× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak dengan Cara Sederhana

Yupiers, bagi kita yang kini telah menjadi orang tua atau kelak akan menjadi orang tua pasti berharap memiliki putra-putri yang memiliki perilaku yang baik serta dapat diandalkan. Anak dengan perilaku baik kadang dikaitkan dengan cara pola asuh orang tua. Contoh penilaian yang kerap Yumin dengar dilingkungan sekitar misalnya:

"Lihat tuh, anak sekecil itu suka merusak barang milik orang lain. Pasti orang tuanya gak pernah mendidik dengan benar"

"Ini anak nakal banget. Pasti gak pernah diajarin orang tuanya cara sopan santun"

Yupiers, biasanya orang tua beralasan bahwa mereka sibuk bekerja sehingga tidak sempat mendidik langsung, menyalahkan ART karena tidak mengajarkan hal baik pada anak, hingga mengganggap perkembangan teknologi ikut mempengaruhi sikap anak. 

Yumin teringat dengan ungkapan tentang “guru pertama anak adalah orang tua dan lingkungan sekolah perdana bagi si anak adalah keluarga”. Ini menandakan bahwa segala sikap anak mayoritas dikarenakan anak meniru perilaku orang tua atau tidak diajarkan secara khusus mana tindakan baik dan buruk dari orang tua. 

Nah Yupiers sebelum hal itu terjadi, menurut Yumin ada 3 hal yang patut orang tua ajarkan pada anak dengan cara sederhana. Apa saja itu? 

  1. Latih Kejujuran Anak Sedari Dini

Yupiers pasti setuju jika kejujuran adalah sifat penting yang harus dimiliki setiap orang. Dengan sifat jujur, kita akan mendapatkan kepercayaan orang lain sebaliknya mereka yang tidak jujur akan susah mendapatkan kepercayaan meski perkara kecil sekalipun. 

  1. Pentingnya Manajemen Keuangan

Pada jaman sekarang banyak orang yang tidak bijak dalam mengatur keuangan. Ada yang pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan, terlalu konsumtif atau tidak terbiasa menabung. Menghindari hal ini, orang tua perlu mengajarkan bagaimana manajemen keuangan sederhana kepada anak. Misalnya dengan bila anak ingin membeli sesuatu sebaiknya ajarkan mereka untuk menabung terlebih dahulu.

  1. Pemahaman Tentang Rasa Tanggung Jawab

Yupiers, rasa tanggung jawab juga penting ditanamkan pada anak. Ini karena kelak mereka akan memikul sebuah tanggung jawab baik dalam pekerjaan ataupun keluarga. Menurut Yumin remaja perlu diberikan tugas khusus seperti setiap hari minggu mencuci bajunya sendiri, membantu membersihkan rumah, membersihkan kamar setiap pagi, mencuci peralatan makannya sendiri dan sebagainya.  Ketika si anak sudah terbiasa dan berusaha bertanggung jawab terhadap kerjaan yang diberikan. Niscaya kelak dirinya bisa juga akan bertanggung jawab dalam perkara besar seperti dalam dunia profesional. 

 

Yupiers, rasa kejujuran, manajemen keuangan dan tanggung jawab kadang masih dianggap sepele bagi orang tua. Padahal 3 karakter ini sangat dibutuhkan bagi anak agar mereka menjadi sosok yang mandiri dan bisa diandalkan kelak. 

Ada banyak cara sederhana yang bisa orang tua tanamkan pada anak. Di atas hanyalah gambaran kecil yang bisa jadi referensi bagi orang tua. 

Jangan sampai lemahnya penanaman 3 hal di atas membuat si anak susah bergaul di masyarakat, menjadi tergantung secara finansial pada orang tua serta kurang bisa jadi panutan bagi orang sekitar. 

Semoga Bermanfaat

Oya Yupiers.. untuk mengetahui kegiatan dan keseruan para orang yang telah berhasil membimbing anak anaknya dengan baik dan bisa menjadi salah satu kontestan Yupiness Camp di acara Grand Final Yupi’s Got Talent 2022 , pantengin terus infonya di www.yupiland.com/Ygt/camp

Yumin akan terus berbagi info mereka dengan para Yupiers .. Don’t miss it!

 

 

 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .