× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini Bagi Anak

Yupiers pasti pernah mendengar istilah ini “Bahasa adalah ibu dari segala ilmu”?

Istilah tersebut memberikan kita pandangan bahwa bahasa merupakan salah satu aspek pertama yang harus dikuasai oleh seseorang apabila hendak mempelajari ilmu baru. 


Selain membantu untuk mendukung proses pendidikan, ternyata bahasa menjadi sarana penting untuk berkomunikasi antar individu dalam memberikan dan menyampaikan sebuah informasi. 


Melihat pentingnya seseorang menguasai kemampuan bahasa, maka dari itu Yupiers sebagai orang tua wajib mengarahkan dan mengajarkan si kecil untuk memulai belajar berbahasa sejak dini. 


Bahasa yang bisa diajarkan kepada anak mulai dari bahasa Ibu, bahasa nasional, sampai bahasa asing (seperti bahasa inggris). 


Terus pertanyaannya, kenapa perlu mengajarkan bahasa asing kepada anak?

Nah untuk menjawab pertanyaan Yupers, kali ini Yumin akan menjelaskan beberapa alasan kenapa anak harus dikenalkan dengan bahasa asing sejak dini. Yuk, simak artikelnya dengan baik ya! 


  • Golden Age


Golden age biasa kita kenal juga sebagai masa kritis (masa emas seorang anak) berlangsung saat anak berusia 0 - 6 tahun. 


Apabila Yupiers ingin membentuk kecerdasan anak dalam kemampuan berbahasa, maka memfasilitasi anak untuk belajar beberapa bahasa (termasuk bahasa inggris) di usia ini menjadi keputusan tepat.  Pasalnya, di masa ini si kecil dapat dengan mudah menyerap informasi. 


Jika anak sudah terbiasa dengan bahasa inggris di usia ini, artinya proses selanjutnya untuk mengembangkan kemampuan bahasanya akan semakin mudah. 


Manfaat lainnya yaitu anak akan lebih percaya diri dan dapat menjadikan bahasa inggris sebagai soft skill mereka di masa depan sebagai bekal untuk menggapai berbagai prestasi, seperti English Speech Contents (Lomba Pidato Bahasa Inggris). 


  1. Bekal Menghadapi Era Globalisasi 

Mengajarkan anak berbahasa inggris idealnya bisa menjadi bekal bagi mereka untuk membantu mempersiapkan skill agar lebih siap bersaing di era globalisasi saat mereka tumbuh dewasa kelak.

3. Memberikan Anak Peluang Lebih Luas Saat Dewasa Nanti


Dengan memahami bahasa Inggris, si kecil bisa jadi memahami lebih banyak hal. Saat mereka memahami banyak hal, secara bersamaan keahlian dan kemampuan mereka pun juga akan meningkat, bukan?

Dengan memiliki skill seperti bahasa inggris, si kecil pun tentunya memiliki peluang bagus untuk memiliki karir saat dewasa kelak. 

Tak hanya melalui  pendidikan formal saja, Yupiers bisa mengajarkan si kecil bahasa inggris melalui beberapa tontonan lewat media sosial seperti Youtube, atau bahkan mengajari mereka dengan membaca buku.

Apabila dilatih sejak dini, maka kemampuan berbahasa si kecil pun dapat terasah dengan baik, sehingga skill-nya pun akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia mereka nanti.

Sebenarnya selain beberapa poin di atas, masih ada banyak hal lagi lho yang bisa anak dapatkan dari belajar bahasa inggris. Jadi gimana Yupiers, sudah siap mengajarkan anak bahasa inggris sejak dini? 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .