× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Ini Manfaat Olahraga Tim untuk Perkembangan Anak

Yupiers, Olahraga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan anak. Tapi, olahraga tim yang dilakukan secara berkelompok, menurut sebuah studi, ternyata juga memiliki dampak yang baik bagi perkembangan anak.

Taukah Yupiers, Olahraga tim  seperti sepak bola, basket, atau futsal, akan lebih seru dibandingkan si kecil berolahraga sendirian, dan selain itu memiliki banyak manfaat positif. Apa saja? Ini daftar manfaatnya Yupiers, seperti dilansir dari The Health Site.

  1. Membantu anak membangun hubungan sosial yang kuat

    Yupiers,Ketika si kecil memasuki olahraga tim seperti sepak bola atau basket, ia akan berinteraksi dengan orang-orang dalam kehidupan nyata. Ini memberinya pemahaman yang lebih baik tentang perilaku orang lain, dan membuatnya paham akan pentingnya semangat tim.Karena dalam olahraga tim, anak harus mengandalkan rekan satu timnya untuk tampil menjadi terbaik.

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpartisipasi dalam olahraga tim selama masa kecilnya, maka akan mengalami peningkatan keterampilan sosial seiring bertambahnya usia dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan olahraga tim saat anak-anak.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri anak

    Yupiers, Olahraga tim dapat memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan diri anak. Ini terjadi karena ketika bermain dalam tim, penampilannya tidak hanya dievaluasi, tetapi juga dihargai dengan pujian dari pelatih dan rekan satu tim. Misalnya, jika anak Anda menangkap dengan baik saat bermain basket, pelatihnya akan menghargai dia atas usaha dan prestasinya.Dan Ini pasti akan meningkatkan rasa percaya dirinya.

    Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Studies on Entho-Medicine, para peneliti menyebutkan bahwa anak-anak yang berpartisipasi dalam olahraga tim seperti sepak bola dan basket menunjukkan pertumbuhan kepercayaan diri yang signifikan.

  1. Anak lebih semangat untuk berolahraga

    Yupiers, Mengajak anak untuk berolahraga bisa menjadi tantangan tersendiri. Kebanyakan anak menganggap olahraga sebagai kegiatan yang membosankan. Namun, melibatkan mereka dalam olahraga tim dapat membangkitkan minat dan semangat dalam latihan.

    Yupiers tahu kan, besarnya manfaat olahraga bagi kesehatan? Maka, tak ada salahnya mendorong si kecil untuk ikut klub olahraga agar ia selalu memiliki motivasi untuk melakukan kegiatan positif yang menyehatkan ini.

  2. Meningkatkan kinerja akademisnya

    Jika Yupiers berpikir olahraga hanya bermanfaat bagi fisik, Anda salah. Olahraga tim juga dapat menghasilkan manfaat akademis. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Kanas, disebutkan bahwa kinerja akademik anak-anak yang berpartisipasi dalam olahraga tim, sedikit lebih baik daripada anak-anak yang tidak berolahraga.

    Peneliti lebih lanjut menjelaskan bahwa tujuan dari penelitian ini bukan untuk menyimpulkan bahwa atlet lebih pintar daripada yang bukan atlet. Hasil Temuan ini hanya menunjukkan bahwa siswa yang mengambil bagian dalam kegiatan olahraga menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah. Dan ini membantu mereka belajar lebih baik dan berprestasi tentunya.

  1. Mengajarinya manajemen waktu

    Yupiers, Olahraga tim dapat menjadi cara terbaik untuk mengajarkan anak tentang pentingnya waktu. Seorang olahragawan perlu mengembangkan keterampilan tentang manajemen waktu agar dapat mengimbangi kegiatan akademiknya dan juga permainannya.

       

Sumber: https://www.suara.com/health/2019/05/15/152054/ini-manfaat-olahraga-tim-untuk-perkembangan-anak

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .