× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Meningkatkan Self Care di Masa yang Sulit

Dear Yupiers,

Dalam keseharian kita pernah kah kalian merasa ada satu momen yang disebut dengan masa sulit? 

Masa sulit, masa penuh perjuangan, kegalauan dan ketidakbahagiaan. Semua sepertinya menyalahkan kita, tidak ada jalan keluar, hasil ujian tidak memuaskan dan hubungan yang sedang tidak baik – baik saja dengan orang terdekat.

Yup, masa sulit bisa dialami oleh siapapun juga terlepas dari usia, jenis kelamin, pendidikan ataupun pekerjaan. Tapi bukan berarti kita tidak bisa berbuat apa – apa meskipun semua orang akan mengalami bukan? 

Yupi akan berbagi tips untuk bertahan atau mengatasi masa sulit dengan self care.

  • Jadilah realistis. Bahwa setiap masa sulit memang akan berlalu jika diupayakan dan tetap membutuhkan waktu. Semua selalu ada proses yang tidak instan. Sehingga kita perlu melatih diri agar realistis terhadap kondisi yang ada. Tidak semua masa sulit bisa diselesaikan dengan cara yang sama.
  • Hargai setiap upaya perbaikan meskipun upaya itu terlihat kecil. Pada masa sulit, bisa saja yang berusaha memperbaiki keadaan bukan hanya kita tapi orang – orang di sekitar kita. Dengan menghargai, artinya kita tidak menutup diri atas setiap kemungkinan dan peluang yang mungkin terjadi.
  • Batasi komentar negatif dan fokus pada hal positif. Ini akan membantu kita mengarahkan mindset secara benar. Komentar negatif biasanya justru akan mematahkan semangat dan membuat kita semakin terpuruk. Hal positif justru akan memberi semangat untuk memampukan hal baik terjadi.
  • Lakukan self care dengan cara cukup tidur, cukup makanan, cukup minuman dan cukup olahraga. Seringkali jika salahsatunya kurang justru akan memicu kelelahan fisik yang membuat masa sulit semakin terasa berat. Self care akan memberikan keamanan secara fisik yang kemudian akan membantu kita membangun situasi psikologis yang lebih sejahtera. 

Self care sangat penting untuk tetap kita lakukan meskipun kita sedang berada di masa sulit. Karena self care membantu mengisi tangki emosional kita agar tetap penuh dan menjaga cadangan fisik, emosional, dan mental untuk mencegah dan mengelola stres lebih dalam. Jadi, ketika akan ada masa sulit, kita tidak perlu takut untuk menghadapinya karena kita sudah lebih tahu cara mengatasinya ????


Dan… seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin hepi, harapannya semoga Yupiers semua selalu bersemangat dan dapat menebarkan hal positif kepada orang lain.

Pantengin terus juga www.yupiland.com/ygt ya! dimana kamu dapat mengikuti keseruan peserta dalam sebuah wadah ajang pencarian bakat, Yupi’s Got Talent 2022. 

Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .