× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Ternyata Ini 5 Manfaat Memiliki Hobi Bagi Anak Sejak Dini

Tahukah Yupiers, selain sibuk belajar, anak sebaiknya punya kegiatan yang dapat menyegarkan pikiran, salah satunya hobi. Hal ini mengingat, sudah banyak fakta dan riset yang membuktikan tentang manfaat memiliki hobi bagi anak. 


Bahkan, anak yang memiliki hobi sejak dini terbukti lebih bahagia. Penasaran kan, apa saja manfaat hobi bagi anak? Yuk, simak penjelasan yang telah Yumin rangkum buat kamu dibawah ini, ya!


  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sebagai orangtua, apakah Yupiers pernah mengalami kesulitan untuk mengenalkan si kecil pada orang lain? Atau merasa anak sangat pemalu dan kurang percaya diri? Jika iya, Yupiers bisa coba ajak si kecil untuk lebih serius menjalankan hobinya.


Dalam studi yang dilakukan oleh Canadian Institute of Advance Research, proses mempelajari hobi ternyata dapat mengeluarkan rasa percaya diri yang selama ini terpendam. 


  • Meningkatkan Fokus Anak

Disadari atau tidak, beberapa hobi membutuhkan perhatian dan fokus yang tinggi, seperti misalnya olahraga dan seni.


Dengan demikian, anak yang memiliki hobi sejak dini akan memiliki fokus yang lebih daripada mereka yang tidak memilikinya. Hal ini karena mereka sudah terbiasa untuk fokus mempelajari sesuatu agar menjadi lebih baik. 


  • Membiasakan Anak Untuk Bersosialisasi

Saat anak bermain dengan teman sebaya yang memiliki satu hobi dengannya, secara tidak langsung ia akan belajar cara bersosialisasi yang baik. Mulai dari mengawali pembicaraan, diskusi, hingga bertukar pikiran dan ide.


Karena itulah, sebagai orang tua Yupiers bisa dukung hobi si kecil dengan memasukkannya ke grup atau komunitas yang sesuai dengan hobinya.


  • Memperluas Pengetahuan Anak

Saat anak menekuni hobi tertentu, ia akan mempelajari pengetahuan-pengetahuan tertentu yang belum tentu ia dapatkan di sekolah. Otomatis, anak yang memiliki anak hobi sejak dini akan memiliki pengetahuan yang lebih luas.


Hobi memang tidak menjamin kesuksesan anak. Namun, dengan pengetahuan yang luas dan pola pikir terlatih, tentu akan membantu anak untuk meraih kesuksesan.


  • Mampu Mengurangi Stress

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Psychological Association, mengatakan bahwa hobi mampu mengurangi atau bahkan mengatasi stress. Meskipun anak-anak belum mengerti atau belum pernah mengalami stress, hobi akan membantu menjaga kesehatan mental anak dalam kondisi prima.


Ternyata, memiliki hobi sejak dini dapat memberikan banyak manfaat bagi anak ya, Yupiers? Tidak hanya untuk kehidupannya saat ini, tapi juga untuk masa depannya.


Oleh karena itu, yuk kenalkan hobi pada anak sejak dini! Ajak mereka untuk melakukan berbagai aktivitas positif hingga dia bisa menemukan apa yang menjadi kegemarannya.

Jangan lupa juga untuk selalu Yupiness!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .