× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Segudang Manfaat Makan Buah Untuk Kesehatan Anak, Apa Saja?

Tak dipungkiri, buah terkadang menjadi momok menakutkan bagi si kecil karena dianggap memiliki rasa yang tak enak. Padahal, makan buah secara teratur dapat memberikan banyak manfaat untuk Kesehatan anak.


Ya, buah merupakan salah satu makanan sehat yang mengandung nutrisi serta gizi seimbang dan sangat diperlukan si kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya. Lantas, apa saja manfaat makan buah untuk Kesehatan anak? Simak disini, ya!


  • Menunjang Kesehatan Pencernaan

Manfaat pertama makan buah untuk anak adalah dapat menunjang Kesehatan saluran pencernaan. Terutama terkait masalah sembelit pada anak, buah-buahan seperti plum, pir, naga, dan apricot dapat membantu sistem pencernaan Kembali berfungsi dengan baik.


  •  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang diketahui, buah kaya akan serta vitamin seperti vitamin C, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, dan sebagainya. Semua zat tersebut mampu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh anak terutama dalam melawan virus dan infeksi.


  • Menekan Risiko Obesitas

Daripada makanan ringan manis dan cepat saji yang sarat lemak, membiasakan anak makan buah akan membantu mencegah kenaikan berat badan berlebih. Di sisi lain, buah juga mengandung nutrisi baik yang memberikan energi dan membuat si kecil lebih aktif.


  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat lainnya dari makan buah untuk Kesehatan anak adalah menjaga Kesehatan tulang dan gigi. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara Kesehatan tulang dan gigi dengan konsumsi rutin buah dalam jumlah tinggi.


  • Meningkatkan Daya Ingat

Dari sekian banyak manfaat buah, mungkin inilah salah satu manfaat yang belum banyak Yupiers ketahui yaitu meningkatkan daya ingat. Hal ini karena umumnya buah mengandung banyak zat antioksidan yang mampu melindungi sel-sel otak, membantu meningkatkan daya ingat, dan melindungi anak dari penyakit Alzheimer.


  • Membuat Anak Lebih Cerdas

Pernahkah Yupiers mendengar bahwa mengkonsumsi ikan dapat merangsang perkembangan otak dan membuat anak cerdas? Nah, serupa dengan hal tersebut, makan buah dalam jumlah yang cukup juga ternyata dapat membuat anak lebih cerdas, lho! 


Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian journal of School Health yang menyebut bahwa anak yang cukup asupan buah cenderung lebih berprestasi dalam urusan akademis.


  • Tubuh Lebih Segar dan Bahagia

Tidak hanya bermanfaat bagi Kesehatan, enzim dan nutrisi yang terkandung dalam buah juga dapat memproduksi energi yang membuat si kecil merasa lebih segar dan Bahagia. Antioksidan yang ada di dalam buah akan melindungi seseorang dari depresi dan mengatur suasana hati menjadi lebih Bahagia.


Melihat banyaknya manfaat buah untuk kesehatan anak, yuk, mulai biasakan si kecil untuk mengkonsumsinya! Namun, bila anak belum mau, jangan pernah memaksanya ya, Yupiers. Paksaan hanya akan membuat anak trauma dan semakin tidak tertarik dengan buah yang Yupiers berikan. 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .