× Back To Yupiland
Artikel YGT
Hobby

Hobi adalah Kekuatan Supermu

"Hobi adalah talenta yang bisa menjadi sumber kekuatan kita karena melalui hobi, kita akan melihat lebih dari apa yang diperlihatkan, mendengar lebih dari apa yang disampaikan dan merasakan lebih dari apa yang diberikan" - Yasinta Indrianti, Psikolog

Hobi memampukan kita menjadi "besar" loh ketika kita benar - benar tahu apa yang kita sukai, menerima hobi itu dan bahkan mengembangkannya. Hobi yang dikelola dengan baik akan membuat kita lebih kreatif dan terus berinovasi dengan bahagia.


Hobby mendorong kita untuk menjadi pembelajar seumur hidup

Siapa yang tidak mau hidup bahagia? Setiap Yupiness pasti ingin hidupnya bahagia. Dan banyak orang bilang mereka bahagia saat melakukan kegiatan yang mereka sukai yaitu hobi mereka.

Hobi bukan hanya sekedar bermain dan bersenang - senang. Hobi adalah awal ketertarikan kita pada sesuatu sehingga membuat kita menikmati setiap momen saat kita berusaha mencari tahu, melakukannya dan terus melakukannya.

Hobi memberikan manfaat yang luar biasa bagi pikiran, tubuh, kehidupan sosial, dan bisa mendukung prestasi kita.


Hobi membuat kita produktif saat melakukan quality time

Ketika berbicara tentang hobi, rasanya tidak ada Yupiness yang melakukan hobi secara terpaksa. Setiap orang melakukan hobi karena menyukainya sehinga saat melakukan hobi itu adalah waktu berkualitas terbaik yang dimiliki karena kita akan mencurahkan pikiran, waktu dan tenaga kita kesana. Hobi membuat kita menjadi produktif dengan berbagai informasi dan ide baru sehingga kita pun semakin puas dengan pencapaian kita melalui hobi. 

Di masa pandemi ini banyak orang melihat hobi sebagai salah satu upaya untuk membangun kesehatan mental sehingga meningkatkan imun dan mengatasi stres, kecemasan dan berbagai masalah kesehatan mental lainnya. 

 

Hobi membantu kita dalam membangun pola pikir yang berkembang

Pola pikir yang berkembang menggambarkan cara kita dalam memandang tantangan dan membangun kapasitas dengan lebih dinamis. Saat melakukan hobi, kita akan fokus dengan sebuah tujuan tapi mencapainya dengan cara yang menyenangkan. Tanpa disadari kita akan lebih terampil dalam melakukannya.

Pandemi ini banyak yang terjebak dengan zona nyaman, mager (males gerak) dan terjebak dalam media sosial yang seringkali justru menurunkan kemampuan kita untuk berkembang karena lebih fokus melihat kegiatan orang lain daripada mengasah diri.

Hobi membuka pikiran kita menjadi lebih sehat untuk fokus pada (meskipun hanya ) satu aktivitas, tapi kita benar-benar terlibat dan larut di dalamnya.


Hobi akan membawa kita pada kehidupan sosial yang lebih sehat


Hobi membuat kita terus berbenah diri karena kita selalu menemukan hal baru di dalam hobi kita. hobi juga menjadi cara yang fantastis untuk mendapatkan teman baru, sahabat baru yang satu frekuensi, satu ide dan satu kesenangan.

Hubungan pertemanan maupun persahabatan yang terjalin karena hobi akan membuat kita saling mengerti, saling bertumbuh dan fokus pada hal yang menyenangkan sehingga jarang terjadi konflik ataupun kompetisi yang mengganggu.

Hobi membuat kita sadar bahwa selalu ada seseorang yang siap untuk kita ajak bicara dan berbagi. Dengan dikelilingi support sistem yang baik, maka kita pun akan bertumbuh dan berkembang secara baik.


Hobi menjadi kekuatan super kita

Bakat adalah sebuah kelebihan yang kita miliki secara alami. Hobi merupakan kegiatan yang kita lakukan untuk kesenangan dan sangat mungkin melibatkan keterampilan atau bakat bahkan keduanya. Masalahnya ada beberapa yang mampu menunjukkan hobi sebagai bakat ada juga yang masih tersembunyi.


Bagaimana caranya agar hobi bisa menjadi kekuatan super kita?

  • Dengan melihat banyaknya manfaat hobi, yuk cari tau apa hobi kita. Sesuatu yang kita suka secara positif dan membuat waktu kita produktif saat melakukannya
  • Hobi yang disertai bakat akan membuat kita melakukannya dengan mudah dan bahkan unggul dibanding orang lain.
  • Minta dukungan ke orang tua dan mereka di sekitar kita. Karena hobi yang baik dengan lingkungan yang tepat dapat membantu kita menambah catatan prestasi kita.
  • Hobi hanya sekedar hobi jika dipendam atau dilakukan dengan cara yang biasa. Tapi hobi bisa menjadi prestasi jika kita asah dan kita tunjukkan

Yuk tunjukkan hobi dan bakatmu bersama Yupi Got Talent! Jadikan hobimu, superpowermu!!!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .