× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Intip 5 Cara Mudah Mendidik Anak Agar Kreatif Sejak Dini

Cara mendidik dan mengasah kreativitas anak sejak dini wajib dipahami oleh setiap orang tua. Sebab, memiliki anak yang kreatif bukanlah hal yang instan, melainkan harus adanya didikan yang dilakukan orangtua sejak dini. 


Mendidik dan mengasah kreativitas anak sejak dini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyiapkan tempat bermain, membangun imajinasi anak, hingga mengajak anak untuk membahas karyanya.


Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan yang telah Yumin rangkum berikut ini!


  • Siapkan Tempat untuk Bermain

Cara mudah mendidik anak agar kreatif sejak dini dapat dilakukan dengan menyiapkan ruangan bermain. Tenang, ruang bermain yang disediakan tak perlu eksklusif dan berlebihan kok. Yang penting, ada cukup tempat untuk anak leluasa bermain dan berkreasi, misalnya di salah satu sudut kamarnya.


Dengan begitu, anak bisa memiliki kebebasan, kendali, sekaligus menumbuhkan rasa tanggung jawab anak terhadap mainan-mainan yang ada. Selain di rumah, Yupiers juga bisa memberi kesempatan anak untuk bermain di luar rumah dan mengenal alam.


  • Berikan Contoh atau Inspirasi

Seperti yang diketahui, anak merupakan peniru yang handal. Nah, Yupiers bisa memanfaatkannya saat momen bermain dengan anak, seperti misalnya memperlihatkan bagaimana cara menggambar atau menyusun mainan balok.


Dengan begitu, akan memancing rasa penasaran anak dan membuat mereka melakukannya. Semakin sering berlatih, semakin terasah pula kreativitasnya sejak dini. 


  • Jangan Membatasi Ruang Berpikirnya

Mendidik anak untuk berpikir dan bersikap benar memang penting. Namun, sebagai orang tua, Yupiers juga perlu memberikan kebebasan bagi anak untuk mengembangkan pola pikirnya sendiri.


Sebab, berpikir secara bebas merupakan salah satu cara untuk mengasah kreativitas anak sejak dini. Berikan kebebasan pada anak tanpa menggurui agar kreativitas anak menjadi lebih optimal.


  • Ajak Anak untuk Membahas Karyanya

Cara lainnya untuk mendidik dan mengasah kreativitas anak adalah dengan membahas berbagai macam karya si kecil. Yupiers bisa berdiskusi mengenai gambar yang dibuatnya, misalnya tentang pilihan warna.


Namun, jangan paksa anak untuk menjawab jika mereka diam saja. Dengan bertanya, setidaknya Yupiers sudah memancing anak untuk berpikir mengenai alasan di balik karyanya.


  • Jangan Memarahinya

Saat anak melakukan kesalahan atau belum berhasil seperti yang diharapkan, jangan pernah memarahinya atau bilang bahwa mereka salah. Biasanya, anak malah akan merasa tertekan dan takut mencoba karena akan gagal.


Sebaiknya, cari cara yang lebih halus untuk mengajarinya agar anak bisa mengetahui apa saja hal yang harus diperbaiki. Jangan lupa juga untuk selalu mengapresiasi segala usaha yang telah mereka lakukan. 


Itulah beberapa cara mudah untuk mendidik dan mengasah kreativitas anak sejak dini.

Jangan ragu untuk turut aktif bila si kecil meminta bantuan Yupiers dalam berkreasi dan jangan lupa untuk selalu Yupiness!












REFERENSI:

  1. https://realfood.co.id/artikel/8-cara-mengembangkan-kreativitas-anak-sejak-dini
  2. https://www.sehatq.com/artikel/mengasah-kreativitas-anak-jangan-lupakan-ini
  3. https://www.fimela.com/parenting/read/5036005/8-tips-mendidik-anak-agar-cerdas-dan-kreatif-sejak-dini-orangtua-wajib-tahu

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .