× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Tingkatkan Serotonin dengan Cara Ini

Hai Yupiers, masih ingat dong tentang hormon yang bisa bikin kamu bahagia? Yup betul banget, serotonin. 


Serotonin merupakan sebuah hormon yang bisa menciptakan perasaan baik atau neurotransmitter. Hormon ini memiliki peran untuk mengendalikan perasaan emosional dan kesejahteraan mental kamu.


Karena dampak positif yang sangat banyak, jumlah serotonin dalam tubuh harus dijaga dan ditingkatkan agar kamu selalu bahagia ya, Yupiers. Nah, sebenarnya ada beberapa cara alami nih yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh kamu. 


5 Cara Meningkatkan Serotonin


  1. Olahraga Teratur

Kegiatan olahraga merupakan salah satu cara agar kadar serotonin dalam tubuh kamu meningkat loh, Yupiers. Karena saat melakukan aktivitas fisik diyakini dapat memicu serotonin dan meningkatkan suasana hati kamu. Serotonin yang muncul akibat aktivitas fisik juga bisa mengendalikan rasa lelah yang ada pada tubuh kamu.


  1.  Tidur Cukup

Kayanya kalo yang ini sih udah bukan rahasia lagi ya, tidur yang cukup dan berkualitas jelas berdampak pada banyak aspek kesehatan tubuh kita. Saat kurang tidur kondisi kesehatan jantung, kesehatan mental, memori, dan bahkan metabolisme bisa terganggu. Kurang tidur juga bisa berpengaruh terhadap berkurangnya kadar serotonin dalam tubuh, jadi jika ingin kadar serotonin kamu tetap terjaga jumlahnya, pastikan selalu tidur yang cukup ya.


  1. Beraktivitas Sosial

Saat kamu menghabiskan waktu bersama orang terdekat seperti keluarga dan teman-teman juga bisa meningkatkan kadar serotonin loh, Yupiers. Selain itu, melakukan hobi yang kamu senangi juga bisa meningkatkan serotonin. Asal kamu melakukan hal yang membuat kamu senang, pasti serotonin dalam tubuh juga ikut naik dan berdampak bagus untuk kamu.


  1. Mengonsumsi Triptofan

Triptofan merupakan asam amino alami yang bisa kamu dapatkan pada makanan yang bisa meningkatkan hormon serotonin. Beberapa makanan yang memiliki kandungan triptofan tinggi diantaranya ayam, gandum, pisang, kacang-kacangan, telur, salmon, dan tahu.


  1. Gizi Seimbang

Tidak cukup hanya dengan triptofan, untuk mengatur serotonin dalam tubuh, kamu juga harus mengatur pola makan yang sehat dan dengan gizi yang seimbang ya, Yupiers. Sayur, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan vitamin harus diperhatikan keberadaannya dalam tubuh.


Dengan cara-cara alami meningkatkan serotonin yang dilakukan oleh diri sendiri bisa bikin kamu selalu bahagia, Yupiers. Cukup mudah kan jika ingin bahagia?

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .