× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Yupiers Terkendala Susah Tidur? Ini Hal yang Perlu Dilakukan!

Tidur merupakan kegiatan penting untuk menjaga kestabilan tubuh. Siapa sangka, kurang tidur dapat memicu timbulnya berbagai penyakit lho Yupiers.

Tak hanya itu, susah tidur juga dipastikan waktu kamu akan banyak terbuang dan produktivitas sehari-hari pun akan juga dapat terganggu. Nah jika kamu saat ini mengalami kesusahan tidur, maka perlu segera mencari solusinya sesegera mungkin. 


Hal yang perlu kamu ingat adalah, jangan sesekali kamu mengonsumsi obat-obatan tanpa saran dokter. Kenapa demikian? Hal tersebut lantaran dapat menyebabkan ketergantungan terhadap obat tertentu. 

Berikut Yumin akan memberikan tips untuk mengatasi tidur secara alami tanpa obat. Yuk simak Yupiers:  


  1. Hindari Pemakaian Gadget Saat Mau Tidur 


Sebuah penelitian mengungkapkan, penggunaan gadget berlebihan sebelum tidur dapat membuat mata kamu tetap terjaga dan membuat kantuk hilang. Hal ini karena cahaya dari gadget dapat menghambat produksi melatonin, yaitu hormon yang mengatur waktu tidur.

Tindakan yang perlu Yupiers lakukan adalah dengan membatasi penggunaan gadget sebelum tidur ya. Coba atur menggunakan gadget maksimal 1 jam sebelum tidur demi tidurmu semakin nyenyak dan berkualitas.

  1. Mulai Rutin Berolahraga 

Siapa sangka, rutin berolahraga ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur lho. Pilih beberapa jenis olahraga, seperti joging, jalan santai, sampai renang.

Kamu juga dapat melakukan olahraga di malam hari. Namun pastikan berikan jarak maksimal 2 jam antara kamu berolahraga dan tidur malam. 


  1. Batasi Konsumsi Kafein

    Hindari makanan dan minuman yang berkafein tinggi, seperti coklat, kopi sampai teh. Kafein biasanya dapat membuat kamu terjaga sepanjang malam. Jadi solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan mengurangi konsumsi kafein.

    Kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi kafein setelah pukul dua siang ya.  Sebagai penggantinya, Yupiers bisa mengonsumsi susu hangat ya. 

  1. Buat Suasana Kamar Jadi Nyaman

Apabila kamar terlalu bising, terang, panas atau dingin tentu dapat membuat kamu menjadi susah tidur. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengubah suasana kamar tidur.

Hal yang perlu Yupiers ketahui yaitu saat menjelang tidur, kamu jangan terlalu menyalakan penerangan kamar berlebihan ya. Coba ubah suasana kamar tidur menjadi lebih gelap, sejak dan tenang.

Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Tentu Yupiers dapat mengatasi masalah tersebut dengan mencoba beberapa tips yang Yumin kasih di atas ya.

Intinya coba lakukan cara mengatasi tidur secara alami dengan rutin tanpa perlu menggunakan obat-obatan, dan rasakan perubahan untuk kesehatanmu menjadi lebih baik.

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .