menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

8 Macam-Macam Gaya Belajar dan Ciri-Cirinya, Kamu yang Mana?

Tahukan Yupiers bahwa setiap orang memiliki gaya belajarnya masing-masing? Pengertian gaya belajar adalah kemampuan seseorang dalam menerima, mengolah, menyimpan dan menerapkan apa yang telah dipelajari dengan lebih baik serta mudah. Dengan mengetahui gaya belajar yang tepat, seseorang akan lebih mudah untuk mendapatkan prestasi yang baik. Gaya belajar ini ada beragam jenisnya. Macam-macam gaya belajar ini tentunya tidak akan sama persis antara satu orang dengan orang yang lainnya.

Memahami macam-macam gaya belajar dan ciri-cirinya pada siswa sangat penting agar dapat meningkatkan prestasi, kecerdasan dan kemauan dalam belajar. 

Selain itu juga bagi para orang tua, menemukan gaya belajar yang tepat untuk anak-anak juga dapat membantu dalam menemukan pola asuh yang tepat dan cara mendidik yang tepat untuk anak-anak.

Lalu apa sajakah macam-macam gaya belajar tersebut dan manakah yang cocok untuk Yupiers? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, simak informasi berikut dari Yupi kali ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Gaya Belajar?

Sebelum mengetahui macam-macam gaya belajar, ada baiknya Yupiers mengetahui dengan lebih detail tentang apa yang dimaksud dengan gaya belajar.

Gaya belajar adalah kunci untuk mengembangkan kemampuan belajar pada diri seseorang. Gaya belajar juga adalah cara seseorang dalam menerima sebuah pembelajaran dengan tingkat penerimaan yang optimal.

Seperti yang telah disebutkan di awal, gaya belajar seseorang pasti tidak sama persis antara satu dengan yang lainnya, hal tersebut karena gaya belajar seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor.

Beberapa faktor yang mempengaruhi gaya belajar adalah sebagai berikut:

  1. Faktor fisik.
  2. Faktor emosional.
  3. Faktor sosiologis.
  4. Faktor lingkungan.

Sebagai contoh dari faktor lingkungan, ada orang yang lebih nyaman belajar di tempat terang, namun ada juga yang lebih nyaman belajar di tempat yang kurang terang. 

Contoh lainnya juga bisa dari faktor emosional dimana ada orang yang lebih tenang dan belajar dengan mendengarkan lagu, namun ada juga orang yang lebih tenang dan belajar dengan tidak mendengarkan lagu atau dalam keadaan sunyi.

Dari beberapa faktor tersebut, nantinya akan ada berbagai macam-macam gaya belajar yang dapat Yupiers pilih dan sesuai dengan Yupiers, dimana nantinya juga dengan gaya belajar yang tepat, Yupiers akan lebih mudah dalam belajar serta meningkatkan prestasi Yupiers.

8 Macam-Macam Gaya Belajar Pada Anak dan Cirinya

Apa saja macam-macam dari gaya belajar? Inilah macam-macam gaya belajar dan penjelasannya pada anak beserta ciri-cirinya yang perlu Yupiers ketahui untuk menentukan mana yang paling tepat untuk Yupiers :

1. Gaya Belajar Visual atau Spasial

Dari macam-macam gaya belajar, gaya belajar pertama yang akan dibahas oleh Yupi adalah gaya belajar visual atau spasial.

Seseorang yang memiliki gaya belajar visual atau spasial adalah orang yang lebih mudah untuk memahami suatu hal melalui sebuah gambar, simbol, atau tanda-tanda lainnya yang dapat dilihat oleh mata.

Seseorang yang memiliki gaya belajar visual atau spasial ini cenderung memiliki pengamatan yang teliti terhadap suatu hal dan dapat mencatat dengan detail. Orang dengan gaya belajar ini juga lebih mudah mengingat sesuatu yang memiliki bentuk dan warna.

2. Gaya Belajar Auditori

Gaya belajar yang kedua adalah gaya belajar auditori. Berbeda dengan seseorang yang memiliki gaya belajar visual atau spasial, gaya belajar auditori cocok untuk Yupiers yang lebih mudah mengingat sesuatu melalui pendengaran atau apa yang ditangkap melalui telinga.

Seseorang yang memiliki gaya belajar seperti ini sangat cocok untuk belajar di tempat tempat yang sunyi, sepi dan tidak berisik untuk menjaga konsentrasinya. Gaya belajar auditori ini juga cocok untuk Yupiers yang suka belajar melalui diskusi, cerita, musik, atau bentuk lainnya yang lebih mudah untuk didengarkan telinga.

Ciri lainnya dari orang yang memiliki gaya belajar auditori ini adalah biasanya akan membacakan apa yang dibaca dengan tujuan agar suaranya bisa didengar oleh telinganya.

3. Gaya Belajar Kinestetik

Gaya belajar yang selanjutnya adalah gaya belajar kinestetik. Seseorang yang cocok dengan gaya belajar kinestetik lebih cenderung belajar melalui gerak tubuh. 

Karena hal tersebut, seseorang dengan gaya belajar kinestetik sangat cocok untuk mempelajari pelajaran yang mengharuskan tubuh untuk bergerak seperti kesenian, permainan, olahraga atau hal lainnya yang mengharuskan tubuh untuk bergerak.

4. Gaya Belajar Linguistik atau Verbal

Gaya belajar yang berikutnya yang mungkin cocok untuk Yupiers adalah gaya belajar linguistik atau gaya belajar verbal. Jika gaya belajar visual atau spasial adalah gaya belajar yang mengutamakan indra penglihatan untuk belajar, gaya belajar linguistik atau gaya belajar verbal ini juga menggunakan mengutamakan indra penglihatan untuk belajar.

Perbedaanya adalah, gaya belajar linguistik atau verbal adalah gaya belajar yang lebih mengutamakan membaca dan juga berbicara. Hal tersebut berarti orang dengan gaya belajar ini akan lebih nyaman untuk membaca atau berbicara dalam proses belajarnya.

Gaya belajar seperti ini, cocok untuk Yupiers yang menyukai puisi, pantun, atau permainan kata lainnya.

5. Gaya Belajar Logical atau Mathematical

Gaya belajar yang selanjutnya adalah gaya belajar logical atau mathematical. Gaya belajar ini cocok untuk Yupiers yang memiliki kemampuan untuk mengaitkan suatu informasi dengan informasi lainnya dengan alasan yang logis.

Seseorang yang memiliki gaya belajar seperti ini akan memiliki pola pikir yang terstruktur, memiliki problem solving yang baik dan tidak terlalu memerlukan hafalan untuk memahami suatu hal.

6. Gaya Belajar Sosial atau Interpersonal

Bagi Yupiers yang gemar belajar dengan cara berkelompok atau dengan cara berinteraksi, maka cara belajar sosial atau interpersonal adalah gaya belajar yang cocok untuk Yupiers. Seseorang dengan gaya belajar ini juga umumnya memiliki kemampuan verbal dan non verbal yang baik.

Ciri lainnya dari seseorang yang cocok dengan gaya belajar ini adalah dapat mendengarkan dengan baik dan memberikan nasihat kepada orang lain, serta mampu berbagai ide dengan orang-orang disekitarnya.

7. Gaya Belajar Intrapersonal

Gaya belajar yang selanjutnya adalah gaya belajar intrapersonal. Gaya belajar ini cocok untuk Yupiers yang lebih suka belajar secara privat atau tertutup. Orang dengan gaya belajar ini biasanya adalah orang yang mandiri dan tekun dalam menuntut ilmu.

Dengan belajar privat atau tertutup, akan memudahkan orang dengan gaya belajar untuk fokus dan berkonsentrasi dengan apa yang sedang dipelajari.

8. Gaya Belajar Reflektif

Gaya belajar yang terakhir adalah gaya belajar reflektif. Gaya belajar ini akan memungkin seseorang untuk memiliki kemampuan lebih dalam berpikir sebelum bertindak. Hal ini juga termasuk dalam berpikir untuk memberikan respon terhadap suatu hal sebelum memberikan pendapat atau tindakan.

Orang dengan gaya belajar ini akan lebih mampu menetapkan tujuan, berkonsentrasi pada suatu hal, namun orang dengan gaya belajar ini juga memiliki standar yang tinggi terhadap prestasi.

Manfaat Mengetahui Gaya Belajar yang Cocok

Dengan mengetahui macam macam gaya belajar yang telah disebutkan Yupi sebelumnya, berikut ini adalah beberapa rangkuman manfaat mengetahui gaya belajar yang cocok untuk Yupiers.

  1. Dapat memaksimalkan potensi.
  2. Lebih mudah dalam memahami materi.
  3. Belajar menjadi lebih efektif.
  4. Proses belajar menjadi lebih menyenangkan.
  5. Hasil belajar akan lebih maksimal.
  6. Mengatasi keterbatasan dalam belajar.
  7. Mengurangi stres dalam proses belajar.
  8. Dapat mengembangkan strategi belajar dengan lebih baik.

Itulah beberapa informasi tentang pengertian, macam-macam gaya belajar dan apa saja manfaat mengetahui gaya belajar yang cocok dari Yupi kali ini. Belajar merupakan proses yang mungkin bagi sebagian orang terasa berat.

Karena hal tersebut perlu ketekunan dan semangat untuk menjalaninya. Agar proses belajar Yupiers semakin semangat, jangan lupa juga untuk menikmati berbagai permen Yupi selama Yupiers belajar.

Semoga informasi dari Yupi tentang macam-macam gaya belajar dari Yupi kali ini dapat bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile