cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Cara Agar Anak Menjadi Pintar dan Jenius Dengan Mudah

Anak yang cerdas dan pintar tentunya merupakan dambaan banyak orang tua. Namun tidak sedikit orang tua yang belum mengetahui apa saja yang perlu dilakukan agar anak menjadi pintar. Kali ini akan memberikan beberapa tips cara agar pintar yang bisa Yupiers terapkan pada anak-anak.

Sebelum mengetahui beberapa tips cara agar pintar yang bisa Yupiers terapkan pada anak-anak, ada baiknya Yupiers terlebih dahulu mengetahui lebih lanjut apa yang dimaksud dengan pintar.

Pintar adalah suatu kata yang cukup sederhana namun cukup sulit untuk diwujudkan. Perlu cukup banyak tenaga, waktu dan ketekunan dalam mewujudkannya. Kepintaran seorang anak biasanya terbentuk karena dua hal, yaitu faktor genetik dan lingkungan.

Faktor genetik adalah kepintaran anak yang dipengaruhi oleh keturunan dari orang tuanya. Sementara faktor lingkungan adalah kepintaran anak yang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pola asuh, asupan gizi, sampai pendidikan yang mereka peroleh.

Setelah mengetahui definisi singkat mengenai kepintaran tersebut, berikut ini adalah beberapa informasi lengkap dari Yupi yang perlu Yupiers ketahui. Mulai dari bagaimana cara menjadi anak pintar, ciri-ciri anak yang pandai, makanan yang bisa membuat anak cerdas, dan beberapa informasi lengkapnya, simak informasi berikut ini.

Bagaimana Cara Agar Anak Menjadi Pintar dan Jenius?

Berikut ini adalah beberapa cara agar pintar yang akan mendukung tumbuh kembang anak-anak dan bisa Yupiers terapkan pada mereka.

1. Membaca Sejak Dini

Apakah membaca bisa membuat pintar? Ya, tentu saja! Cara agar pintar yang pertama dan bisa diterapkan pada anak-anak adalah mengajak anak untuk membaca sejak dini. Misalnya dengan membaca dongeng yupiness kesukaan anak.

Selain itu, Yupiers juga dapat mengajak anak membaca sejak dini pada jam-jam tertentu seperti pada malam hari saat akan tidur atau pada saat siang hari sambil mengajak mereka bermain.

Mengajak anak membaca sejak dini akan membantu meningkatkan kecerdasan mereka mulai dari kemampuan verbal, kemampuan mendengar, meningkatkan kepercayaan diri mereka, menambah jumlah kosakata yang mereka ketahui, sampai dengan meningkat tingkat daya imajinasi mereka.

Baca Juga : 
10 Cara Efektif Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja

2. Menggunakan Gaya Belajar yang Tepat

Cara menjadi pintar dan jenius adalah dengan menggunakan gaya belajar yang tepat. Secara umum ada 3 gaya belajar yang harus Yupiers ketahui, yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Anak yang memiliki gaya belajar visual adalah anak yang mengandalkan penglihatan dalam proses belajarnya. Anak yang memiliki gaya belajar auditori akan mengandalkan indra pendengaran dalam proses belajarnya.

Sementara untuk anak yang memiliki gaya belajar kinestetik adalah anak yang mengandalkan gerakan saat belajar seperti tangan, kaki dan anggota tubuh lainnya. Dengan mengetahui gaya belajar yang tepat, maka Yupiers dapat menentukan cara agar pintar yang tepat bagi anak-anak 

3. Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Selain kecerdasan intelektual dan kecerdasan kinestetik seorang anak yang cerdas juga harus memiliki kecerdasan emosional yang baik. Kecerdasan emosional sangat penting bagi masa depan anak-anak, baik saat mereka memasuki usia sekolah atau saat sudah dewasa dan bekerja.

Yupiers harus mampu membantu mereka meningkatkan kecerdasan emosional mereka. Contohnya adalah jika mereka secara tidak sengaja bertabrakan dengan anak lainnya saat sedang bermain, maka Yupiers harus membantu mereka agar memahami situasi yang terjadi dan tidak memiliki rasa kesal yang berlebihan terhadap anak yang lainnya. 

4. Mempelajari Banyak Hal

Cara agar pintar yang dapat Yupiers berikan bagi anak-anak yang selanjutnya adalah dengan mengajak mereka untuk mempelajari banyak hal, seperti bahasa asing, seni, dan masih banyak hal lainnya. Seperti contohnya bahasa asing, dimana sebuah penelitian menunjukkan bahwa seorang anak yang mampu berbahasa asing, memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dari pada anak-anak lain seusianya.

Selain bahasa asing, seni juga dapat membuat anak menjadi pintar. Yupiers Dapat mengajarkan beberapa aktivitas seni seperti melukis, menggambar atau bermain alat musik yang dapat meningkatkan kecerdasan, daya ingat dan rasa percaya diri anak-anak. 

5. Menghargai Proses

Cara merangsang otak anak supaya pintar yang terakhir dan sangat penting adalah menghargai proses belajar anak. Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang merasa dihargai oleh orang tuanya akan memiliki semangat belajar yang lebih tinggi dan mampu memperoleh nilai akademik yang lebih baik.

Selain itu juga dengan lebih menghargai proses belajar yang dilalui oleh anak-anak, mereka akan lebih mengerti bahwa untuk mendapatkan hasil yang lebih baik mereka harus terus berusaha dan tidak mudah untuk menyerah. 

Ciri-ciri yang Dimiliki Anak Pandai
bermain balok geometri

Setelah mengetahui beberapa cara agar pintar bagi anak-anak, selanjutnya Yupi akan memberikan informasi kepada Yupiers beberapa ciri-ciri yang dimiliki anak pandai. Hal ini bisa menjadi acuan bagi Yupiers untuk membuat anak menjadi pandai.

1. Dapat Berpikir Cepat dan Tepat

Ciri-ciri anak pandai yang pertama adalah anak tersebut dapat berpikir dengan cepat dan tepat daripada anak seusianya. Yupiers dapat melihat ciri-ciri ini dengan melihat juga apakah anak tersebut mudah untuk memahami sesuatu dan dapat merespon dengan cepat atau tidak.

Jika anak tersebut memiliki ciri yang pertama yang menunjukan bahwa dia adalah anak yang pandai, maka Yupiers dapat terus mengasah dan meningkatkan kemampuannya dengan memberikan banyak buku dan informasi yang dapat meningkatkan kemampuannya.

2. Memiliki Jiwa yang Kreatif

Ciri-ciri anak pandai yang kedua adalah anak tersebut memiliki jiwa yang kreatif. Beberapa tanda yang menunjukan bahwa anak memiliki jiwa yang kreatif adalah anak tersebut senang menggambar atau membuat kerajinan tangan tanpa diminta, suka menyusun lego, dan memiliki ide-ide yang menarik.

Jika anak tersebut memiliki ciri ini, maka Yupiers dapat mendukungnya dengan cara membiarkan anak untuk berpikir dengan bebas. Contohnya adalah ketika anak tersebut menghadapi masalah, biarkan dia untuk menemukan solusinya sendiri, namun tetap awasi anak tersebut.

3. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ciri-ciri orang yang pandai adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan selalu ingin mengetahui jawaban dari apa yang ingin mereka ketahui. 

Jika seorang anak banyak bertanya, maka itu bukanlah pertanda bahwa anak tersebut lambat dalam mempelajari suatu hal. Namun justru hal tersebut menunjukan bahwa anak tersebut memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. 

4. Memiliki Selera Humor

Ciri anak yang dimiliki anak pandai berikutnya ternyata adalah anak tersebut memiliki selera humor. Seorang anak yang memiliki selera humor, dapat bercanda, menempatkan diri pada lingkungan dan mudah bergaul merupakan tanda bahwa anak tersebut memiliki kepandaian tersendiri.

Sebagai orang tua yang baik, Yupiers dapat mengarahkan kepandaian anak pada hal yang satu ini seperti dengan bercanda dan mengetahui bagaimana selera humor anak tersebut. Seorang anak yang memiliki selera humor juga merupakan pertanda anak tersebut tumbuh dengan baik dan sedang dalam kondisi yang baik.

5. Memiliki Konsentrasi yang Baik

Ciri anak yang dimiliki anak pandai yang terakhir adalah anak tersebut memiliki kemampuan konsentrasi. Konsentrasi merupakan hal yang cukup penting dalam perkembangan seorang anak, karena sekalipun anak tersebut cukup cerdas, dapat dengan mudah menerima hal baru, namun akan sangat disayangkan jika anak tersebut kurang baik dalam berkonsentrasi.

Seorang anak yang memiliki konsentrasi yang baik dapat Yupiers lihat dalam kehidupan sehari-hari mereka, mulai dari kegiatan dalam belajar, atau beberapa kegiatan lainnya.

Baca Juga : 12 Permainan Anak yang Mendidik, Seru dan Manfaatnya

Cara Merangsang Otak Anak Supaya Pintar

Cara agar pintar yang dapat diterapkan bagi anak-anak tentunya adalah dengan merangsang otak anak. Untuk melakukan hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat Yupiers lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara tersebut.

1. Mengajarkan Memecahkan Masalah

Cara agar pintar bagi anak-anak dengan merangsang otaknya yang pertama adalah dengan mengajarkan mereka cara untuk memecahkan masalah. Ketika anak mendapatkan suatu masalah, Yupiers dapat mendorong mereka untuk memecahkan masalah mereka sendiri tanpa bantuan Yupiers. Cara ini akan membantu anak-anak agar dapat berkreativitas dan meningkatkan kemampuan otak mereka.

2. Berlatih Komunikasi

Cara yang berikutnya adalah mengajak anak untuk berlatih berkomunikasi. Yupiers dapat melakukan hal ini secara rutin bahkan ketika anak-anak masih berusia sangat dini. Hal ini akan membuat anak memiliki pengetahuan sejak dini, bahkan sebelum dia mengerti apa yang dia ucapkan.

3. Membentuk Kebiasaan Belajar yang Baik

Belajar merupakan salah satu kegiatan yang tentunya dapat merangsang pertumbuhan otak anak-anak. Karena hal tersebut, Yupiers dapat membentuk kebiasaan belajar yang baik bagi mereka, seperti jam belajar dan juga jam istirahat. Yupiers juga dapat berdiskusi dengan mereka agar membuat jadwal sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan paling efektif

4. Mendukung Minat dan Bakat Anak

Setiap orang pasti memiliki minat dan bakat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, termasuk anak-anak. Karena hal tersebut, maka cara agar pintar bagi seorang anak tentunya akan berbeda dengan anak yang lainnya. Yupiers harus bisa melihat dengan baik apa yang menjadi minat dan bakat seorang anak serta mendukung hal tersebut agar mereka menjadi anak yang cerdas.

Baca Juga : 10 Game Edukasi Anak Lengkap dan Free Download

Cara Agar Anak Cepat Menangkap Pelajaran
mengajarkan-anak-dua-bahasa

Informasi selanjutnya yang akan Yupi informasikan adalah cara agar anak cepat menangkap pelajaran. Pelajaran merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan dan masa depan anak-anak. Bagaimana cara agar anak cepat menangkap pelajaran berikut adalah informasinya. 

1. Mengajak Anak Bercerita 

Cara menjadi pintar di sekolah dengan cepat adalah mengajak anak untuk bercerita mengenai berbagai hal, mulai dari lingkungan sekolah sampai dengan apa saja yang mereka telah lakukan. Dengan melakukan hal ini sebuah ide yang ada dalam otak anak-anak akan mulai terlatih untuk tersampaikan dengan lebih sederhana.

Selain itu juga cara yang satu ini akan dapat meningkatkan beberapa hal seperti kemampuan daya berpikir anak, kemampuan anak dalam berkomunikasi, sampai tingkat kepercayaan diri bagi anak-anak. 

2. Mengajak Bermain

Selain sebagai aktivitas yang menyenangkan, bermain ternyata merupakan salah satu cara otak bisa berpikir cepat. Hal ini juga telah dibuktikan oleh berbagai macam riset yang mengatakan kalau bermain adalah satu cara yang paling efektif .

Mengajak anak bermain untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menangkap pelajaran disebut juga dengan experiential learning, karena anak-anak akan belajar melalui pengalaman mereka untuk mengatasi berbagai macam tantangan yang diberikan. Hal yang paling penting dalam cara yang satu ini adalah menyesuaikan jenis permainan dengan usia anak tersebut.

3. Melakukan Karyawisata

Selain mengajak bermain, untuk aktivitas di luar rumah Yupiers dapat melakukan karyawisata dengan anak-anak. Aktivitas ini juga termasuk dalam experiential learning yang cukup disukai oleh anak-anak.

Aktivitas ini akan membuat anak bahagia dan juga mempelajari banyak hal baru. Yupiers dapat menyesuaikan dengan apa yang perlu mereka ketahui. Seperti contohnya apabila mereka perlu mengetahui lebih banyak tentang fauna, maka Yupiers dapat mengajak mereka ke kebun binatang. 

4. Mendampingi Saat Belajar

Cara agar anak pontar tanpa belajar dan cepat menangkap pelajaran selanjutnya adalah dengan mendampingi mereka saat belajar. Saat belajar seringkali anak-anak akan merasa bosan dengan apa yang mereka pelajari. Bisa jadi apa yang mereka pelajari bagi mereka terlalu mudah atau terlalu sulit.

Karena hal tersebut sangat penting bagi Yupiers untuk mendampingi mereka saat belajar. Namun hal yang perlu Yupiers ingat adalah untuk tidak membantu secara keseluruhan dalam proses belajar mereka.

5. Membantu Menemukan Hal Seru dalam Belajar

Cara yang terakhir adalah Yupiers dapat membantu anak-anak untuk menemukan hal seru dalam belajar. Misalnya dengan membuat game mudah dan seru.

Setiap anak pasti memiliki minat yang berbeda-beda, karena hal tersebut seringkali jika ada pelajaran yang tidak mereka sukai, maka mereka tidak akan ingin belajar.

Disinilah peran Yupiers agar anak-anak menemukan hal seru dalam proses belajar mereka dan tetap ingin belajar. Yupiers dapat mengaitkan hal-hal yang mereka sukai dengan apa yang sedang mereka pelajari. Cara ini akan membuat mereka tidak merasa cepat bosan saat sedang belajar.

Makanan yang Bisa Membuat Anak Cerdas
makanan sehat untuk anak pintar

Selain sebagai salah satu kebutuhan pokok, makanan juga dapat membuat seorang anak menjadi pintar. Memberikan makanan terbaik, merupakan cara agar pintar yang bisa diterapkan oleh para orang tua pada kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membuat anak cerdas.

1. Susu

Jika berbicara tentang asupan nutrisi yang paling utama bagi seorang anak tersebut menjadi anak yang pintar, tentunya hal yang paling pertama adalah susu. Susu, baik itu susu formula atau ASI, merupakan asupan nutrisi yang harus Yupiers penuhi karena dapat membantu untuk perkembangan jaringan otak, enzim, neurotransmitter, dan yang lainnya.

Susu memiliki banyak sekali nutrisi yang penting bagi anak-anak, seperti protein, kalsium, kalium, vitamin B, vitamin D, dan masih banyak lagi nutrisi lainnya. Yupiers juga dapat membuat varian dari susu lainnya yang bermanfaat seperti keju atau yogurt.

2. Telur

Selain susu, untuk memenuhi asupan protein bagi anak-anak, Yupiers juga bisa memberikan telur kepada anak-anak. Telur ini juga dapat Yupiers oleh menjadi berbagai makanan yang enak, sehat dan menarik bagi anak-anak.

Dalam kuning telur terdapat kandungan kolin yang dapat membantu perkembangan otak anak-anak seperti meningkatkan kemampuan daya ingat seseorang. Namun untuk makanan yang satu ini sebaiknya Yupiers jangan terlalu banyak memberikannya kepada anak-anak karena makanan ini mengandung kolesterol jika dikonsumsi berlebihan.

3. Daging

Daging juga merupakan salah satu makanan yang dapat membuat anak menjadi cerdas. Yupiers dapat memilih dari beberapa cairan daging seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Hal yang perlu Yupiers perhatikan adalah agar makan tersebut bebas dari lemak yang berlebihan.

Daging memiliki beragam manfaat bagi anak. Seperti contohnya daging sapi, zat besi dan zinc. Contoh lainnya adalah daging ikan seperti daging ikan salmon DHA dan EPA. Beberapa makanan tersebut membantu meningkatkan daya ingat anak-anak dan meningkatkan kecerdasan anak-anak.

4. Sayur-Sayuran

Sudah bukan lagi menjadi rahasia umum bahwa sayuran merupakan makanan yang sangat penting bagi semua orang terutama anak-anak. Sayur-sayuran memiliki beragam manfaat bagi anak-anak seperti salah satunya adalah antioksidan yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh anak-anak.

Namun untuk makanan yang satu ini, seringkali anak-anak enggan untuk memakannya. Untuk hal ini, Yupiers dapat mencoba beberapa hal seperti menyamarkan sayuran tersebut dalam makanan anak-anak, mencampur sayuran ke dalam makanan lainnya agar tidak terlihat, atau bisa juga dengan membuat sayuran dengan bentuk yang menarik bagi anak-anak.

5. Buah

Buah-buahan juga merupakan salah satu makanan yang bisa membuat anak menjadi cerdas. Buah-buahan seperti strawberry, jeruk, dan alpukat memiliki manfaatnya masing-masing. Yupiers dapat mengkreasikan buah yang mereka sukai dengan yupi. Misalnya dengan membuat banana split dengan permen yupi gummy.

Strawberry memiliki manfaat untuk meningkatkan daya ingat anak-anak. Jeruk memiliki antioksidan dan Vitamin C yang tinggi. Dan alpukat memiliki kandungan lemak baik yang dapat menambah energi bagi anak-anak dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari. 

6. Makanan Ringan yang Tepat

Makanan terakhir yang dapat membuat anak cerdas yang terakhir adalah makanan ringan yang tepat. Makanan ringan yang tepat memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan anak-anak. Selain itu juga makanan ringan yang tepat tentunya memiliki rasa yang mereka sukai dan bahkan bentuk yang menarik.

Rekomendasi terbaik untuk makanan ringan yang tepat adalah beberapa produk dari Yupi seperti Yupi Bolicious Lychee dan Yupi Bolicious Strawberry yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dengan bentuk yang menarik. Ada juga produk dari Yupi yang memiliki kandungan vitamin yang tinggi dengan bentuk yang menarik seperti Yupi Big Burger, Yupi Noodles, Yupi Pizza dan masih banyak lagi produk Yupi lainnya.