× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Ingin Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Sejak Kecil? Yuk Terapkan 4 Tips Ini

Di era modern seperti saat ini, mengajarkan anak berbahasa inggris sejak dini tentu sangatlah penting.

Pertanyaannya, kenapa bisa penting? Hal ini tidak lepas karena dengan menguasai bahasa inggris dapat mempermudah anak untuk melakukan banyak hal di masa depan mereka. 


Contohnya apa saja? Manfaat yang dirasakan seperti bisa membaca dari banyak literatur, peluang besar untuk karir mereka, sampai bersosialisasi dengan orang asing ketika mereka memiliki hobi travelling. 


Walaupun ada banyak metode untuk mengajarkan bahasa inggris kepada anak, kali ini Yumin akan memberikan beberapa tips dan cara sederhana yang bisa Yupiers lakukan sebagai orang tua untuk membuat anak mahir berbahasa inggris sejak ini.

Yuk simak informasinya di bawah ini, Yupiers! 


  1. Metode Belajar Melalui Sebuah Cerita 

Anak biasanya memiliki imajinasi dan jelas dan visual, sehingga Yupiers sebagai orang tua dapat mengajarkan anak berbahasa inggris dengan berbagai cara yang menyenangkan, salah satunya yaitu lewat sebuah cerita.

Gunakan buku cerita bergambar untuk membantu mereka memvisualisasikan kata-kata yang ada dalam buku, bisa tentang sifat, warna, karakter, dan sebagainya.

Menggunakan visual dan suara yang berbeda juga dapat membantu mereka mengimajinasikan setiap kata-kata bahasa inggris yang diajarkan dengan baik.  


  1. Buat Belajar seperti Bermain

Membaca buku atau berbicara dalam bahasa Inggris bukanlah satu-satunya cara untuk mempelajari bahasa tersebut. Nah, Yupiers bisa melakukan permainan dan aktivitas yang menggunakan arti bahasa inggris. 

Permainan seperti apa? Salah satu nya yaitu dengan tebak gambar dalam bahasa inggris. Bagi Yupiers yang memiliki anak agak besar,  bisa mengajaknya bermain scrabble untuk mengasah kemampuan kosa kata dalam bahasa Inggris.


  1. Perlahan Melakukan Percakapan Bahasa Inggris dengan Anak 

Biasanya, anak kecil belum mampu membuat kalimat atau menyusun percakapan dengan baik. Oleh karena itu, ia perlu belajar mengkomunikasikan apa yang hendak diucapkan.

Nah dari tahap ini, Yupiers bisa mengajarkan anak perlahan berbahasa inggris mulai dari hal dasar, seperti kegiatan sehari hari. Misalnya “How are you?”,How’s your day?”, “What are you doing?”, dst.

Apabila jika anak menginginkan susu, daripada mengatakan "aku ingin susu” dalam bahasa Indonesia, dorong si kecil untuk mengatakannya dalam bahasa inggris, seperti “I want milk from the fridge, Mom”.

  1. Mengajak Anak Menyaksikan Film Berbahasa Inggris

Metode terakhir menurut Yumin salah satu tips ampuh untuk mengajarkan anak berbahasa inggris sejak kecil.

Lewat menonton film bertujuan anak agar selalu terhibur, karena biasanya mereka akan cepat bosan apabila belajar dengan metode yang monoton. 


Tunjukkan kepada anak tentang film berbahasa Inggris yang sesuai usianya ya Yupiers, serta biarkan mereka mengikuti dialog dan alur cerita dari film tersebut.

Setelah itu, Yupiers bisa meminta anak untuk memerankan karakter tertentu atau menceritakan kisah film dari yang ia saksikan sendiri dalam bahasa Inggris tentunya. 


Itu dia deretan tips di atas yang bisa Yupiers terapkan untuk membentuk anak agar pintar berbahasa inggris sejak kecil, bahkan sejak balita.

Melalui ketekunan dan kesabaran yang dilakukan secara konsisten dalam melatih si kecil berbahasa inggris, maka tentu akan membuahkan hasil yang baik pula untuk masa depannya. 


Semoga si kecil bisa pintar dalam bahasa inggris ya, Yupiers!  


 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .