itu tidak seperti orang dewasa. Jajan di luar memang selintas terlihat enak, namun bisa jadi membuat anak terinfeksi karena kebersihan yang tidak terjaga.

    Intinya, pastikan Buah Hati selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur ya Yupiers.

  3. Kurangi Bermain di Luar

    Tips terakhir untuk menjaga anak tetap sehat saat musim hujan adalah mengurangi jam bermain anak di luar. 

    Membiarkan anak bermain di luar tentu saja boleh, tetapi apabila saat musim hujan tiba itu sebaiknya dikurangi ya.

    Yupiers sebagai orang tua bisa mengajak Buah Hati untuk bermain di rumah. Jika anak sering bermain di luar dan kehujanan, mereka akan mudah terserang penyakit. 

 
Itu dia beberapa tips yang bisa Yupiers laksanakan untuk menjaga anak agar tetap sehat walaupun di musim hujan. Semoga bermanfaat ya! 


Dan jangan lupa… seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin hepi, harapan dari Yumin semoga Yupiers semua selalu sehat terhindar dari segala penyakit.


End


REFERENSI:

  1. https://dinkes.mojokertokab.go.id/artikel/jaga-kesehatan-di-musim-hujan-dengan-tips-ini 
  2. https://kesehatan.kontan.co.id/news/begini-cara-menjaga-anak-tetap-sehat-saat-musim-hujan-orangtua-sudah-tahu
  3. https://www.solopos.com/tips-menjaga-kesehatan-anak-sekolah-di-musim-hujan-1446218 
  4. https://www.halodoc.com/artikel/ibu-ini-5-tips-menjaga-kesehatan-anak-sekolah-di-musim-hujan 
  5. https://www.kompas.com/edu/read/2022/10/03/104919171/siswa-ini-tips-jaga-kesehatan-di-musim-hujan?page=all 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .