cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Contoh Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah dan Manfaatnya

Selain kegiatan belajar mengajar di sekolah, saat anak-anak memasuki usia sekolah maka ada juga kegiatan ekstrakurikuler yang akan mereka ikuti. Kegiatan ekstrakurikuler adalah salah satu kegiatan yang mempunyai banyak manfaat bagi anak-anak.

Selain itu juga kegiatan yang satu ini bisa anak-anak pilih sesuai dengan keinginan mereka. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah juga bisa menjadi media untuk menyalurkan bakat dan minat anak-anak. 

Karena kegiatan ekstrakurikuler sangat penting dalam masa sekolah dan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak-anak, kali ini Yupi akan membahas secara lengkap. Mulai dari pengertian ekstrakurikuler, macam-macam ekstrakurikuler, hingga manfaatnya untuk anak. Penasaran kan? Simak informasinya berikut ini.

Apa itu Ekstrakurikuler?

Apa yang Yupiers ketahui tentang ekstrakurikuler di sekolah? Jadi, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam tatap muka reguler para siswa untuk memperluas wawasan, pengetahuan dan mengembangkan kemampuan anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

Hal ini juga merupakan salah satu langkah dan cara agar anak pintar dengan efektif dan seru. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah juga akan menjadi sarana  untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya mereka mengembangkan diri.

Contoh Macam-Macam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

Banyak dari Yupiers yang bertanya-tanya kegiatan ekstrakurikuler apa saja sih jenisnya? Nah, informasi berikutnya adalah beberapa jenis dan contoh kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Penasaran kan? Simak informasi selengkapnya di bawah ini :

1. Pramuka

Kegiatan ekstrakurikuler apakah yang paling banyak diikuti siswa? Salah satunya adalah pramuka. Pramuka termasuk ekstrakurikuler wajib yang ada di sekolah dan hal tersebut telah diatur dalam Peraturan  Permendikbud RI Nomor 63 tahun 2014.

Kegiatan pramuka ini biasanya dilakukan setidaknya satu kali dalam seminggu, dan kegiatan pramuka memiliki banyak sekali manfaat bagi anak-anak. Bahkan ekstrakurikuler pramuka ini sudah ada sejak anak di bangku Sekolah Dasar (SD).

Beberapa manfaat dari kegiatan pramuka adalah melatih anak-anak menjadi mandiri, disiplin, berani melatih kemampuan menyelesaikan masalah dan mencintai alam serta lingkungan.

2. Olahraga

Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang kedua adalah olahraga. Ekstrakurikuler olahraga juga menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak diminati dan disukai oleh anak-anak di sekolah.

Hal tersebut karena melalui ekstrakurikuler olahraga anak-anak dapat menyalurkan minat dan bakat yang mereka miliki. Tidak sedikit juga anak-anak yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga karena ingin mengejar mimpi mereka pada suatu bidang olahraga.

Kegiatan ekstrakurikuler olahraga biasanya juga cukup beragam, mulai dari sepak bola, bola basket, voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, berenang dan masih banyak lagi. 

Agar kegiatan ekstrakurikuler olahraga ini dapat berjalan dengan maksimal biasanya sebuah sekolah akan menyediakan fasilitas penunjang seperti lapangan dan peralatan olahraga.

3. Paskibra

Ekstrakurikuler apa saja yg ada di SMP? Salah satu contohnya adalah paskibra. Ekstrakurikuler paskibra mulai diterapkan untuk para siswa yang sudah ada pada bangku SMP hingga SMA.

Tidak kalah dengan ekstrakurikuler olahraga, banyak juga siswa yang berminat pada kegiatan ekstrakurikuler paskibra. Jika anak-anak memiliki impian menjadi paskibraka pada acara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, maka ekstrakurikuler paskibra bisa menjadi pilihan yang tepat bagi mereka.

Anak-anak yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler paskibra tidak hanya akan dilatih baris berbaris, tetapi lebih dari pada itu, mereka juga akan dilatih kedisiplinan, kemandiri, mental dan fisik mereka.

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler paskibra juga sangat cocok bagi anak-anak yang memiliki impian menjadi seorang abdi negara seperti polisi atau TNI.

4. Paduan Suara

Bagi anak-anak yang memiliki minat dan bakat dalam hal musik terutama bernyanyi, maka kegiatan ekstrakurikuler paduan suara atau yang sering dikenal oleh anak-anak dengan nama padus bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mereka.

Anak-anak yang mengikuti ekstrakurikuler paduan suara nantinya akan berlatih olah vokal dan akan lebih memahami tentang musik seperti nada dan lain sebagainya. Dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara mereka juga akan belajar bekerja sama dalam sebuah tim untuk membentuk kelompok bernyanyi yang merdu.

Baca Juga : Bakat-Bakat Millenial di Era “Serba” Digital

5. Kerohanian

Agama sangat penting dalam kehidupan seseorang termasuk anak-anak. Memperdalam ilmu agama akan sangat berguna bagi masa depan anak-anak. Karena hal tersebut bagi anak-anak yang ingin memperdalam ilmu agama, mereka dapat memilih kegiatan ekstrakurikuler kerohanian. 

Kegiatan ekstrakurikuler kerohanian ini tentunya akan mengikuti agama apa yang dimiliki oleh anak-anak. Jika anak tersebut beragama islam maka akan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rohis, dan untuk anak-anak yang beragama kristen akan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rohkris.

6. Bela Diri

Tidak kalah peminatnya dengan beberapa kegiatan ekstrakurikuler sebelumnya, kegiatan ekstrakurikuler bela diri juga banyak diminati oleh anak-anak. Kegiatan ekstrakurikuler bela diri akan mengajarkan anak-anak tentang kedisiplinan, keberanian, dan komitmen untuk terus belajar bela diri.

Jenis ilmu bela diri yang biasanya digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler ini adalah seperti taekwondo, silat, karate, dan bahkan ada juga kungfu. Sekolah yang menyediakan kegiatan ekstrakurikuler bela diri tentunya harus menyediakan peralatan untuk berlatih seperti matras dan pelindung badan serta harus menyediakan seorang pelatih yang profesional.

7. Jurnalistik

Kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik sangat cocok untuk anak-anak yang gemar dan percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain. Selain itu juga melalui kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik anak-anak akan meningkatkan kemampuan dalam membuat sebuah karya tulis dengan berbagai pembahasan yang menarik dan kemampuan berbahasa pada anak-anak.

Kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik ini sangat cocok juga untuk anak-anak yang memiliki cita-cita bekerja di sebuah perusahaan media baik sebagai wartawan atau penulis.

8. Teater

Bagi anak-anak yang gemar dalam seni peran seperti berakting, maka kegiatan ekstrakurikuler teater adalah pilihan yang tepat untuk mereka. Melalui kegiatan ekstrakurikuler ini anak-anak dilatih dalam seni peran dan akan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam bermain peran.

Sekolah yang menyediakan kegiatan ekstrakurikuler teater tentunya harus memiliki tempat khusus yang dapat digunakan untuk para siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini seperti sanggar dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

9. Palang Merah Remaja (PMR)

Bagi anak-anak yang tertarik dengan bidang kesehatan, suka menolong orang lain dan bercita-cita menjadi dokter atau suster, maka kegiatan ekstrakurikuler palang merah remaja atau PMR ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mereka.

Melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR ini anak-anak akan belajar tentang beberapa hal dalam bidang kesehatan termasuk cara memberikan pertolongan pertama saat dibutuhkan dan melatih kesigapan mereka dalam menolong seseorang.

10. Pecinta Alam

Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang terakhir dari Yupi adalah pecinta alam. Kegiatan ekstrakurikuler pecinta alam sangat cocok untuk anak-anak yang gemar melakukan kegiatan alam. 

Dalam kegiatan ??ekstrakurikuler pecinta alam, selain untuk menyalurkan minat dan bakat anak-anak terhadap kegiatan alam, juga akan melatih anak-anak dalam bekerja sama dan meningkatkan rasa solidaritas antar sesama teman dengan minat dan bakat yang dalam kegiatan ekstrakurikuler ini.

Baca Juga : Inilah Ajang Pencarian Bakat di Indonesia 2022, Kalian Pilih Mana?

Tujuan dan Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Anak

Setelah mengetahui beberapa jenis dan macam-macam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, hal berikutnya yang perlu Yupiers ketahui adalah apa saja tujuan dan manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler ini. Berikut adalah informasi selengkapnya.

1. Tujuan Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

Tujuan dan tugas pokok dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolah menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan adalah sebagai berikut:

  • Memperdalam dan memperluas pengetahuan para siswa.
  • Mengenal hubungan antara berbagai mata pelajaran. 
  • Menyalurkan minat dan bakat siswa.
  • Menyelesaikan upaya pembangunan manusia secara utuh.
  • Mengembangkan minat dan bakat siswa untuk pembinaan kepribadian ke arah yang positif.

Selain itu juga ada juga beberapa prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang perlu Yupiers ketahui. Berikut ini adalah beberapa prinsip tersebut.

  • Harus dapat menambah pengetahuan siswa baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik.
  • Menjadi tempat penyaluran minat dan bakat siswa sehingga mereka terbiasa melakukan hal-hal yang positif.
  • Adanya perencanaan, persiapan, dan pembiayaan yang telah diperhitungkan secara detail dan terperinci agar program ekstrakurikuler bisa tercapai.
  • Adanya faktor pelaksana untuk memantau, menyediakan dan memberikan penilaian.

Baca Juga : 5 Contoh Kegiatan Kreatif Untuk Anak, Yuk Cobain!

2. Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah

Berdasarkan informasi pada poin beberapa jenis dan contoh kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, maka berikut ini adalah beberapa manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang perlu Yupiers ketahui.

  • Membentuk karakter.
  • Membuat anak menjadi aktif
  • Melatih untuk bersosialisasi.
  • Mengajarkan kerja sama tim.
  • Melatih sikap disiplin dan juga komitmen.
  • Meningkatkan dan mengasah bakat dan minat anak.
  • Wadah menyalurkan kreativitas sejak dini.
  • Meningkatkan prestasi anak.
  • Menenangkan pikiran dengan cara yang mendidik.
  • Menyehatkan tubuh karena aktif dalam beraktivitas.

Itulah beberapa informasi tentang kegiatan ekstrakurikuler di sekolah hingga jenis-jenisnya yang perlu Yupiers ketahui. Kegiatan ekstrakurikuler  merupakan salah satu kegiatan fisik yang akan membutuhkan energi dalam melakukannya.

Untuk memenuhi kebutuhan energi dan vitamin, maka sangat penting bagi Yupiers untuk memberikan makanan dengan yang memiliki gizi tinggi seperti beberapa produk Yupi seperti Yupi Bolicious Strawberry, Yupi Gummy CDZ, dan masih banyak lagi produk Yupi lainnya.

Semoga informasi dari Yupi tentang kegiatan ekstrakurikuler dari Yupi kali ini dapat membantu Yupiers untuk mendukung pertumbuhan maksimal pada anak-anak.