× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Mengenal Serotonin, Hormon Yang Bisa Bikin Kamu Bahagia

Halo Yupiers, apakah kamu pernah dengar serotonin? Serotonin adalah sebuah hormon yang bisa menciptakan perasaan baik atau neurotransmitter. Hormon ini bekerja dan berperan penting nih untuk mengendalikan perasaan emosional dan kesejahteraan mental kamu. Karena serotonin bisa membuat perasaan positif, menstabilkan suasana hati, dan meningkatkan kebahagiaan pastinya.


Selain membuat pola pikir kamu menjadi lebih positif dan bahagia, serotonin juga bisa membantu mengatur tidur, pencernaan, nafsu makan, dan bahkan memori. Bukan cuma itu, serotonin juga bisa berkontribusi pada penyembuhan luka, mengendalikan rasa mual, dan membantu pergerakan usus yang sehat.


Karena banyaknya manfaat yang bisa dihasilkan dari serotonin, maka hormon satu ini penting untuk dijaga keberadaannya dalam tubuh kita. Jika seseorang kekurangan serotonin bisa memiliki dampak yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan tanda-tandanya bisa muncul dengan cara yang mengejutkan.


Saat kadar serotonin di dalam tubuh cukup rendah, seseorang bisa mengalami menimbulkan berbagai konsekuensi, termasuk depresi, kecemasan, gangguan tidur, perubahan selera makan, dan mudah tersinggung. 


Kadar serotonin yang menurun memang masih belum bisa dipastikan alasannya, tapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut. Pertama pola makan yang tidak sehat, kurang berolahraga, kemudian bisa juga disebabkan karena kecenderungan genetik, efek samping obat, atau bahkan peristiwa yang membuat stres. Selain itu, kondisi medis seperti tiroid yang kurang aktif juga bisa mempengaruhi kadar serotonin dalam tubuh.


Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa itu serotonin, jadi penting banget nih serotonin terus dijaga keberadaannya agar kamu selalu hepi ya, Yupiers. Makan Yupi juga bisa loh meningkatkan serotonin kamu, karena Yupi kenyalnya bikin hepi.

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .