× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Life Skills yang Perlu Dikembangkan Sejak Remaja (Yasinta Indrianti, Psikolog)

Dear Yupiers,

Dalam pertumbuhan, ada beragam keterampilan atau kecakapan hidup (life skills) yang Yupiers perlukan. Mengembangkan life skill adalah salah satu hal penting yang harus Yupiers lakukan karena dapat membantu mengasah kemampuan berfikir, membangun mindset yang positif, mengurangi kebiasaan yang kurang tepat, dan mengembangkan potensi diri sehingga dapat mengatasi permasalahan dan mengambil keputusan dengan tepat.

Sejak dari remaja, life skills sangat penting untuk mulai dikenali dan dikembangkan karena life skills dapat membantu Yupiers melindungi diri dari berbagai ancaman dan tantangan sehingga dapat lebih mendukung upaya untuk mencapai cita – cita.

Basic life skills apa saja yang yang perlu Yupiers miliki dan kembangkan sejak remaja?

? Personal Mastery

Yupiers, personal mastery merupakan bentuk penguasaan diri sendiri untuk berkembang secara personal. Hal mendasar dalam penguasaan diri adalah kemampuan untuk mengenali tujuan hidup sebagai visi pribadi, menerima kenyataan dan memiliki kesadaran diri yang baik sehingga mampu mengelola berbagai potensi, kapasitas bahkan kelemahan yang Yupiers miliki.

Personal mastery bisa mulai Yupiers kembangkan melalui pengelolaan emosi, mengembangkan pemikiran yang positif, meningkatkan self love dan self esteem sehingga Yupiers dapat mengelola stres (stress management) dengan baik

? Interpersonal Mastery

Setelah Yupiers berhasil dalam melewati tataran personal mastery/penguasaan diri, maka tahap selanjutnya dalam life skills adalah interpersonal mastery. Yupiers, interpersonal mastery berkaitan dengan pengenalan dan kebersamaan dengan orang lain. Dimana Yupiers dapat mengetahui Bagaimana menciptakan dan membangun relasi yang sehat sehingga di dalamnya memuat rasa saling menghormati dan menghargai. Oleh karena itu Yupiers, interpersonal mastery seringkali disebut sebagai keterampilan komunikasi yang efektif.

Ketahuilah Yupiers, interpersonal mastery melibatkan beberapa aspek diantaranya adalah empati, keterampilan mendengar dan menyimak, bernegosiasi, dalam mengelola konflik, sampai pada dalam memimpin.

Jadi Yupiers, dengan mengembangkan dua basic life skills tersebut, maka dengan sendirinya Yupiers tidak hanya mengembangkan diri dalam hal pengetahuan, mengasah keterampilan namun juga meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan diri.

Yupiers, basic life skills tersebut merupakan hal yang sangat mendukung perkembangan diri kamu apabila diterapkan dan terus dipelajari lebih dalam setiap harinya. Karena hal ini akan menjadi salah satu faktor yang bisa membantu Yupiers untuk mengetahui bakat-bakat terbaik kamu, yang bisa kalian tunjukan pada dunia

Jadi tunggu apa lagi Yupiers, ayo tingkatkan semangat kalian untuk mengembangkan atau meningkatkan basic life skills yang kamu miliki dan tunjukkan bakatmu di Yupi’s Got Talent 2022. Karena ini saatnya kamu menjadi bintangnya Yupi!

Ayo, pantengin terus info secara detail mengenai schedule acara, bagaimana step registrasi dan lain – lain di website Yupi www.yupiland.com/ygt

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .