× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Yupiers, Ayo Kenalkan Kembali Permainan Tradisional Indonesia pada Anak-Anak  

Yupiers masih ingatkah dengan permainan tradisional Indonesia yang sering dimainkan semasa kecil ? Tak kalah seru dari gawai elektronik, bukan? Sayangnya, permainan anak tradisional tersebut sekarang telah jarang ditemui.

Ketahuilah Yupiers, Seiring berkembangnya zaman dan pesatnya kemajuan di bidang teknologi, hampir semua kegiatan dapat dilakukan melalui gawai seperti ponsel pintar dan komputer tablet, tak terkecuali aktivitas bermain anak-anak.

Yupiers, Memberikan gawai terkadang membuat anak kehilangan minat pada permainan tradisional. Mereka cenderung sibuk dengan permainannya sendiri yang terdapat di dalam telepon genggam.Yuk kenalkan kembali buah hati dengan permainan anak tradisional di Indonesia di bawah ini. 16 Permainan tradisional Indonesia Seru dan Mendidik

Yupiers, sebetulnya ada begitu banyak permainan tradisional Indonesia yang dapat membantu mengasah kemampuan motorik, sensorik, serta kreativitas anak. Tentunya, beragam permainan ini tidak kalah seru dari permainan digital. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Bola bekel

Siapa yang tak kenal dengan permainan tradisional Indonesia bernama bola bekel? Yupiers tentu tahu, bukan? Bola bekel merupakan salah satu media bermain yang sangat populer pada zamannya, baik di kalangan anak perempuan hingga laki-laki.

Seperti yang Yupiers ketahui bola bekel terdiri dari bola karet berukuran kecil, sedang, atau besar dan biji-biji yang terbuat dari kuningan atau tembaga. Caranya bermainnya pun pasti pasti Yupiers tahu yakni pemain hanya perlu memantulkan bola bekel sebanyak satu kali lalu di saat bersamaan, ia harus bisa mengambil satu biji bekel sebelum bola menyentuh tanah.

2. Egrang

Masih ingatkah Yupiers, egrang adalah salah satu kebudayaan Indonesia yang wajib dilestarikan. Dan egrang merupakan tongkat bambu tinggi dimana seseorang akan berpijak dan berjalan menggunakan bambu tersebut.

Permainan anak tradisional ini menuntut keseimbangan tubuh. Apabila pemain terjatuh sebelum waktu yang telah ditentukan, maka ia dinyatakan gugur atau kalah.

3. Congklak

Congklak juga menjadi permainan tradisional yang tak boleh Yupiers lewatkan. Dan pastinya Yupiers sudah sangat hafal bahwa congklak ialah permainan anak tradisional yang berupa papan berlubang berisi biji-biji kerang. Permainan tradisional seperti congklak ini sangat mudah dimainkan, bahkan bisa Yupiers jadikan sebagai media untuk melatih kemampuan berhitung sang buah hati.

4. Kelereng

Pernahkah Yupirs mengoleksi berbagai macam kelereng?. Mengoleksi kelereng adalah salah satu hobi yang begitu digandrungi anak-anak pada masanya. Semakin lengkap jenis kelereng yang ia miliki, maka semakin keren sang anak di mata teman-temannya.

Untuk memainkan benda yang memiliki nama lain dengan sebutan gundu ini, sebagai pemain Yupiers harus menyentil kelereng lawan dengan menggunakan gundu yang Yupiers miliki. Apabila berhasil, maka Yupiers berhak mengambil kelereng tersebut.

5. Engklek

Yupiers pasti sudah tak asing lagi bukan dengan permainan anak tradisional bernama engklek? Yup, permainan dengan menggambar kotak-kotak di tanah ini sangat seru dimainkan bersama teman-teman. Caranya yaitu sebagai pemain, Yupiers harus melewati satu kotak ke kotak lainnya menggunakan satu kaki. Seru kan Yupiers !

6. Gasing (gangsing)

Pernahkah Yupiers mendengar permainan adu gasing? Untuk mengingatkan kembali, adu gasing adalah permainan tradisional Indonesia yang umumnya digemari oleh anak laki-laki. Cara bermainnya yakni sebagai pemain Yupiers hanya butuh memutarkan gasingnya lalu diadu dan pemenangnya adalah pemilik gasing yang berputarnya paling lama.

7. Petak umpet

Ada salah satu permainan yang pasti sudah tak asing lagi di telinga Yupiers. Karena di masa sekarang pun, anak anak masih sering kali memainkan permainan ini, yaitu petak umpet atau yang dikenal dengan sembunyi-sembunyian. Petak umpet termasuk jenis permainan yang tak lekang oleh waktu. Bahkan Yupiers bisa lakukan permainan petak umpet ini bersama keluarga di rumah, patut dicoba nih.

8. Kucing jongkok

Yupiers,Permainan anak tradisional selanjutnya ialah kucing jongkok. Permainan ini membutuhkan peserta dalam jumlah banyak dimana salah satunya akan menjadi kucing yang mengejar pemain lain.

9. Lompat tali (lompat karet)

Keahlian bermain lompat tali atau lompat karet adalah hal yang bisa dibanggakan oleh anak-anak perempuan di masanya. Lompat tali bisa dimainkan secara berkelompok maupun individu. Sebagai pemain Yupiers akan melompati tali dari tingkat terendah (sebatas lutut) hingga tingkat tertinggi (tali diangkat melebihi kepala).

10. Pletokan

Tahukah Yupiers, pletokan adalah permainan tradisional Indonesia berupa tembak-tembakan yang menggunakan kertas basah sebagai pelurunya. Pletokan umumnya dipakai untuk perang-perangan atau polisi-polisian karena suaranya yang menggelegar seperti petasan. Namun jangan khawatir ya Yupiers, karena peluru kertas tersebut tidak akan menyakiti tubuh Yupiers.

11. Layang-layang

Yupiers sudah tidak asing lagikan tentang Layang-layang?. Karena seperti yang Yupiers ketahui layang layang adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang tidak hanya populer di dalam negeri tetapi juga di kalangan mancanegara.

12. Ular naga panjang

Nah, pasti ada beberapa Yupiers yang tidak mengenal permainan tradisional ular naga panjang. Permainan tradisional ini bisa dijadikan alternatif lain untuk menghabiskan waktu Yupiers bersama keluarga di rumah. Selama bermain, Yupiers dan para peserta bermain, wajib menyanyikan lagu ular naga panjang.

Dan saat lagunya berhenti, apabila Yupiers yang terpilih menjadi penjaga terowongan, Yupiers wajib menangkap salah satu pemain atau anggota sang ular naga.

13. Gobak sodor

Tak mau ketinggalan, gobak sodor juga menjadi permainan anak tradisional yang sangat seru dimainkan Yupiers atau anak anak bersama teman-temannya di sekolah ataupun dirumah. Caranya yaitu Yupiers harus membagi peserta permainan menjadi dua kelompok. Salah satu kelompok berperan sebagai penjaga benteng, sementara kelompok yang lain menjadi penyusup. Untuk memenangkan permainan ini, penyusup harus bisa lolos dari jeratan penjaga yang terakhir.

14. Bentengan

Yupier pernahkah kamu mendegar permainan Bentengan?. Bentengan adalah permainan tradisional Indonesia yang biasa dimainkan di sekolah ketika jam olahraga. Dengan bermain bentengan, secara tidak langsung Yupiers dapat mengajarkan kepada anak anak mengenai kerjasama dalam kelompok. Wah, seru ya.

15. Balapan ban bekas

Tahukah Yupiers, siapa sangka jika barang-barang tak terpakai seperti ban bekas juga bisa dimanfaatkan sebagai alat permainan? Yupiers bisa mengajak anak anak bermain Balapan ban bekas yang menjadi salah satu permainan paling meriah.

Permainan ini sangatlah cocok yupiers mainkan pada acara acara tertentu yang melibatkan banyak penonton dan supporter, terutama saat merayakan acara hari kemerdekaan atau yang sering disebut acara 17 Agustus-an.

16. Patok lele

Untuk memainkan patok lele, sebagai pemain Yupiers harus meletakkan satu potong bilah bambu di antara dua batu. Setelah itu,Yupiers menggunakan bilah bambu yang berukuran lebih kecil untuk memukul bambu yang besar. Pemain yang bisa menjatuhkan bambu besar, maka ia lah pemenangnya.

Untuk menemani Yupiers dalam mengajak anak anak bermain permainan tradisonal ini, sebelum bermain Yupiers bisa membagikan Permen Yupi dulu kepada para peserta bermain. Karena Permen Yupi yang memiliki banyak warna, kenyal, dan bentuknya yang berbagai macam juga, akan membuat Yupiers menjadi lebih ceria dan Yupiness didalam bermain

Dan… seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin happy, harapannya semoga Yupiers semua selalu bersemangat dan Yupiness, juga lebih memilih kegiatan dengan mengasah bakat yang bisa Yupiers tuangkan didalam bermain bersama anak anak. Karena dengan bermain anak anak pasti akan bersemangat memenangkan sebuah permainan dan berkompetisi. Hal ini sangat bisa membantu Yupiers dalam mengajarkan anak anak untuk bersemangat serta berani menunjukkan bakatnya dan memenangkan sebuah kompetisi.

Jadi tunggu apa lagi Yupiers, ayo tunjukkan bakat kalian di Yupi’s Got Talent 2022. Karena ini saatnya kamu menjadi bintangnya Yupi !

Ayo, pantengin terus info secara detail mengenai schedule acara, bagaimana step registrasi dan lain – lain di website Yupi www.yupiland.com/yg

Sumber: https://www.ruangmom.com/permainan-tradisional.html

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .