× Back To Yupiland
Artikel YGT
Hobby

Kamu Kecanduan Game? Cegah dengan Cara Ini

Kamu Kecanduan Game? Cegah dengan Cara Ini


Bermain game online merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menghilangkan bosan saat melakukan rutinitas setiap hari. Namun, jika tidak dikontrol, bermain game online bisa menyebabkan kecanduan.


Kecanduan bermain game online jelas dapat mendatangkan dampak yang negatif ya, Yupiers. Bukan hanya anak-anak, tapi orang dewasa juga bisa terkena dampak dari kecanduan game online. Lalu, gimana ya caranya kita mencegah dan mengatasi jika mulai merasa kecanduan dengan game online? Yupimin punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan nih, check this out ya.


Cara Mencegah Kecanduan Game Online


  1. Batasi Akses Internet dan Waktu Bermain

Sebaiknya kamu membuat batas waktu maksimal dalam bermain game online ya, Yupiers. Dalam sehari batasi waktu bermain game maksimal hingga dua jam saja. Selain itu, jika kamu lebih sering bermain game melalui game konsol atau pun PC, kamu bisa meletakkannya jauh dari jangkauan agar tidak tergoda untuk selalu bermain game.


  1. Buat Rutinitas Sehat

Kamu bisa melakukan aktivitas lain di luar rumah atau kegiatan yang sibuk agar tidak tergoda untuk membuka dan memainkan game. Misalnya, kamu bisa membuat janji untuk jalan-jalan dengan teman ataupun keluarga. Selain itu, kamu juga bisa rutin olahraga dan hobi lain selain bermain game.


  1. Cari Bantuan Profesional

Jika kamu sudah berusaha untuk melakukan pembatasan bermain game namun belum berhasil, tidak ada salahnya kamu menemui profesional seperti Psikolog untuk bertukar cerita dan mendapatkan saran yang cocok dengan kondisi kamu.


  1. Melakukan Terapi Kognitif untuk Mengatasi Perilaku Adiktif

Terapi ini biasa digunakan untuk mereka yang memiliki kondisi kecanduan game yang sudah parah. Mintalah ke psikolog untuk menemui terapis yang telah berpengalaman menangani kasus kecanduan bermain game.


Itulah beberapa tips dari Yumin untuk kamu jika mulai mengalami kecanduan bermain game. Selalu ingat ya, bahwa bermain game sebenarnya juga memiliki banyak manfaat yang positif untuk kamu, tapi kamu juga harus bisa mengontrolnya agar tidak berlebihan dan akhirnya mengalami kecanduan bermain game online.

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .