× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Gangguan Perilaku Anak yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Tahukah Yupiers, departemen Kesehatan Amerika Serikat menjelaskan bahwa gangguan perilaku adalah kondisi ketika anak menunjukkan pola tingkah laku yang mengganggu di luar batas setidaknya selama 6 bulan.Sehingga hal ini menyebabkan masalah di rumah, sekolah, atau lingkungan masyarakat. Yupiers, gangguan perilaku pada anak dapat ditandai dengan mudah marah, impulsif, sering membantah, hingga bersikap agresif. Kondisi ini bisa merugikan dirinya sendiri maupun orang lain sehingga harus diatasi.

Sebagai orang tua, tentunya Yupiers tidak akan membiarkan anak melakukan perilaku buruk tersebut. Oleh sebab itu, Yumin ingin mengajak Yupiers untuk memahami lebih lagi mengenai gangguan perilaku anak dan cara mengatasinya;

Gejala gangguan perilaku anak

Perilaku anak adalah tindakan, reaksi, dan fungsi mereka dalam menanggapi lingkungan dan situasi sehari-hari. Anak yang memiliki gangguan perilaku dapat menunjukkan gejala berikut:

  • Mudah marah

  • Suka menyalahkan orang lain atas kesalahannya

  • Sering membantah atau melawan

  • Tidak mau mengikuti aturan

  • Melempar atau merusak barang saat marah

  • Impulsif atau sulit menahan dorongan untuk melakukan suatu hal

  • melakukan sesuatu yang melanggar peraturan secara berulang kali

Yupiers, Jika tidak ditangani dengan tepat, gangguan perilaku pada anak dapat menyebabkan masalah, seperti hilangnya kedekatan dengan anggota keluarga atau teman-temannya, Semakin dini gangguan perilaku anak diatasi, maka semakin besar kemungkinan anak dapat mengendalikan perilakunya dengan tepat. Jika anak menunjukkan tanda-tanda tersebut, segera cari bantuan profesional.

 

Solusi untuk mengatasi gangguan prilaku anak

Yupiers, sebagai orang tua kita bisa merubah gangguan perilaku anak  dengan terapi keluarga atau menguatkan interaksi positif dalam keluarga seperti:

  • memberikan cinta yang seharusnya dengan cara yang baik dan positif

  • Bagi orang tua, akan lebih baik bila Yupiers melakukan lebih banyak introspeks diri atas pola asuh serta belajar tentang dunia anak sebagai sarana untuk membangun komunikasi yang lebih baik lagi.

  • Memberikan kepercayaan,dukungan dan kebebasan memilih untuk memunculkan kembali kepercayaan diri pada anak

Jadi Yupiers, banyak penelitian yang mengatakan keterlibatan orang tua sangat penting untung intervensi psikososial  anak-anak. Salah satunya dengan mengajak anak-anak diskusi tentang apa saja sambil makan Permen Yupi yang memiliki banyak warna, kenyal, dan seru! Bentuknya yang berbagai macam juga membuat Yupiers menjadi lebih Yupiness.

Dalam Diskusi, Yupiers bisa mencari tahu keiginan, hobi dan bakat-bakat terbaik mereka.

Jadi tunggu apa lagi Yupiers, ayo tunjukkan bakat kalian di Yupi’s Got Talent 2022. Karena ini saatnya kamu menjadi bintangnya Yupi !

Ayo, pantengin terus info secara detail mengenai schedule acara, bagaimana step registrasi dan lain – lain di website Yupi www.yupiland.com/ygt

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .