× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

KEDEWASAAN DALAM BERKOMUNIKASI

Dear Yupiers

Kita sebaiknya tidak menilai kedewasaan seseorang dalam berbicara, bersikap dan bertindak berdasarkan usia. Karena hal ini hanya dapat dimaknai dari kemampuan orang tersebut dalam bagaimana menyikapi kondisi tertentu dengan cara yang baik dan tidak merugikan atau menyakiti orang disekitarnya.

Ciri utama yang perlu kita ketahui tentang kedewasaan seseorang yaitu dari cara mereka berkomunikasi. Sebab, komunikasi merupakan hal paling mendasar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial. Maka perlu diperhatikannya cara berkomunikasi yang baik untuk menjaga hubungan yang rukun dan nyaman antar individu.


Nah Yupiers, berikut ciri utama  bahwa seseorang telah mencapai kedewasaan dalam berkomunikasi yang Yumin ketahui. Coba dicek, yuk;


Dapat membuka pembicaraan dengan orang lain walaupun dalam kondisi tidak nyaman

Kondisi yang tidak nyaman tidak akan menjadi kendala dalam berinteraksi bagi individu yang sudah mencapai kedewasaan. Benturan atau gesekan dan perbedaan pendapat merupakan hal wajar yang biasa terjadi di lingkungan sosial. Tetapi walaupun ada masalah tersebut, individu yang dewasa akan selalu bersedia membuka percakapan, karena mereka paham bahwa untuk menyelesaikan masalah adalah dengan membicarakannya untuk menemukan solusi. 


Peduli dan menjaga perasaan lawan bicara

Dengan usia yang semakin bertambah kita harus terus berusaha menjaga sikap dalam berinteraksi dan berkomunikasi, sehingga tidak menyakiti perasaan lawan bicara kita. Individu yang dewasa dapat memahami bahwa hidup bukan hanya tentang kita sendiri saja, untuk itulah kita tidak dapat berbuat semaunya terhadap individu lain. Yupiers sebaiknya agar selalu peka pada situasi dan kondisi di waktu tertentu. 


Menghargai Pendapat dari lawan bicara

Dewasa itu berarti memiliki kemampuan memahami dan menerima pendapat orang lain serta membuka sudut pandang yang lebih perspektif. Dengan tidak merasa bahwa pemikiran diri sendirilah yang paling mutlak dan benar. 




Berani menghindari komunikasi yang tidak sehat

Yupiers ciri kedewasaan yang lain adalah mampu memilih hal yang tidak penting dan hal yang penting. Salah satu komunikasi yang tidak sehat adalah gossip.  Hal ini sangatlah tidak asing dan sudah pasti pernah dilakukan oleh setiap orang. Tetapi, saat mencapai kedewasaan dalam berkomunikasi, kamu akan menyadari bahwa energimu akan terbuang percuma dengan melakukan hal tersebut. Yupiers akan lebih memilih untuk menyalurkan energi ke hal yang lebih penting dan berguna untuk kehidupan.


Paham dalam mengekspresikan emosi 

Melatih diri dalam mengungkapkan emosi, adalah salah satu bentuk tercapainya kedewasaan. Yupiers tidak perlu segan melepaskan berbagai bentuk emosi kepada orang lain. Seperti rasa kesal, rasa sedih, kritikan ataupun argumentasi. Akan tetapi sebaiknya kita tetap harus menjaga kestabilan mental kita saat mengekspresikannya. Tetap harus ada batas porsi tertentu dan tidak berlebihan. 


Yupiers, apabila kamu merasa telah memiliki ciri ciri yang Yumin sebutkan tadi, selamat ya berarti kamu telah mencapai kedewasaan. Tolong pertahankan ya Yupiers!


Dan… seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin hepi, harapannya semoga Yupiers semua selalu bersemangat dan dapat menebarkan hal positif kepada orang lain.

Pantengin terus juga www.yupiland.com/ygt ya! dimana kamu dapat mengikuti keseruan peserta dalam sebuah wadah ajang pencarian bakat, Yupi’s Got Talent 2022. 

Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .