× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Tips Membujuk Anak Supaya Rajin Belajar Tanpa Memarahinya

Yupiers menghadapi permasalahan dimana anak malas belajar? Jika demikian, jangan langsung memarahinya apalagi menghakiminya sebagai pemalas. Sebab, hal tersebut dapat diatasi dan ada banyak tips yang bisa dilakukan untuk membujuk anak supaya rajin belajar.

 

Tips membujuk anak supaya rajin belajar tak melulu harus dengan iming-iming gadget terbaru atau membelikannya mainan baru.

Sebagai orang tua, Yupiers juga bisa melakukannya dengan beberapa langkah yang kreatif, tanpa memaksa atau memarahinya.


Berikut beberapa tips ampuh membujuk anak supaya rajin belajar ala Yumin. Yuk, simak!


  • Buatlah Momen Belajar Menjadi Menyenangkan

Masih suka marah-marah saat menemani anak belajar? Coba hilangkan kebiasaan ini. Situasi tersebut malah membuat anak menjadi malas belajar. Sebaliknya, cobalah untuk membuat momen belajar menjadi menyenangkan. Bersabarlah ketika menghadapi anak yang sedang belajar.


Yupiers juga bisa menggunakan media lain seperti video atau buku bergambar saat menemani anak belajar. Dengan begitu, anak menjadi tidak mudah bosan dan lebih betah saat belajar.


  • Perkenalkan Berbagai Jenis Gaya Belajar

Setiap anak tentu memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Ada yang memang betah dengan duduk di kursi dan meja belajar dengan membaca, namun ada juga yang mungkin gaya belajarnya tidak seperti itu.


Mungkin, anakmu lebih suka belajar dengan langsung mempraktekannya atau lebih suka belajar lewat gambar atau video. Oleh karena itu, penting untuk Yupiers sebagai orang tua untuk memperkenalkan dan membantu anak menemukan gaya belajar yang disukai.


  • Dorong Anak untuk Lebih Aktif dalam Belajar

Bisa jadi, rasa malas anak disebabkan karena mereka hanya mendengarkan saja, tanpa beropini atau bertanya apapun saat belajar. Maka dari itu, orang tua disarankan dapat menyemangati anak untuk lebih aktif dalam belajar, salah satunya dengan bertanya. 


Tips yang satu ini ampuh untuk meningkatkan rasa ingin tahu anak. Nah, dengan rasa ingin tahu atau penasaran ini bisa lebih memotivasi anak untuk belajar.


  • Jangan Pelit Pujian

Tips ampuh terakhir yang patut dicoba adalah dengan sering memberikan pujian saat sedang belajar, bahkan saat anak melakukan kesalahan atau tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan.


Ya, pujian bukan berarti hanya diberikan saat anak benar, tapi juga saat ia mau berusaha untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tips ini dapat membuatnya termotivasi dan lebih percaya diri sehingga kedepannya lebih rajin belajar.


Itulah beberapa tips ampuh membujuk anak supaya rajin belajar yang dapat Yupiers terapkan di rumah.

Bersabarlah dalam menghadapi mereka, jangan gunakan kekerasan saat menyuruhnya belajar karena ini hanya akan membuatnya semakin malas.


Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu Yupiness! 
















REFERENSI:

  1. https://bebeclub.co.id/artikel/detail/ibu-perlu-tahu/kecerdasan-intelektual/cara-mendidik-anak-semangat-belajar
  2. https://www.halodoc.com/artikel/ini-4-cara-ampuh-agar-anak-semangat-untuk-belajar
  3. https://www.sehatq.com/artikel/cara-agar-anak-mau-belajar-dengan-semangat-dan-rajin
  4. https://www.fimela.com/parenting/read/4552611/7-cara-agar-anak-mau-belajar-dan-tidak-malas

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .