× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Yuk Kenali Penyebab Anak Malas Belajar dan Cara Mengatasinya!

Hai Yupiers, 


Apa penyebab anak malas belajar dan bagaimana cara mengatasinya? Mungkin pertanyaan seperti ini pernah, bahkan kerap kali terlintas di pikiran Yupiers sebagai orang tua. 


Tenang, tak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa cara yang bisa Yupiers lakukan sebagai orang tua untuk mengatasi anak yang malas belajar. 


Tapi sebelum mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya cari tahu dulu apa penyebabnya. Apabila penyebab anak kenapa tidak mau belajar, pasti solusi juga ada kok. Berikut Yumin rangkum untuk kamu. Yuk, simak di bawah ini: 


Penyebab Anak Malas Belajar 


  • Belum Menemukan Gaya Belajar yang Tepat

    Tidak dapat dipungkiri, cara belajar setiap anak berbeda-beda. Ada yang langsung mengerti dengan melihat gambar, mendengar, membaca dan sebagainya.

    Nah, rasa malas terkadang bisa muncul karena anak belajar dengan metode yang kurang sesuai dengan kemampuannya menyerap ilmu, Yupiers. 

  • Anak Kurang Tidur

    Dilansir dari Parenting for Brain, kurang tidur termasuk salah satu penyebab malas belajar pada anak.

    Saat anak Yupiers mengalami kurang tidur di malam hari, mereka bisa merasa letih ke esokan harinya, alhasil hasrat untuk belajar tidak terlalu besar.

  • Masalah Pribadi

    Jika anak Yupiers memiliki rasa malas, maka perlu ditelusuri apakah ada masalah tertentu yang mengakibatkan anak berperilaku demikian.

    Adanya masalah pribadi atau gangguan emosi yang berlebihan bisa menyebabkan suasana hati anak memburuk dan mengganggu performa akademiknya.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Malas Belajar?


Setelah mengetahui penyebab anak malas belajar, selanjutnya Yupiers sebagai orang tua dapat membantu anak agar keluar dari permasalahannya tersebut dan memotivasinya untuk semangat belajar. Berikut langkah-langkahnya: 


  • Terlibat dalam Proses Belajar

Sebagai orang tua, keterlibatan Yupiers dalam proses belajar anak adalah hal yang sangat penting.

Yupiers bisa menemani anak untuk mengerjakan PR, bertanya mengenai apa saja yang dipelajarinya di sekolah, hingga mengetahui gaya belajar yang efektif untuknya.

Tindakan tersebut tujuannya apa? Agar anak bisa lebih termotivasi lagi dalam belajar sehingga Yupiers sebagai orang tua bisa lebih mudah mengarahkannya


  • Cari Tahu Cita-Cita Anak

Sebagai orang tua, Yupiers dapat berdiskusi dengan anak mengenai apa yang ia ingin lakukan kedepannya. Dengan begitu, anak menjadi lebih termotivasi dan mengetahui apa yang harus dilakukan untuk meraih cita-citanya. 


  • Pupuk Kepercayaan akan Kemampuan Diri Sendiri

Cara lainnya untuk mengatasi anak malas belajar adalah dengan menumbuhkan rasa percaya dirinya, terlebih bagi anak yang baru saja masuk ke sekolah baru dan merasa lingkungan belajarnya masih asing.


Selain itu, ada baiknya Yupiers sebagai orang tua menghindari terlalu sering mengkritik anak. Kenapa demikian? Banyak penelitian yang menyebutkan, ketika Yupiers mengkritik hasil kerja anak itu bisa mengurangi rasa percaya diri mereka lho.

Nah Alih-alih mengkritik, sebaiknya pujilah anak saat mereka berhasil melakukan sesuatu ya agar dapat memiliki motivasi kembali. 


  • Berikan Hadiah

Tidak ada salahnya Yupiers bisa memberikan hadiah kepada si kecil ketika ia telah menyelesaikan langkah-langkah kecil. Seperti memberi tambahan waktu bermain saat ia berhasil menyelesaikan PR-nya tepat waktu. 


Itulah 5 penyebab anak malas belajar dan cara mengatasinya. Sebagai orang tua, Yupiers perlu selalu mendukung kegiatan mereka dan jangan lupa juga untuk memberikannya pendampingan dan bimbingan dengan kasih sayang. Semoga artikel ini bermanfaat ya! 


Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!




Referensi:

  1. https://www.ruangguru.com/blog/mengapa-siswa-malas-belajar-inilah-penyebab-beserta-solusinya
  2. https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/alfon/penyebab-dan-cara-mengatasi-anak-malas-belejar?page=al
  3. .https://www.sehatq.com/artikel/anak-malas-belajar-telusuri-akar-permasalahannya
  4. https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/anak-malas-belajar/

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .