× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Malas Baca Buku? Yuk Bangun Kebiasaan Membaca dengan Cara Ini!

Yupiers, tentu kamu sudah paham betul bukan, bahwa membaca merupakan kegiatan yang memberikan banyak manfaat. Salah satunya dapat menambah wawasan dan membantu untuk mengembangkan diri. Namun sayangnya, membangun kebiasaan membaca masih sulit untuk dilakukan.


Hal ini tercermin dari rendahnya minat baca di Indonesia. Dimana menurut UNESCO, Indonesia menempati urutan 60 dari 61 negara dengan tingkat literasi rendah. Sangat disayangkan sekali ya, Yupiers.


Eits, masih ada kesempatan kok untuk berbenah. Yupiers bisa mulai dari sekarang untuk membangun kebiasaan membaca. Lalu, gimana ya cara membangun kebiasaan membaca jika kita sendiri masih malas baca buku?


Tenang, mungkin Yupiers bisa simak cara mudah berikut supaya membaca bisa jadi kebiasaan baru yang positif.


  • Bawa Buku Kemanapun Kamu Pergi

Salah satu cara mudah untuk membangun kebiasaan membaca adalah dengan membawa buku kemanapun kamu pergi, baik itu buku fisik ataupun buku digital.


Nah sebisa mungkin, buku tersebut jangan cuma disimpan saja, melainkan dikeluarkan dan dibaca, ya! Untuk memulainya, kamu bisa membawa buku yang nggak terlalu tebal supaya lebih ringan dan mudah dibaca ketika bepergian. 


  • Ambil Waktu Jeda dari Gadget

Sulit memang rasanya untuk terbebas dari gadget. Tapi cobalah sebisa mungkin untuk jeda sejenak dari gadget saat kamu sedang membaca. Jika perlu, pergilah ke ruangan berbeda dengan meninggalkan gadget  selama beberapa saat untuk menyelesaikan target membaca.


Semakin sering kamu melakukan ini, maka kamu nantinya akan semakin terbiasa. 


  • Pilih Buku yang Disukai

Mungkin masih banyak yang bertanya, apa sih buku yang seharusnya dipilih untuk dibaca? Jawabannya, apapun itu, apapun yang kamu suka. Apabila Yupiers suka buku fiksi, silakan membaca fiksi. Begitupun dengan genre lainnya.


Jika ingin mencoba genre bacaan lain juga tidak masalah. Dengan begitu, kamu bisa membangun kebiasaan membaca dengan cara yang tidak membosankan. Jadi, jangan takut untuk explore, ya!


  • Baca dengan Santai

Buat Yupiers yang belum terbiasa baca buku, jangan langsung memaksakan diri untuk menyelesaikan sebuah buku dalam satu waktu, karena pasti akan terasa memberatkan.


Sebab, yang terpenting bukanlah seberapa banyak buku yang kamu baca, melainkan seberapa konsisten kamu dalam membaca buku. Biarpun hanya sedikit, tetapi jika dilakukan secara rutin, pasti kebiasaan membacamu akan terbentuk dengan sendirinya. 


Itu tadi empat cara mudah membangun kebiasaan membaca. Pada intinya, yuk bangun kebiasaan membaca itu sendiri dari dalam dirimu! Membaca itu menyenangkan kok, percaya deh! 

 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .