× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Mau Anak Semakin Pintar? Yuk Kenalkan 5 Hobi Ini

Apakah Yupiers pernah mendengar apabila dengan memiliki hobi menjadi salah satu jalan menuju kesuksesan di masa depan? 


Tanpa disadari, hobi yang dijalani dengan tekun sedari kecil bukan hanya akan bermanfaat saat anak berusia balita, tapi akan terus membantunya hingga ia dewasa nanti.


Kenapa demikian? Hal ini lantaran kecerdasan spasial yang masih terbatas pada usianya dan balita belum mengerti apa itu hobi.

Tapi sebagai orang tua, Yupiers bisa mengarahkan si kecil agar memiliki hobi yang bermanfaat sekaligus membuat mereka semakin cerdas.


Terus pertanyaannya, sekiranya hobi apa saja ya yang mampu mengasah kecerdasan pada anak-anak? Yuk cek simak penjelasannya di bawah! 


1). Belajar Bahasa Baru 


Tidak dapat dipungkiri, bahasa merupakan kunci utama untuk memperoleh ilmu pengetahuan, maka tidak salah apabila ada anak yang hobi mempelajari bahasa baru bisa memiliki kecerdasan tinggi.

Mengutip Live science, para peneliti dari studi edisi terbaru jurnal Frontiers in Psychology mengatakan bahwa dengan mempelajari kedua bahasa dapat meningkatkan fungsi otak lho Yupiers.


Selain itu, jurnal tersebut juga menyebutkan orang dewasa yang memiliki kemampuan dua bahasa atau lebih memiliki kinerja dan konsentrasi otak yang baik.

Jadi gimana Yupiers, tertarik mengajarkan bahasa baru kepada sang Buah Hati? 


2). Membaca Buku


Seperti pepatah bilang “Buku adalah Jendela Dunia”. Dalam sebuah buku terdapat banyak sekali pengetahuan di dalamnya sehingga apabila Yupiers rajin membaca buku, dipastikan akan memiliki wawasan yang luas. 


Hal yang perlu Yupiers tahu juga, dengan membaca beragam buku yang berbeda memberikan berbagai sudut pandang dan informasi. Bahkan seringkali membaca dapat mengasah imajinasi untuk berpikir secara kreatif dan out of the box.


Melihat berbagai manfaat yang didapat dari membaca buku, sudah saatnya Yupiers melatih hobi ini bagi si kecil sejak dini.

3). Menulis


Tidak jauh dengan membaca, menulis juga merupakan hobi yang bermanfaat bagi anak-anak lho Yupiers. 


Studi penelitian tahun 2014 di Scientific American mengatakan, anak yang memiliki hobi ini memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi tentunya. 


Selain itu, hobi menulis juga membuat pikiran bekerja dan dengan cepat karena perlu merangsang respon visual dan taktis antara otot lengan dan otak jari anak.  


4). Belajar Instrumen Musik 


Memiliki hobi bermain instrumen musik, selain menjadi alternatif hiburan bagi anak ternyata hobi ini dapat meningkatkan kecerdasan mereka lho Yupiers. 


Penelitian mengungkapkan, bermain alat musik ternyata memiliki hubungan dengan fungsi kognitif. Beberapa manfaat dari meningkatnya kognitif seperti meningkatkan daya ingat sampai kemampuan problem-solving. 


Bagi mereka yang suka bermain musik pastinya  suka mencari dan mengulik berbagai lagu baru sampai bisa memainkan lagu tersebut. Secara tidak langsung, dengan anak bisa memainkan instrumen musik bisa melatih anak untuk berpikir kritis.  


5). Meditasi (Berlatih Yoga) 


Meditasi dan yoga merupakan salah satu hobi yang jarang dipilih sebagai hobi, tapi sebenarnya hobi ini memberikan banyak manfaat lho bagi anak, Yupiers. 


Kedua hobi ini bisa membantu anak-anak untuk mengontrol suasana hati dan stres. Ini juga meningkatkan perilaku baik mereka selama berada di sekolah. 


Meditasi tidak perlu dilakukan berjam-jam. Lakukanlah 20 menit saja, namun secara rutin. 


Itulah 5 hobi yang bisa meningkatkan kecerdasan buah hati yang bisa dikenalkan sejak dini ya, Yupiers.

Jika si kecil belum menunjukan ketertarikan dari kelima hobi di atas, sebagai orang tua Yupiers jangan terlalu khawatir ya barangkali mereka memang belum menunjukan ketertarikan terhadap sesuatu. 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .