× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Jangan Dimarahi, Begini Cara Mendidik Anak yang Baik

Hai Yupiers! Sebagai orangtua, kamu perlu tahu cara mendidik anak tanpa kekerasan, agar si kecil paham bagaimana bersikap baik dan lembut kepada orang lain. 


Ya, tak dapat dipungkiri bahwa cara mendidik anak tanpa kekerasan memang sulit, karena membutuhkan kesabaran ekstra. Terlebih jika orangtua memiliki watak yang tidak sabaran, terkadang tanpa disadari bisa terbawa emosi saat mendidik anak.


Tapi kekerasan, apapun alasannya, tidak boleh dilakukan terhadap anak ya, Yupiers! Kekerasan bukan cara efektif untuk mendidik anak, bahkan bisa merusak mental 

dan hubungan Yupiers dengan anak. 


Oleh karena itu, pada artikel ini Yumin akan rangkumkan untukmu beberapa cara untuk mendidik anak tanpa kekerasan. Simak disini, ya!


  • Jadilah Contoh yang Baik

Cara mendidik anak tanpa kekerasan yang pertama adalah dengan menjadi contoh yang baik. Jangan lupakan peran Yupiers sebagai orangtua yang akan selalu menjadi panutan bagi si kecil.


Bila anak berbuat salah, jangan pernah didik mereka menggunakan kekerasan. Karena mereka akan menyontoh dan melampiaskan hal yang sama pada orang lain. Bahkan, kebiasaan tersebut bisa membawa trauma untuknya hingga dewasa nanti. 


  • Berikan Mereka Waktu

Ketika anak melakukan kesalahan dan Yupiers memukul atau memarahinya, si kecil mungkin akan bertanya-tanya, mengapa ia pantas untuk mendapatkan perlakukan tersebut. Daripada memukul atau memarahinya, Yupiers bisa memberikannya waktu untuk sendiri.


Namun, cara ini akan lebih berhasil apabila anak memiliki waktu positif yang cukup bersama. Jadi, ketika mereka ‘dikeluarkan’ dari sebuah situasi, mereka bisa belajar mengatur diri sendiri dan mengekspresikan emosinya dengan tepat. 


  • Beri Tahu Pelan-Pelan

Seringkali, ketika anak melakukan kesalahan, orangtua bisa dengan mudahnya mengecap anak tersebut sebagai anak bandel. Padahal tidak demikian. Bisa jadi karena mereka melakukan sesuatu yang mereka belum kuasai atau mereka kewalahan oleh lingkungan.


Untuk itu, sebagai orangtua Yupiers bisa mulai dengan mengambil napas dalam-dalam, ajukan pertanyaan, dan dengarkan apa yang dikatakan anak. Hal ini adalah kunci untuk mencari tahu apa yang tersembunyi dibalik perilaku mereka. 


  • Biasakan Minta Maaf

Cara lainnya untuk mendidik anak tanpa kekerasan adalah dengan minta maaf. Jelaskan pada mereka bahwa kerelaan untuk minta maaf adalah jiwa yang dimiliki setiap orang-orang besar. 


Dengan demikian, si kecil juga akan dengan mudahnya meminta maaf ketika melakukan kesalahan atau ketika mengalami pertengkaran dengan teman-teman seusianya.


  • Jangan Ragu untuk Memujinya

Cara mendidik anak tanpa kekerasan yang terakhir adalah dengan memberi pujian jika si kecil berperilaku baik. Alih-alih memukul atau memarahi karena perilakunya salah, Yupiers bisa memberi pujian untuk mereka saat berkelakuan baik.


Dengan begitu, anak akan fokus pada apa yang mereka perlu lakukan guna mendapatkan hak istimewa, sehingga mereka mampu menghindari kelakuan yang buruk seperti bertengkar, melawan, atau berkelahi.


Nah, itu dia cara-cara yang bisa Yupiers lakukan untuk mendidik anak tanpa kekerasan. Apabila kekerasan merupakan cara orangtua mendidik-mu di masa lalu, percayalah, cara tersebut tidak boleh kamu terapkan terhadap anakmu sekarang ya karena itu dapat berdampak pada sifat dan karakternya di masa depan nanti.  

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .