× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Sebelum Anak Menggunakan Media Sosial, Yuk Ajarkan 4 Hal ini Moms!

Siapa sangka, di balik kesenangan yang ditawarkan ternyata media sosial memiliki dampak kurang baik yang perlu orang tua ajarkan dengan anak.


Media sosial menawarkan informasi tanpa batas. Akses masuk yang begitu mudah dapat membuat siapa saja ketagihan, termasuk anak-anak. Di era digital seperti saat ini, anak-anak yang berusia mulai dari 1 tahun dapat dengan mudah mengakses informasi dalam bentuk video, teks, maupun gambar.


Meski demikian, perlu diperhatikan apa yang tampak dalam media sosial tak selalu baik untuk tumbuh kembang anak-anak lho. Maka dari itu, sebagai orang tua sebaiknya Yupiers juga perlu mendampingi mereka.

Nah sebelum mengizinkan anak bermain media sosial, sebaiknya Yupiers memberikan edukasi terlebih dahulu terkait beberapa hal yang perlu diketahui tentang media sosial. Apa saja? Yuk simak di bawah ini:  


  1. Media Sosial Berbeda dengan Kenyataan

Orang tua perlu membekali anak-anak dengan pemahaman bahwa apa yang tampak di media sosial seringkali berbeda dengan kenyataan.

Perlu diingat juga, media sosial memudahkan siapa saja menampilkan sisi terbaiknya saja, namun tidak dengan realita yang sebenarnya.

Jadi, mulai memberi tahu kepada si kecil bahwa jangan pernah berkecil hati karena melihat teman atau orang lain lebih baik dari dirinya karena itu belum kenyataan yang sebenarnya. 


  1. Hati-hati Mengunggah Informasi

Tekankan pada anak-anak untuk bersikap hati-hati ketika mengunggah informasi (baik itu foto, video, atau teks) ke melalui media sosial.

Mereka perlu diajarkan untuk berpikir ulang lagi terkait resiko yang akan timbul apabila mereka mengunggah suatu informasi tersebut. Beri merekai pengertian dan jangan lelah mengingatkan mereka soal ini ya Yupiers.

3. Media Sosial Sebaiknya Digunakan Anak Berusia 13 Tahun ke Atas 


Penelitian membuktikan bahwa perlu waktu 12 tahun bagi anak untuk menyempurnakan logika berpikir mereka. Nah mereka yang belum berusia 13 tahun biasanya akan kesulitan memahami lebih jauh informasi yang mereka dapatkan dari media sosial.


  1. Media Sosial Bisa Membuat Kecanduan 

Terkadang orang dewasa sekalipun seringkali tak menyadari hal ini. Media sosial memang bisa membuat seseorang kecanduan. Biasanya media sosial menciptakan citra diri yang diinginkan di media sosial. Ini adalah bagian paling menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan dari adanya media sosial.

Setiap platform di media sosial tentu dapat membentuk citra diri mereka sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Alhasil, hal ini tentu dapat membuat seseorang dapat menjadi kecanduan. Apalagi jika telah menaruh perhatian dan respon lewat citra diri yang telah dibangun di medsos, biasanya akan selalu mengecek setiap menit media sosial. 


Nah Yupiers, di balik kemudahan dan kesenangan yang ditawarkan media sosial, ternyata terdapat efek samping yang cukup serius juga ya, khususnya bagi anak-anak. Oleh sebab itu, jangan lelah untuk mengingatkan sekaligus mengedukasi anak-anak terkait hal ini ya!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .