× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Moms, Ini 5 Cara Menanamkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak

Selain bagi orang dewasa, sikap tanggung jawab juga merupakan hal yang harus dipelajari dan ditanamkan ke anak-anak sejak dini.

Dengan membantu menanamkan sikap tanggung jawab pada anak, Yupiers sebagai orang tua juga menggali potensi penuh dari diri si kecil.


Anak yang memiliki sikap tanggung jawab biasanya lebih mandiri dan tidak menjadi pribadi yang mudah menyalahkan orang lain. Selain itu, sikap tanggung jawab juga dapat membuat anak lebih berhati-hati dan berpikir dahulu sebelum melakukan sesuatu.


Oleh karena itu, yuk, simak lima cara berikut yang bisa Yupiers gunakan untuk menanamkan sikap tanggung jawab pada anak sejak dini!


  • Beri Pemahaman Tentang Apa Itu Tanggung Jawab

Cara pertama yang bisa Yupiers lakukan adalah dengan memberi pemahaman pada anak tentang apa itu tanggung jawab. Jika anak tidak mengakui kesalahannya, jangan langsung dimarahi.


Berusahalah untuk menghadapi anak dengan tenang, jelaskan apa kesalahannya, dan tanyakan siapa yang harus bertanggung jawab atas kesalahan tersebut. Setelah itu, ingatkan mereka agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dan tidak lagi menyalahkan orang lain.


  • Kenalkan Anak dengan Peraturan

Sebagai orang tua, Yupiers bisa menjelaskan tentang berbagai peraturan, baik peraturan di rumah, di sekolah, hingga di tempat umum. Jelaskan juga apa konsekuensi yang akan didapatkan jika melanggar aturan tersebut.


Dengan begitu, si kecil akan lebih berhati-hati sebelum bertindak dan memiliki rasa tanggung jawab untuk mengikuti aturan yang ada. 


  • Libatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah

Cara selanjutnya yang bisa Yupiers lakukan adalah dengan membiarkan si kecil membantu pekerjaan rumah yang sederhana seperti mencuci buah atau sayuran, mengelap meja, atau merapikan tempat tidur.


Selain bisa menanamkan rasa tanggung jawab, berbagi pekerjaan rumah juga bisa menjadi cara untuk menghabiskan waktu bersama anak.


  • Pelihara Hewan

Siapa sangka kalau memelihara hewan di rumah dapat dijadikan salah satu cara menanamkan sikap tanggung jawab pada anak? Yupiers bisa mengajak si kecil untuk memelihara hewan seperti kelinci, kura-kura, atau kucing. 


Saat memelihara hewan, si kecil akan mulai belajar tentang sikap tanggung jawab dimana Yupiers bisa ajarkan mereka untuk rutin memberi makan, mengajak bermain, bahkan memandikan hewan peliharaan. 


  • Jadilah Contoh Yang Baik Bagi Anak

Cara terbaik bagi si kecil untuk menanamkan sikap tanggung jawab adalah dengan melihat contoh nyata dari orang terdekatnya. Dalam hal ini, Yupiers sebagai orang tua berperan besar untuk menjadi contoh yang baik bagi anak. 


Dengan mengamati contoh perilaku yang baik, anak akan perlahan belajar mengenai tanggung jawab dan lebih tanggap terhadap tugas serta kewajibannya. 


Itulah lima cara menanamkan sikap tanggung jawab pada anak yang bisa Yupiers coba. Untuk mengajarkan sikap tanggung jawab, Yupiers memang harus menggunakan cara-cara yang mudah dimengerti. 


Dengan begitu, anak akan lebih memahaminya sehingga sikap ini bisa menjadi komponen penting yang akan membantu mereka sukses kedepannya.  


Semoga menginspirasi dan jangan lupa untuk selalu Yupiness!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .