× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Olahraga Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak

Olahraga merupakan sebuah kunci untuk hidup sehat. Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan tubuh karena olahraga.


Yupiers, dari sekian banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat melakukan olahraga secara rutin, ada juga nih satu manfaat yang mungkin jarang diketahui. Manfaat dari olahraga ini adalah meningkatkan kesehatan otak dan fungsi kognitif kita untuk jangka panjang. 


Ada beberapa olahraga yang secara langsung maupun tidak langsung bisa meningkatkan kesehatan otak loh, Yupiers.


4 Olahraga Untuk Meningkatkan Kesehatan Otak


  1. Bersepeda

Menurut beberapa penelitian, bersepeda dalam ruangan dengan interval tertentu bisa berdampak positif pada pasien parkinson. Parkinson merupakan sebuah penyakit yang menyerang sistem saraf dan mengganggu kemampuan tubuh untuk mengontrol gerakan serta keseimbangan. Sedangkan bersepeda di luar ruang, bisa meningkatkan kesehatan otak terutama untuk mereka yang telah berusia di atas 50 tahun.


  1. Jalan Cepat

Jangan salah Yupiers, berjalan cepat juga bisa dikategorikan sebagai olahraga loh. Saat tubuh melakukan jalan cepat, bisa menimbulkan keajaiban untuk otak kita. Bahkan menurut studi, berjalan 4.000 langkah dalam sehari bisa berefek positif terutama untuk lansia. Apalagi, berjalan kaki merupakan kegiatan yang mudah untuk dilakukan.


  1. Menari

Selain menyalurkan hobi, ternyata menari juga bisa memberikan manfaat yang positif untuk kesehatan otak loh Yupiers. Menari masuk dalam kategori kardio karena saat menari tubuh banyak melakukan gerakan-gerakan. Menurut sebuah penelitian, menari juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit demensia atau penyakit yang mempengaruhi daya ingat dan cara berpikir.


  1. Interval Training

Dari beberapa penelitian yang ada, interval training bisa memberikan efek positif terhadap peningkatan kesehatan otak. Namun yang perlu diingat, interval training harus dilakukan dalam jumlah yang lebih kecil. Misalnya, kamu melakukan jogging selama selama satu menit, kemudian dilanjutkan dengan berlari cepat selama enam detik. 


Saat melakukan olahraga tetap harus diingat bahwa tubuh juga memiliki kapasitasnya masing-masing ya, Yupiers. Makanya tetap harus terjaga pola olahraganya, jangan melakukan secara berlebihan dan pastinya sesuaikan dengan kemampuan tubuhmu. Percayalah bahwa olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Jadi, gak ada salahnya nih untuk memulai olahraga dari sekarang.

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .