menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

13 Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Indonesia, Yuk Tonton

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah salah satu hari paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini diperingati setiap tanggal 17 Agustus, dengan berbagai cara. Selain lomba, salah satu cara memperingatinya adalah dengan menyaksikan  film tentang kemerdekaan Indonesia.

Film tentang kemerdekaan akan sangat seru untuk ditonton terutama pada hari kemerdekaan Indonesia, karena memiliki nilai-nilai sejarah dan kaya akan pesan moral yang bermanfaat bagi banyak orang.

Untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun 2023 ini, apa sajakah film tentang perjuangan Indonesia tersebut yang menarik untuk disaksikan? 

Kali ini Yumin akan memberikan beberapa rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu saksikan, simak selengkapnya ya.

13 Daftar Film Tentang Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Terbaik

Berikut ini adalah beberapa film tentang kemerdekaan Indonesia dari Yumin : 

1. Soekarno (2013) - Film Tentang Kemerdekaan Indonesia
Soekarno (2013) - Film Tentang Kemerdekaan Indonesia

Rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia yang pertama dari Yumin kali ini adalah film yang menceritakan perjalan presiden pertama Republik Indonesia, yaitu Soekarno yang tayang pada tahun 2013 lalu.

Film Soekarno adalah film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo, dan pemeran utamanya adalah Ario Bayu sebagai Soekarno.

Film ini akan menceritakan perjalanan Soekarno dimulai dari masa kecilnya, dimana pada masa kecilnya, dia dahulu bernama Kusno, namun karena sering mengalami sakit, kedua orang tuanya mengganti namanya menjadi Soekarno.

Kisah Soekarno dalam film terus berlanjut, termasuk salah satu momen penting bagi bangsa Indonesia adalah pembacaan naskah proklamasi oleh Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 juga hadir dalam film ini.

Untuk mengetahui bagaimana kisah perjalanan selengkapnya dari sosok presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, Yupiers bisa menyaksikan film Soekarno ini selengkapnya.

2. Tjoet Nja’ Dhien (1988)

Rekomendasi film perjuangan Republik Indonesia terbaik dari Yumin kali ini adalah film biografi dari salah satu pahlawan di Indonesia yang sangat terkenal, yaitu Tjoet Nja’ Dhien. 

Tjoet Nja’ Dhien adalah seorang pahlawan Indonesia yang berasal dari Aceh, dan terkenal karena kisah perjuangannya sebagai seorang wanita untuk melawan penjajahan Belanda pada masa perang di Aceh.

Film kemerdekaan Republik Indonesia berjudul Tjoet Nja’ Dhien juga termasuk salah film terbaik karena berhasil meraih Piala Citra sebagai film terbaik dalam acara Festival Film indonesia 1988.

3. Merah Putih (2009) - Film Kemerdekaan Indonesia
Merah Putih (2009) - Film Kemerdekaan Indonesia

Salah satu film pada masa penjajahan Belanda pada Republik Indonesia yang paling sering diputar pada tanggal 17 Agustus untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia adalah film dengan judul Merah Putih.

Film Merah Putih ini diperankan oleh beberapa bintang film terkenal seperti Lukman Sardi, Darius Sinathrya, dan masih banyak lagi. Film Merah Putih ini mengambil latar belakang perjuangan Indonesia yang kembali melawan Belanda pasca kemerdekaan, yaitu pada tahun 1947.

4. Darah Garuda (2010)
film darah garuda

Melanjutkan kesuksesan film Merah Putih, film kemerdekaan Republik Indonesia yang berjudul Darah Garuda yang rilis pada tahun 2010 ini adalah film lanjutan dari film Merah Putih.

Bintang film pada film ini juga masih sama dengan film Merah Putih. Untuk film kali ini, Amir, yang diperankan oleh Lukman Sardi, bersama dengan teman-temannya, berjuang untuk membebaskan rakyat yang ditawan oleh Belanda, termasuk diantaranya adalah anggota keluarga mereka.

5. Hati Merdeka (2011)

Melanjutkan kisah Amir yang diperankan oleh Lukman Sardi, seri ketiga dari film kemerdekaan Indonesia yang berjudul Hati Merdeka yang rilis pada tahun 2011 ini, merupakan film lanjutan dari dari film Merah Putih pada tahun 2009 dan Darah Garuda pada tahun 2010.

Dalam film ini, Amir mengundurkan diri sebagai pemimpin dari Angkatan Darat dan digantikan oleh Thomas, yang diperankan oleh Donny Alamsyah. Film ini juga menghadirkan pertempuran Indonesia di Bali dengan pasukan Kolonel Raymer.

6. Jenderal Soedirman (2015)
film-jenderal-soedirman-2015

Salah satu pahlawan kemerdekaan Indonesia yang juga cukup terkenal adalah Jenderal Soedirman. Film ini menceritakan tentang perjuangan Jenderal Soedirman yang memimpin perlawanan Indonesia dalam Agresi Militer II yang terjadi pada tahun 1948.

Film kemerdekaan Republik Indonesia yang rilis pada tahun 2015 ini dibintangi oleh beberapa bintang film terkenal seperti Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Nugie, Mathias Muchus, dan Baim Wong.

7. Battle of Surabaya (2015)
Battle of Surabaya 2015

Salah satu kisah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang paling terkenal adalah pertempuran Indonesia melawan Belanda di Surabaya, dan kejadian tersebut dituang ke dalam sebuah film yang berjudul Battle of Surabaya yang rilis pada tahun 2015.

Pertempuran di Surabaya yang sangat terkenal tersebut terjadi pada tanggal 10 November 1945 dan hingga saat ini, tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Pahlawan Nasional. Berbeda dengan beberapa film sebelumnya, film Battle of Surabaya ini hadir dalam bentuk animasi kartun yang memiliki tokoh utama bernama Musa.

8. Guru Bangsa: Hos Tjokroaminoto (2015)

Film kemerdekaan Republik Indonesia yang berjudul Hos Tjokroaminoto ini menceritakan pahlawan Indonesia yang bernama Hos Tjokroaminoto yang diperankan oleh Reza Rahardian.

Film ini menceritakan Hos Tjokroaminoto yang melepas status bangsawannnya dan kemudian hidup mandiri dengan anak serta istrinya. Hos Tjokroaminoto kemudian bertemu dengan Haji Samanhoedi yang kemudian dirinya memimpin Sarekat Islam yang menentang Belanda.

9. Kartini (2017)
film kartini

Siapa yang tidak tahu sosok pahlawan wanita pejuang di Indonesia bernama Kartini ini. Kisah perjuangan Kartini ini diangkat dengan judul yang sama dengan namanya pada tahun 2017.

Sosok Kartini ini diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Dalam film ini, Kartini yang bukan keturunan ningrat berjuang melawan tradisi dan memperjuangkan hak perempuan, termasuk salah satunya adalah dengan mendirikan sekolah bagi rakyat miskin.

10. Sang Kiai (2013)

Film dengan tema perjuangan rakyat Indonesia juga tertuang dalam film berjudul Sang Kiai yang rilis pada tahun 2013 ini. Dalam film ini, mengambil latar waktu pada masa penjajahan Jepang, yaitu pada tahun 1942.

Dalam ini menceritakan tentang Harun seorang santri, yang diperankan oleh Adipati Dolken yang berjuang untuk membebaskan seorang kiai atau guru agama yang bernama KH Hasyim Asyari yang ditangkap karena menolak ajaran Seikerei dari Jepang yang dilarang dalam agama islam.

11. Soegija (2012)
film perjuangan soegija

Jika pada film sebelumnya Yumin memberikan film kemerdekaan dari sisi agama Islam, dari sisi agama Katolik maka Yupiers bisa menyaksikan film dari seorang pahlawan nasional yang bernama Soegija.

Dalam film Soegija ini, menceritakan tentang seorang uskup pribumi pertama di Gereja Katolik di Indonesia yang berjuang untuk menyatukan kisah-kisah cinta keluarga besar kemanusiaan yang sudah pecah akibat kekerasan akibat perang dan kematian.

Soegija berperang aktif pada semua tingkat, baik politik lokal, nasional sampai internasional. Karena perannya tersebut, Soegija kemudian diberikan gelar pahlawan nasional.

12. Perburuan (2019)

Film kemerdekaan Republik Indonesia dengan judul Perburuan ini menceritakan tentang bekas tentara Pembela Tanah Air atau PETA, yang bernama Hardo dan diperankan oleh Adipati Dolken.

Film ini menceritakan tentang perjuangan Hardo yang tetap diburu sampai ke kampung halamannya oleh pemerintah Jepang meskipun pada saat itu PETA sudah kalah dari Jepang.

13. Kadet 1947 (2021)
film tentang kemerdekaan indonesia Kadet 1947

Rekomendasi film perang Indonesia saat dijajah oleh Belanda dari Yumin kali ini adalah film terbaru yang rilis pada tahun 2021 adalah film dengan judul Kadet 1947. Sesuai dengan judulnya, film ini mengambil latar waktu pada peristiwa Agresi Militer Belanda I pasca proklamasi.

Dalam film ini, menceritakan tentang para kadet atau pelajar penerbang Angkatan Udara yang berambisi untuk membantu tentara Indonesia melawan dan mempertahankan Indonesia dari kekuasaan Belanda.

Para kadet tersebut adalah Sigit yang diperankan oleh Bisma Kharisma, Mul yang diperankan oleh Kevin Julio, Har diperankan oleh Omara Esteghlal, dan Adji yang diperankan oleh Marthino Lio.

Manfaat Menonton Film Tentang Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi film kemerdekaan Republik Indonesia, ada juga beberapa manfaat menonton film tentang kemerdekaan yang akan Yupiers dapatkan ketika menonton film-film tersebut. 

Beberapa manfaat menonton film-film kemerdekaan Republik Indonesia tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menumbuhkan rasa cinta tanah air.
  2. Meningkatkan semangat nasionalisme.
  3. Mengenang perjuangan jasa para pahlawan.
  4. Mengetahui bahwa meraih kemerdekaan tidaklah mudah.
  5. Menghidupkan jiwa patriotisme yang tinggi.
  6. Meningkatkan rasa kebanggaan menjadi bangsa Indonesia.
  7. Memotivasi generasi penerus bangsa Indonesia.

Menyaksikan film tentang kemerdekaan Indonesia tersebut, tentunya akan semakin menyenangkan dengan ditemani beberapa camilan sehat dari Yupi seperti Yupi Bolicious Strawberry, Yupi Strawberry Kiss, dan masih banyak lagi camilan sehat dan enak dari Yupi lainnya.

Camilan dari Yupi juga cocok untuk dinikmati bersama beberapa beberapa film lainnya seperti film Disney, film Korea dan beberapa rekomendasi film lainnya.

Itulah beberapa film tentang kemerdekaan Indonesia dari Yumin kali ini, saksikanlah film-film tersebut dengan ditemani camilan dari Yupi dan nikmati keseruannya.

Home Our Story Events Games Profile