× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Prestasi Dimulai dari Percaya pada Diri Sendiri

Yupiers, prestasi merupakan sebuah kebanggaan dan menjadi dambaan setiap siswa dan juga orang tua. Sehingga ada banyak upaya yang dilakukan untuk membuat kita mampu menunjukkan dan meraih prestasi. Selain menjadi sebuah kebanggaan, kira – kira apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dengan berprestasi?

Prestasi mampu membangkitkan motivasi internalmu

Bagi beberapa siswa, prestasi dianggap sebagai reward atas setiap usaha yang mereka lakukan. Prestasi menumbuhkan perasaan bahagia dan bangga di dalam dirinya sehingga secara tidak langsung mendorong diri untuk melakukan yang terbaik, lebih dan lebih lagi.

Prestasi mampu meningkatkan “self love”

Berprestasi menunjukkan bahwa kita sudah menemukan area – area kekuatan dalam diri kita. Dengan memahami area ini, kepercayaan diri biasanya akan meningkat karena kita tahu kita memiliki potensi yang lebih dibanding orang lain untuk area tersebut.

Kepercayaan diri ini dengan sendirinya akan menumbuhkan rasa cinta pada diri sendiri dan terus berupaya untuk memberikan perhatian yang lebih pada area kekuatan kita. Self love bukan hanya berarti bahwa kita peduli dengan diri kita namun juga kita mampu membawa diri kita fokus pada berbagai upaya untuk menjadi lebih produktif.

Prestasi mampu menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang

Sebagai sebuah capaian yang bisa dilihat oleh orang lain, maka prestasi yang kita hasilkan biasanya tidak hanya membuat orang lain merasa bangga dan tertarik melihat kita. Seringkali tanpa disadari, prestasi yang kita torehkan bisa memberikan insight maupun inspirasi bagi banyak orang.

Bisa jadi diluar sana ada yang belum mengenali potensinya, dan saat melihat kita berprestasi membuat mereka merenungkan bahwa mereka memiliki kelebihan yang serupa dengan kita. Alhasil mereka pun akan berupaya melakukan berbagai hal yang kita lakukan agar bisa menghasilkan prestasi seperti kita.

Prestasi adalah modal dasar untuk membangun masa depan yang cerah

Siapa yang tidak ingin memiliki masa depan yang cerah? Tentu saja semua orang ingin memiliki masa depan yang cerah. Prestasi adalah batu loncatan yang membuat kita mampu melakukan area – area keunggulan kita dengan lebih baik sehingga kita pun akan mendapat reward yang lebih baik juga dibandingkan orang lain. Reward yang lebih baik akan mempermudah kita dalam membangun pondasi yang kuat untuk mempersiapkan masa depan yang lebih indah.

Bayangkan betapa indahnya hidup ketika kita melakukan suatu pekerjaan yang kita mampu sehingga memberikan hasil yang excellence, mampu menghadapi tantangan karena kompetensi yang kita miliki sehingga kita mendapatkan reward yang sepadan.

Nah, tapi bagaimana caranya untuk bisa meningkatkan prestasi?

1. Tingkatkan kesadaran diri (self awareness)

Sudahkah Yupiers tahu kelebihan atau bakat Yupiers?

Sudahkan Yupiers tahu potensi dari dalam diri Yupiers?

Pertanyaan singkat dan sederhana ini menjadi indikator, ketika kita mudah menjawabnya berarti kita sudah memiliki kesadaran atas potensi yang kita miliki. Pengenalan dan kesadaran diri menjadi dasar dari langkah selanjutnya yaitu mengembangkan diri sesuai dengan potensi yang kita miliki.

2. Kembangkan Potensi

Jika kita tahu area potensi yang kuat, dengan sedikit upaya dan konsistensi kita pasti akan berhasil menorehkan prestasi.

Namun jika kita tidak tahu, bisa jadi kita salah mengembangkan area yang ternyata bukan area yang berpotensi. Sehingga memerlukan upaya yang lebih dan kerja keras untuk bisa berprestasi.

3. Bangun support system yang mendukung

Mengembangkan potensi akan lebih maksimal ketika kita memiliki dukungan yang optimal juga dari orang – orang terdekat kita terutama keluarga. Jangan sungkan untuk sharing dan diskusi dengan orang tua untuk bisa memperoleh feedback dan dukungan yang tepat untuk mengembangkan potensi agar berhasil menjadi prestasi.

4. Keluar dari comfort zone!

Musuh untuk bisa berprestasi biasanya adalah zona nyaman (comfort zone). Terlalu nyaman untuk tidak melakukan apa – apa meskipun kita tahu kita mampu.

Terlalu nyaman untuk tidak mau melakukan lebih dari yang kita bisa karena merasa malas. Terlalu nyaman dengan pendapat diri bahwa hidup cukup seperti air mengalir sehingga tidak mencoba menanggapi tantangan dan peluang. Terlalu nyaman dengan komunitas teman – teman yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersenang – senang.

Yupiers, prestasi adalah tanggung jawab kita untuk bisa mengoptimalkan anugerah cuma – cuma yang kita terima dari Sang Pencipta. Kepercayaan ini menjadi bagian dari bagaimana kita memberikan kepercayaan pada diri kita untuk mau bertumbuh dan berkembang.

Kalau bukan kita yang percaya pada diri kita, siapa lagi? Yuk bangun kepercayaanmu pada dirimu sendiri, mulai kenali dirimu, kembangkan potensimu dan bakatmu serta wujudkan prestasimu.

Oh ya Yupiers, untuk lebih mengembangkan bakatu, Yupi permen favoritmu memiliki wadah yakni Yupi’s Got Talent yang kembali hadir di tahun 2022 ini, Yuk Yupiers catat tanggal registrasinya yakni 15 Maret – 20 May, jangan sampai ketinggalan daftar ya! Ayo tunjukkan bakatmu disini dengan tingkatkan kepercayaan dirimu disini. Info lengkap di www.yupiland.com/ygt.

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .