menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Manfaat Buah Leci Untuk Tubuh, Kaya Akan Nutrisi dan Vitamin!

Buah merupakan salah satu asupan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Dari beberapa jenis buah, buah Leci adalah salah satu buah yang juga memiliki berbagai macam manfaat dan mudah untuk didapatkan.

Buah Leci adalah buah yang memiliki kulit tipis berwarna merah muda dengan daging yang berwarna putih atau transparan serta memiliki rasa manis. Pohon buah Leci sendiri adalah pohon yang biasanya tumbuh di wilayah tropis atau subtropis Asia.

Buah leci yang enak dan kaya akan manfaat bagi tubuh manusia ini akan sangat menarik untuk kita bahas manfaatnya. Apa sajakah manfaat buah leci? simak informasi selengkapnya berikut ini.

Ketahui Kandungan Nutrisi dan Gizi pada Buah Leci

Sebelum mengetahui beberapa manfaat buah leci, ada baiknya Yupiers mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi dan gizi yang ada pada buah leci. Secara umum buah Leci memiliki kandungan jumlah vitamin C sebesar 71,5 mg, yang mana berarti dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Yupiers.

Adapun beberapa kandungan yang ada dalam 100 gram buah biji yaitu sebagai berikut:

  1. 82 persen air.
  2. 66 kalori.
  3. 0,8 protein.
  4. 16.5 gram karbohidrat.
  5. 1,3 gram serat.
  6. 0,4 gram lemak.

Selain beberapa kandungan tersebut, buah leci juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa vitamin dan mineral tersebut adalah seperti mulai dari potasium, tembaga, kandungan antioksidan, polifenol, epicatechin, dan flavonoid. 

Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Ketahui!
manfaat buah leci

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dan gizi pada buah leci, berikut ini adalah beberapa manfaat buah leci yang baik untuk kesehatan tubuh Yupiers.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah leci yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut dapat terjadi karena kandungan vitamin C yang ada dalam buah leci memiliki peran yang penting untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit Yupiers 

Berdasarkan penelitian yang ada dalam jurnal Nutrients, jika seseorang kekurangan vitamin C, maka akan timbul berbagai masalah kulit seperti tanda-tanda penuaan dini akibat paparan dari sinar UV.

Selain itu juga vitamin C dalam buah leci dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit Yupiers dari kerusakan radikal bebas dan juga menjaga elastisitas kulit 

2. Menjaga tekanan Darah

Manfaat buah leci yang kedua adalah dapat menjaga tekanan darah dengan mempertahankan tingkat tekanan darah agar tetap berada pada level yang normal. Hal ini bisa terjadi karena buah leci memiliki kalium yang memang dikenal efektif dalam melawan hipertensi.

Karena hal tersebut bagi Yupiers yang memiliki masalah tekanan darah seperti hipertensi, maka Yupiers dapat memasukkan buah leci sebagai menu harian Yupiers. Beberapa olahan buah leci adalah seperti menjadi minuman yang segar dengan bahan utama buah leci, atau beberapa makanan dari buah leci lainnya.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat buah leci yang sangat penting untuk aktivitas sehari-hari Yupiers adalah dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Jika Yupiers memiliki masalah kesehatan pencernaan, tentunya tidak akan terbayang bagaimana beberapa aktivitas Yupiers akan terganggu.

Buah leci memiliki kandungan serat yang memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan usus mencegah sembelit dan memastikan proses buang air besar dapat berjalan dengan lancar, selain itu juga, serat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Yupiers. 

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan vitamin C pada buah Leci dapat berperan aktif sebagai antioksidan bagi tubuh Yupiers.  

Karena hal tersebut maka vitamin C pada buah leci bisa meningkatkan sistem imun tubuh yang dapat menekan kadar neurotransmitter yang bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia, kecemasan berlebih, dan juga stres.

Kandungan flavonoid atau kandungan sejenis antioksidan yang ada dalam buah leci juga memiliki manfaat yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Mengatasi Kekurangan Zat Besi

Anemia atau kondisi saat seseorang kekurangan zat besi juga secara efektif dapat diobati oleh buah leci karena buah leci sering dijadikan sebagai bahan herbal untuk mengatasi anemia.

Jika rutin mengkonsumsi buah leci atau mengkonsumsi ekstrak buah leci sebagai suplemen sehari-hari, maka Yupiers dapat meningkatkan kadar zat besi dan mencegah tubuh mengalami kondisi kekurangan zat besi atau anemia.

6. Melawan Radikal Bebas

Buah leci yang kaya akan antioksidan atau yang disebut juga polifenol dapat membantu memperkuat hati dan pankreas sehingga dapat melawan radikal bebas. 

Buah leci juga memiliki beberapa kandungan lainnya seperti niasin vitamin B6 dan folat, dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, meningkatkan sistem saraf yang sehat, membantu tubuh melakukan metabolisme karbohidrat protein serta lemak. 

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tahukah Yupiers bahwa buah leci dapat membantu menurunkan berat badan dan menurunkan lemak di dalam tubuh?

Buah leci dapat membantu menurunkan berat badan karena buah leci kaya akan polifenol yang secara signifikan dapat membantu mengurangi berat badan.

Selain itu juga kandungan tersebut dapat mengecilkan lingkar perut dan juga lemak viseral yang merupakan lemak yang berada di area sekitar perut yang dapat menyebabkan atau meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Baca Juga : 15 Macam-Macam Buah Berry & Manfaatnya Bagi Kesehatan

8. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Bagi Yupiers yang mengalami masalah pertumbuhan rambut, maka Yupiers sebaiknya mulai mengkonsumsi buah leci secara rutin.

Hal tersebut karena dilansir dari Archives of Pharmacal Research, rambut dapat tumbuh menjadi lebih baik ketika folikel rambut terpelihara dengan baik, dan kandungan tembaga di dalam buah leci dapat merangsang kolesterol rambut menjadi lebih besar sehingga membuat rambut dapat tumbuh dengan lebih sehat.

9. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat buah leci yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan tulang karena buah leci mengandung zat besi, mangan, fosfor, magnesium, dan kalium. Kalium sendiri merupakan elektrolit yang memiliki peran penting agar otot dan saraf dapat berfungsi dengan normal.

10. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat buah leci yang berikutnya adalah dapat mencegah penyakit kanker karena buah leci memiliki kandungan flavonoid yang tinggi, di mana kandungan tersebut diketahui memiliki efek sebagai anti kanker.

Berdasarkan penelitian yang dilansir oleh PharmEasy, mengkonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid seperti salah satunya adalah buah leci dapat membantu melawan penyebaran dan juga pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh

Karena hal tersebut buah leci dapat menjadi salah satu buah yang dapat Yupiers masukkan sebagai salah satu menu makanan sehat yang dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap risiko penyakit kanker.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat paling penting dari buah leci adalah buah leci dapat meningkatkan kesehatan jantung karena buah leci mengandung kalium yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Buah leci dapat membantu mengatur detak jantung dan juga tekanan darah sehingga dapat memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap penyakit jantung.

12. Menjaga Kesehatan Otak

Otak juga merupakan salah satu organ penting yang sangat harus Yupiers jaga dan mengonsumsi buah leci secara teratur sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

Ekstrak buah leci dapat membantu penyakit alzheimer dikarenakan buah leci mengandung senyawa saponin yang dapat meningkatkan fungsi kritik pada otak. 

13. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Buah leci mengandung senyawa yang bernama senyawa oligonol yang mampu meningkatkan produksi oksida nitrat, dimana kandungan ini mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Kondisi dimana pembuluh darah menjadi lebih lebar dapat membantu menekan tekanan jantung sehingga kesehatan kardiovaskular dapat menjadi lebih baik.

14. Mengoptimalkan Energi

Manfaat buah leci yang terakhir akan Yumin sampaikan adalah dapat mengoptimalkan energi.  Dengan energi yang optimal maka tentunya Yupiers dapat menjalani hari-hari atau melakukan kegiatan dengan lebih berkualitas.

Buah leci dapat mengoptimalkan energi Yupiers karena mengandung vitamin C yang dimana vitamin C ini dapat memproduksi kolagen dan juga karnitin. Kedua kandungan tersebut diperlukan untuk memecah lemak menjadi energi.

Cara Mengkonsumsi Buah Leci yang Praktis Dengan Yupi Bolicious
yupi bolicious leci

Setelah mengetahui beberapa manfaat buah leci, lalu bagaimana cara yang mengkonsumsi buah leci yang mudah dan praktis? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah dengan mengkonsumsi Yupi Bolicious Leci.

Kamu bisa membuat aneka camilan atau minuman dengan Yupi Bolicious Leci. Misalnya seperti membuat minuman leci tea, hingga dessert leci.

Selain Yupi Bolicious Leci, Yupi juga memiliki berbagai varian Yupi Bolicious lainnya yang terinspirasi dari berbagai macam buah berry, seperti buah strawberry, buah blueberry, buah blackberry, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa informasi tentang beberapa manfaat buah leci dari Yumin kali ini. Semoga informasi tentang beberapa manfaat buah leci dari Yumin kail ini bisa bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile