× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Jangan Jadi Fans yang Obsesif, Kamu Bisa Kena Sindrom Ini !

Tahukah Yupiers, Ekspresi cinta dari seorang fans pada sang idola banyak bentuknya. Ada yang mengirim bunga saat hari spesial, membeli merchandise resmi untuk mendukung karir penyanyi kesayangan, sampai pergi ke luar negeri demi menonton konser.

Namun, ada juga ekspresi cinta penggemar yang sudah mengarah pada tindakan kriminal. Mengutip South China Morning Post, seorang fans di Korea nekat menerobos masuk ke rumah idol K-pop demi bisa berfoto. Ada juga yang mengejar sang idola dengan taksi sampai menyebabkan kecelakaan mobil.

Yupiers, perilaku yang demikian masuk dalam kategori Celebrity Worship Syndrome (CWS). Mereka memuja bahkan sampai mengultuskan seorang idola dan melakukan tindakan obsesif yang kadang tak masuk akal. Mengutip Psychology Today, ada info untuk kalian para Yupiers, bahwa di kalangan akademis, istilah CWS pertama kali digunakan oleh Lynn McCutcheon dan rekan penelitiannya pada awal 2000-an. Dan perlu Yupiers ketahui, Istilah ini digunakan untuk menunjukkan suatu gejala abnormal ketika kekaguman pada seorang selebriti berubah menjadi ketertarikan dan keasyikan obsesif.

Yupiers, penyebab pasti munculnya sindrom ini belum diketahui penyebabnya. Namun, sejumlah studi menunjukkan bahwa mereka yang menderita sindrom ini biasanya menunjukkan kondisi kesehatan mental yang buruk, misalnya menderita kecemasan tinggi, depresi, serta tingkat stres yang tinggi. Selain itu Yupiers, studi lain menunjukkan bahwa individu yang paling terobsesi dengan selebriti sering menderita tingkat disosiasi dan memiliki kecenderungan fantasi yang tinggi.

Yupiers, ada faktor lain yang dapat meningkatkan peluang individu menderita CWS, menurut sebuah studi pada 2018, yakni sering melamun tentang sang idola, terobsesi ingin menjadi terkenal, dan perilaku kompulsif seperti penggunaan internet yang berlebihan.

Bentuk pemujaan terhadap idola bisa menjadi sangat mengerikan ketika seorang penggemar melakukan tindakan pelecehan, penguntitan, atau upaya interaksi yang tidak pantas terhadap selebriti yang mereka idolakan. Yupiers, di Korea Selatan, fenomena obsesi terhadap idola disebut Sasaseng. Dalam bahasa lokal, Sasaeng berarti kehidupan pribadi, namun dalam konteks ini istilah tersebut diartikan sebagai penggemar yang obsesif.

"Orang-orang, terutama remaja, di Korea tidak punya banyak kesempatan untuk menikmati kegiatan lain, yang saya yakini merupakan salah satu faktor penting yang melahirkan fenomena sasaeng," kata Kwak Keum-joo, profesor psikologi di Seoul National University.

"Pada mulanya, mereka lebih banyak menonton televisi dan mendengarkan K-pop, daripada menikmati berbagai hobi seperti bermain musik dan olahraga. Mereka sering tidak memiliki hiburan lain dan karenanya terobsesi dengan satu-satunya hobi mereka sampai-sampai merugikan sang idola," katanya.

Bagaimana Yupiers ? Seram kan. Boleh-boleh saja jadi fans berat idola pujaanmu tapi tetap gunakan akal sehat ya. Selalu ingat batas-batas yang wajar, jangan sampai membahayakan orang lain dan diri kalian sendiri. Untuk menjaga pribadi yang positif dan akal sehat para Yupiers, pastinya suasana hati harus tetap terjaga agar tetap happy.

Salah satu caranya yaitu makan Permen Yupi yang memiliki banyak warna, kenyal, dan seru! Bentuknya yang berbagai macam juga membuat Yupiers menjadi lebih ceria.

Dan… seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin happy, harapannya semoga Yupiers semua selalu bersemangat dan Yupiness, juga lebih memilih kegiatan dengan mengasah bakat agar bisa berprestasi seperti yang diidolakan, karena dengan berani menunjukan bakat , Yupiers pasti yakin akan kemampuan yang Yupiers miliki maka Yupiers juga dapat menebarkan hal positif kepada orang lain.

Jadi tunggu apa lagi Yupiers, ayo tunjukkan bakat kalian di Yupi’s Got Talent 2022. Karena ini saatnya kamu menjadi bintangnya Yupi !

Ayo, pantengin terus info secara detail mengenai schedule acara, bagaimana step registrasi dan lain – lain di website Yupi www.yupiland.com/ygt

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220407104253-33-329594/jangan-jadi-fans-yang-obsesif-kamu-bisa-kena-sindrom-ini

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .