× Home Blog
Artikel YGT
Parenting

Tips Main di Alam Bebas Bareng Anak Jadi Lebih Asyik

Bermain dengan anak di alam bebas harus siap dengan segala risiko yang ada, namun tetap harus diminimalisir. Saat bermain di luar, perlakukanlah anak selayaknya dia sedang di luar, bukan di rumah yang penuh dengan peraturan. Fungsi dari mengajak anak bermain di luar adalah untuk mengenalkan hal-hal baru pada anak. Jika ia masih diperlakukan dengan banyak peraturan dan larangan, maka hal ini akan sia-sia.


Lalu, bagaimana ya agar kegiatan bermain di alam bebas bersama anak bisa menjadi lebih asyik dan menyenangkan untuk mereka? Yuk kita bahas.


  •  Anak Menjadi Kotor Itu Baik

Saat bermain di alam bebas, biarkanlah anak menjadi kotor. Dalam artian, jika mereka tiba-tiba mengambil tanah, pasir atau menyentuh pepohonan di sekitarnya jangan dimarahi. Orang tua cukup mengawasi apa yang dilakukan anak agar tidak melakukan hal yang berbahaya. Jika baju anak menjadi kotor, itu merupakan hal yang sangat sangat wajar ketika sedang bermain di alam bebas.


  • Biarkan Anak Menyatu dengan Alam

Ketika bermain di alam bebas, jiwa petualang anak pasti akan muncul dengan sendirinya. Mereka akan lebih banyak penasaran dan bertanya dengan hal baru yang baru pertama mereka temui. Maka, biarkanlah anak menyatu dan lebih dekat dengan alam di sekitarnya. Karena anak yang terhubung dengan alam akan memiliki tingkat eksplorasi dan fungsi  indra yang lebih tajam loh, Yupiers.


  • Minta Anak Memimpin Jalan

Ketika sedang melakukan eksplorasi, mintalah anak untuk menjadi pemimpin dalam kegiatan yang sedang dilakukan. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri anak. Selain itu, cobalah minta anak untuk menyentuh segala benda yang ada di sekitarnya seperti batu, pasir, pohon, tanah, dan lain-lain. Orang tua juga bisa melakukan permainan dengan anak yang melibatkan alam sekitar.

Artikel lainnya

Quotes Of The Day

Quotes of The Day . . .

Quotes Of The Day

Quotes of The Day . . .

Parenting

Tingkatkan Serotonin d . . .