menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

20 Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah, Pelajar Wajib Tahu!

Setiap orang termasuk anak-anak, tentunya memiliki hak dan kewajibannya masing-masing. Tidak hanya saat berada di dalam rumah, saat anak-anak berada di sekolah, ada juga hak dan kewajiban yang harus mereka penuhi. Baik hak dan kewajiban anak di sekolah, keduanya harus dijalankan dengan seimbang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, hak memiliki arti segala hal yang merupakan milik seseorang, merupakan sebuah kewenangan, kepunyaan, kekuasaan, dan segala sesuatu yang benar pada diri seseorang untuk berbuat sesuatu.

Sementara menurut seorang akademis yang bernama Prof. Notonegoro, hak memiliki pengertian tentang sebuah kuasa untuk menerima atau melakukan sesuatu hal yang memang sudah seharusnya diterima oleh seseorang.

Lalu untuk kewajiban sendiri, pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI tentang kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan dan keharusan.

Lalu menurut Prof. Notonegoro, kewajiban adalah sebuah beban yang sudah seharusnya diberikan oleh pihak tertentu kepada seseorang agar orang tersebut melakukan suatu hal. Dalam hal ini, beban tersebut tidak bisa diberikan kepada kepada pihak lain dan memiliki sifat menuntut secara paksa jika tidak dipenuhi.

Karena hak dan kewajiban anak di sekolah sangat penting Yupiers ketahui, kali ini Yumin akan membahas hal tersebut dimulai dari 10 Hak anak di sekolah dan 10 kewajiban siswa di sekolah.

Apa saja Hak Anak di Sekolah?

Berikut ini merupakan contoh 10 Hak anak di Sekolah yang harus diberikan: 

1. Hak Mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat 

Anak-anak berhak menerima pendidikan yang relevan dan bermanfaat bagi perkembangan mereka. Ini mencakup akses ke materi pelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kelas, guru yang kompeten, dan sumber daya pendidikan yang memadai. Contohnya, sebuah sekolah harus memberikan program belajar yang mencakup materi pelajaran yang relevan dan bermanfaat bagi siswa, dan guru harus memberikan pengajaran yang efektif.

2. Hak Mendapatkan bimbingan dan konsultasi

Hak ini mencakup akses anak-anak untuk mendapatkan bantuan dan nasihat dari guru, konselor, atau staf pendidikan lainnya ketika mereka mengalami masalah akademik, emosional, atau sosial. Contohnya, seorang siswa yang mengalami kesulitan dalam pelajaran harus dapat mencari bimbingan dari guru atau konselor untuk memecahkan masalahnya.

3. Hak Memperoleh fasilitas sekolah yang baik

Anak-anak berhak memiliki akses ke fasilitas sekolah yang aman, bersih, dan sesuai untuk pembelajaran. Ini mencakup ketersediaan ruang belajar yang nyaman, peralatan yang berfungsi baik, dan lingkungan yang mendukung pembelajaran. Contohnya, fasilitas sekolah yang baik mencakup ruang kelas yang terawat dengan baik, perpustakaan yang lengkap, dan sarana olahraga yang aman.

4. Hak Bertanya kepada guru mereka

Hak ini mengacu pada hak anak untuk mengajukan pertanyaan dan mencari penjelasan dari guru mereka ketika mereka tidak memahami sesuatu. Guru harus memberikan waktu dan perhatian yang cukup untuk menjawab pertanyaan siswa dan memberikan klarifikasi. Contohnya, seorang siswa harus merasa nyaman bertanya kepada guru ketika ia kesulitan memahami konsep matematika.

5. Hak Mendapatkan Keadilan 

Anak-anak memiliki hak untuk diperlakukan dengan adil dan tanpa diskriminasi. Ini berarti mereka tidak boleh diberi perlakuan yang tidak adil berdasarkan ras, agama, jenis kelamin, atau latar belakang lainnya. Contohnya, sekolah harus memastikan bahwa semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti pelajaran ekstrakurikuler.

6. Hak Mendapatkan perlindungan dari pihak sekolah 

Ini berarti anak-anak harus dilindungi dari segala bentuk pelecehan atau ancaman di lingkungan sekolah. Sekolah harus memiliki kebijakan dan prosedur untuk melindungi siswa dari bahaya dan mengambil tindakan jika ada kasus pelecehan. Contohnya, sekolah harus memberikan pelatihan kepada staf dan siswa tentang cara melaporkan dan mencegah pelecehan.

7. Hak Mendapatkan keamanan dari pihak sekolah 

Hak ini mencakup hak anak untuk merasa aman di sekolah, termasuk dari ancaman kekerasan atau intimidasi. Sekolah harus menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung, dan harus memiliki prosedur keamanan yang efektif. Contohnya, sekolah harus memiliki peraturan yang melarang kekerasan dan menyediakan dukungan bagi korban kekerasan.

8. Hak untuk berkumpul dan berorganisasi 

Anak-anak berhak membentuk kelompok atau organisasi di sekolah untuk mendiskusikan isu-isu yang mereka anggap penting. Ini memberikan mereka kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan memengaruhi kebijakan sekolah. Contohnya, siswa dapat membentuk kelompok siswa untuk mengadvokasi perubahan dalam kebijakan sekolah.

9. Hak untuk privasi

Anak-anak berhak menjaga privasi data pribadi mereka, seperti informasi medis atau catatan akademik. Sekolah harus menjaga kerahasiaan informasi pribadi siswa dan hanya memberikan akses kepada pihak yang berwenang. Contohnya, informasi kesehatan siswa harus disimpan dengan rapi dan hanya dapat diakses oleh staf medis yang berwenang.

10. Hak untuk menyuarakan pendapat

Anak-anak memiliki hak untuk berbicara tentang isu-isu yang memengaruhi mereka di sekolah, seperti memberikan masukan dalam pertemuan sekolah, pemilihan perwakilan siswa, atau menyuarakan keprihatinan mereka kepada staf sekolah. Contohnya, siswa dapat memberikan saran tentang perubahan yang ingin mereka lihat dalam kurikulum atau lingkungan sekolah.

Apa saja Kewajiban siswa di Sekolah?

Berikut ini merupakan contoh 10 kewajiban anak di Sekolah yang harus dilakukan:

1. Kewajiban Menaati Peraturan dan Tata Tertib

Setiap sekolah tentunya memiliki peraturan dan tata tertib yang harus diketahui oleh semua pihak termasuk siswa yang berada dalam lingkungan sekolah tersebut.

Karena hal tersebut, inilah kewajiban anak di sekolah yang pertama dari Yumin kali ini, yaitu menaati peraturan dan tata tertib di sekolah.

Adanya peraturan dan tata tertib ini bertujuan untuk membuat suasana lingkungan sekolah menjadi kondusif dan aman, selain itu juga bisa menjadi pembatas tentang hal apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam lingkungan sekolah.

2. Kewajiban Saling Menghargai dan Menghormati

Kewajiban anak di sekolah yang kedua adalah saling menghargai dan menghormati kepada semua orang di lingkungan sekolah, baik itu teman sebaya, kakak atau adik kelas, guru, dan orang-orang lainnya dalam lingkungan sekolah.

Tidak hanya di lingkungan sekolah, saling menghargai dan menghormati ini sangat penting untuk anak-anak lakukan dimanapun mereka berada.

3. Kewajiban Menjaga Nama Baik Sekolah

Setiap siswa yang berada dalam sebuah sekolah adalah cerminan bagaimana kualitas sekolah tersebut. Karena hal tersebut, sangat penting bagi seorang siswa untuk menjaga nama baik sekolah tempatnya belajar.

Siswa dapat menjaga nama baik sekolahnya dengan berkelakukan baik, bersikap dengan sopan dan santun, serta tidak melakukan hal-hal negatif yang merugikan diri sendiri, orang lain atau pihak sekolah.

4. Kewajiban Menjaga Fasilitas Sekolah

Setiap sekolah tentunya memiliki fasilitasnya tersendiri yang perlu untuk dijaga oleh semua pihak termasuk para siswa. Karena hal tersebut, menjaga fasilitas juga termasuk kewajiban anak di sekolah.

Para siswa memiliki kewajiban untuk menjaga fasilitas sekolah dengan cara tidak merusak dan menjaga kebersihan fasilitas-fasilitas dalam sekolahnya. Beberapa contoh fasilitas tersebut seperti gedung, kelas, peralatan belajar mengajar seperti papan tulis, meja dan kursi belajar, serta masih banyak lagi fasilitas lainnya.

5. Kewajiban Menggunakan Seragam

Salah satu kewajiban anak di sekolah yang paling mudah untuk dilihat adalah menggunakan seragam sekolah. Seragam sekolah adalah salah satu atribut yang harus digunakan anak-anak ketika mereka bersekolah.

Selain seragam, biasanya ada juga atribut lainnya yang harus mereka kenakan sesuai dengan peraturan sekolah seperti contohnya adalah sepatu.

Seragam sekolah harus dikenakan oleh setiap siswa dalam sebuah sekolah karena merupakan identitas dari sekolah tersebut. 

Menggunakan seragam ternyata juga dapat melatih kedisiplinan pada anak-anak dan mencegah terjadinya kesenjangan sosial dalam lingkungan sekolah.

6. Kewajiban Mengikuti Kegiatan Belajar di Sekolah

Salah satu kewajiban anak di sekolah yang paling utama adalah mengikuti kegiatan belajar di sekolah.

Setiap siswa memiliki kewajiban mengikuti kegiatan belajar di sekolah mulai dari jam pertama hingga jam terakhir pembelajar di sekolah berakhir.

Selain kegiatan belajar, biasanya setiap sekolah memiliki kegiatan lainnya seperti kegiatan ekstrakurikuler yang juga harus diikuti oleh setiap siswa yang berada dalam lingkungan sekolah.

Jika siswa memiliki halangan dalam mengikuti kegiatan belajar atau kegiatan lainnya, maka sudah menjadi kewajiban orang tua murid untuk memberikan informasi tentang hal ini kepada pihak sekolah.

7. Kewajiban Datang Tepat Waktu

Setiap sekolah memiliki peraturan tentang jam masuk. Karena hal tersebut, maka sudah menjadi kewajiban anak di sekolah untuk datang tepat waktu sebelum jam masuk sekolah berakhir.

Bisa terus menjaga jam masuk sekolah dan datang tepat waktu bisa menjadi suatu kebiasaan yang baik bagi anak-anak karena dapat melatih kedisiplinan mereka.

8. Kewajiban Tidak Meninggalkan Kelas

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, setiap siswa di sekolah memiliki kewajiban untuk mengikuti kegiatan belajar di sekolah, karena hal tersebut, maka siswa memiliki kewajiban untuk tidak meninggalkan kelas.

Siswa baru dapat meninggalkan kelas atau sekolah setelah jam sekolah berakhir. Jika siswa harus meninggalkan kelas atau sekolah sebelum waktunya, maka orang tua murid dapat meminta izin dari dari wali kelas, guru kelas atau pihak yang bertanggung jawab.

9. Kewajiban Membayar Biaya Sekolah

Setiap sekolah tentunya memiliki biaya tersendiri yang berbeda antara satu sekolah dengan sekolah yang lainnya. 

Beberapa biaya seperti uang SPP setiap bulan, uang pangkal atau uang muka masuk sekolah atau biaya-biaya lainnya harus dibayarkan agar anak-anak dapat bersekolah di sekolah tersebut.

Karena anak-anak belum memiliki penghasilan, maka kewajiban untuk membayar biaya sekolah ini sudah menjadi kewajiban orang tua murid kepada pihak sekolah.

10. Bersikap Sopan, Santun dan Baik

Senyum, salam, sapa, sopan dan santun merupakan nilai-nilai yang paling umum ada disetiap sekolah. Karena hal tersebut sudah menjadi kewajiban anak di sekolah yang terakhir dari Yumin kali ini adalah bersikap sopan, santun dan baik selama berada di sekolah.

Dengan bersikap sopan, santun dan baik, akan membuat lingkungan sekolah menjadi aman, tertib, asri dan indah.

Baca Juga : 9 Cara Mendidik Anak yang Baik dan Benar Sejak Dini

Apa Manfaat menjalankan Hak dan Kewajiban untuk anak di sekolah?

Beberapa manfaat menjalankan hak dan kewajiban di sekolah yang perlu Yupiers ketahui beberapa diantaranya adalah:

  1. Hidup lebih teratur dan tertata.
  2. Menjadikan siswa pribadi yang disiplin.
  3. Mendukung terciptanya ketertiban.
  4. Mendukung terciptanya kerukunan.
  5. Mencegah terjadinya perpecahan.

Itulah beberapa hak dan kewajiban anak di sekolah dari Yumin kali ini. Dengan melatih melaksanakan kewajiban dan mendapatkan hak sejak dini, anak akan menjadi sosok yang memiliki tanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

Semoga informasi tentang hak dan kewajiban anak di sekolah dari Yumin kali ini bermanfaat untuk Yupiers. Jangan lupa juga untuk memberikan cemilan sehat dari Yupi seperti Yupi Bolicious Strawberry, Yupi Bolicious Blackberry, dan masih banyak lagi cemilan sehat dari Yupi lainnya ya kepada anak-anak untuk mendukung pertumbuhan mereka.

Home Our Story Events Games Profile