cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Daftar Film Kartun Anak yang Mendidik & Seru

Film kartun adalah satu jenis film yang banyak disukai oleh anak-anak karena memiliki visual yang menarik. Seiring dengan perkembangan jaman, kini sudah ada cukup banyak film kartun anak yang mendidik dan sudah masuk di Indonesia dengan berbagai pesan didalamnya.

Berbagai pesan didalamnya adalah seperti pesan agama, pendidikan, persahabatan dan keluarga, sampai dengan perkembangan karakter.

Meskipun ada banyak sekali film anak Indonesia yang mendidik, tidak sedikit juga orang tua yang masih menganggap bahwa menonton film hanya akan membuang-buang waktu mereka.

Padahal selain terdapat pesan-pesan positif di dalamnya, film anak-anak yang mendidik memiliki beberapa manfaat yang harus Yupiers ketahui. Beberapa manfaat menonton film kartun tersebut adalah seperti berikut ini:

  • Mengajarkan anak untuk menjadi karakter yang positif.
  • Meningkatkan kreativitas anak.
  • Membantu perkembangan kognitif anak.
  • Meningkatkan daya imajinasi anak.
  • Meningkatkan imunitas anak karena mereka merasa bahagia.
  • Menambah kosakata anak-anak.
  • Sebagai sarana hiburan anak-anak, dan
  • Membantu anak memilih minat, bakat, hobi dan cita-cita.

Dengan beberapa manfaat tersebut, maka dengan download film kartun anak yang mendidik bisa menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan mereka.

10 Judul Film Kartun yang Mendidik & Disukai Anak

Setelah mengetahui beberapa hal tentang film kartun, kali ini Yupi akan memberikan 10 judul daftar film kartun anak yang mendidik. Berikut ini adalah rekomendasi film tersebut:

1. Toy Story
film kartun mendidik toy story

Rekomendasi judul film kartun anak yang mendidik pertama adalah Toy Story, film ini sudah menggunakan Bahasa Indonesia. Film karya Disney Pixar ini selalu sukses dalam setiap penayangannya.

Film animasi 3D Toy Story 1 pertama kali muncul pada tahun 1995, lalu berlanjut pada Toy Story 2 pada tahun 1999, Toy Story 3 pada tahun 2010, dan Toy Story 4 pada tahun 2019.

Film ini menceritakan tentang berbagai macam mainan yang dapat hidup, berbicara dan bertindak layaknya orang.

Fokus utama pada cerita ini adalah beberapa karakter mainan seperti Woody si koboy, Buzz Lightyear si pahlawan, dan beberapa teman mereka seperti Mr. Potatoes, Rex si dinosaurus dan masih banyak lagi.

Film ini akan mengajarkan anak beberapa hal seperti menjaga mainan mereka, bekerja sama sebagai sebuah tim, tidak merendahkan orang lain, sampai dengan mengajarkan tentang persahabatan dan kasih sayang kepada sesama.

2. Jurassic Park
film kartun anak jurassic

Rekomendasi film berikutnya adalah Jurassic Park. Meskipun film ini bukanlah film kartun, tapi film merupakan film paling terkenal yang menampilkan berbagai macam dinosaurus di dalamnya.

Jurassic Park memulai film pertamanya pada tahun 1993. Pada tahun 2015, nama Jurassic Park berganti menjadi Jurassic World namun tetap memiliki konsep yang sama. Hingga sampai tahun 2022 ini sudah ada 6 film dari Jurassic Park yang sudah tayang di bioskop.

Dengan menonton film ini bersama anak-anak, mereka akan mengenal berbagai macam jenis-jenis dinosaurus yang ada dalam sejarah.

Yupiers juga bisa nonton Jurassic park dengan Yupi Dino Land dan memainkan beberapa kondisi dari dinosaurus sambil bercerita tentang dinosaurus.

3. The Lion King
kartun anak yang mendidik lion

Rekomendasi movie untuk anak 2 tahun yang mendidik berikutnya adalah The Lion King. The Lion King berfokus utama pada cerita karakter singa yang bernama Simba.

Film yang pertama kali muncul pada tahun 1994 ini selain bisa memperkenalkan berbagai macam jenis hewan kepada anak-anak, juga memiliki beberapa nilai yang mendidik di dalamnya.

Beberapa nilai tersebut adalah seperti kasih sayang anak terhadap orang tuanya dan begitupun sebaliknya, perjuangan untuk mencapai sesuatu, kerjasama, bagaimana menjadi karakter yang tangguh dan dihormati, sampai dengan persahabatan yang bisa terjalin dengan siapa saja.

4. Finding Nemo
film nemo

Bagi Yupiers yang ingin memperkenalkan berbagai macam jenis hewan air laut, maka film Finding Nemo ini adalah pilihan yang tepat.

Film yang bercerita tentang tentang bagaimana perjuangan seorang ayah ikan menemukan anaknya ini, pertama kali muncul pada tahun 2003.

Film yang menyentuh, ringan dan menghibur bisa Yupiers tonton bersama anak-anak sambil menikmati Yupi School Of Fish atau Yupi Sea World untuk memperkenalkan berbagai hewan laut dengan rasa yang lezat dan bergizi.

5. How to Train Your Dragon
film how train dragon

Rekomendasi film anak terbaik indonesia yang mendidik selanjutnya adalah How to Train Your Dragon. Film yang mulai muncul pada tahun 2010 ini, sudah terdapat tiga series sampai tahun 2019. Film ini memiliki karakter utama yang bernama Hiccup dan seekor naga yang bernama Toothless.

Dalam film ini, Yupiers juga bisa memperkenalkan tentang apa itu hewan mitologi naga yang sangat terkenal.

Selain itu juga dalam film ini akan mengajarkan anak tentang berani untuk berjuang mengejar mimpi, mendengarkan kata hati, kasih sayang, persahabatan, kerja sama, dan pentingnya kehadiran orang lain yang bisa kita percaya dalam hidup kita.

6. Kungfu Panda
film kartun anak kungfu panda yang mendidik

Panda merupakan salah satu hewan yang disukai oleh banyak orang termasuk anak-anak. Dalam film kungfu panda ini, Yupiers dan anak-anak bisa menyaksikan dan terhibur dengan karakter dalam utama yang merupakan seekor panda bernama Po.

Dalam film ini, Yupiers dapat memperkenalkan apa itu tentang ilmu beladiri kungfu, kepercayaan, menjadi pribadi yang baik, pentingnya belajar dan bekerja keras serta kemauan yang tinggi untuk mencapai apa yang menjadi cita-cita mereka.

7. Cars
kartun cars

Siapa yang tidak mengenal film yang satu ini. FIlm dengan karakter utama Lightning McQueen ini adalah sebuah karakter animasi mobil balap yang dapat berbicara, bertindak dan berpikir layaknya manusia.

Dalam film hasil karya Pixar ini, anak-anak mendapatkan berbagai hal penting dari film ini. Beberapa hal penting tersebut adalah seperti persahabatan, bagaimana memperbaiki hubungan dengan orang yang kita percaya, kasih sayang, kerja sama tim, memperkenalkan anak tentang pentingnya berjiwa kompetitif dan berjuang, serta mengajarkan anak-anak bahwa nilai moral itu sangatlah penting.

8. Up
film kartun up

Up adalah salah film sederhana dan mengharukan namun banyak sekali mengandung makna positif di dalamnya.

Beberapa makna positif dalam film ini adalah seperti kasih sayang terhadap orang tua, pentingnya berusaha keras dan pantang menyerah, persahabatan dan kerja sama tim.

FIlm ini bercerita tentang seorang kakek-kakek yang bernama Carl yang sangat sayang kepada istrinya yang sudah meninggal bernama Ellie.

Kakek Carl ingin sekali pergi menuju suatu tempat yang bernama Paradise Fall, dan kakek Carl ini pergi dengan ditemani oleh seorang kecil pemberani dan imut bernama Russel dan seekor anjing yang bernama Dug.

Baca Juga : Rekomendasi Novel Bertemakan Persahabatan (Spesial Hari Buku Nasional)

9. Zootopia
film zootopia

Zootopia merupakan film kartun anak yang mendidik full movie. Film kartun Zootopia sebuah film anak terbaru yang menceritakan tentang seekor seekor kelinci yang bernama Judy yang memiliki cita-cita ingin menjadi seorang polisi yang hebat di kota yang bernama Zootopia.

Pada awalnya Judy sempat diremehkan dan tidak diberikan kesempatan untuk menangani kasus yang besar. Sampai pada akhirnya ada sebuah kasus besar yang Judy selesaikan.

Dalam film ini Yupiers bisa mengajarkan anak-anak tentang pentingnya optimis, yakin, berusaha keras dan pantang menyerah serta terus yakin dengan apa yang menjadi cita-cita anak-anak di masa depan.

10. Inside Out
film inside out

Inside Out adalah sebuah film yang menarik karena menampilkan berbagai emosi seseorang dalam bentuk animasi. Film yang dirilis Walt Disney Pictures pada tahun 2015 ini bercerita tentang seorang anak yang bernama Riley dan berbagai animasi emosi yang ada di dalam dirinya serta bagaimana perasaan Riley saat harus beradaptasi dengan sebuah lingkungan baru.

Film kartun anak yang mendidik dengan judul Inside Out ini juga sudah tersedia di Youtube. Sehingga Yupiers bisa dengan mudah menonton kapan saja dan dimana saja.

Dalam ini Yupiers dapat mengajarkan anak-anak tentang bagaimana menyelesaikan suatu masalah, mengontrol emosi mereka, dan bagaimana cara untuk bersosialisasi dengan sebuah lingkungan baru.

Pahami Indikator Film Kartun yang Mendidik untuk Anak

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi film animasi terbaik dan mendidik, ada beberapa indikator film kartun yang mendidik yang bisa menjadi pertimbangan Yupiers sebelum memberikan film tersebut kepada anak.

Beberapa indikator tersebut adalah seperti berikut ini.

  1. Perhatikan batasan usia film.
  2. Baca review dari film tersebut.
  3. Cek trailer film tersebut.
  4. Cek rating dari film tersebut.
  5. Memiliki ringkasan cerita yang menarik dan bermanfaat, dan
  6. Tidak membosankan

Itulah beberapa informasi mengenai judul daftar film kartun anak yang mendidik, seru, dan pastinya disukai anak. Memberikan tontonan yang bermanfaat merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dan kasih sayang Yupiers kepada anak-anak.

Selain beberapa rekomendasi film animasi anak yang mendidik di atas, ada juga beberapa film keluarga terbaik dan juga drama korea terbaik yang kaya akan nilai-nilai positif dan bisa Yupiers tonton bersama-sama dengan keluarga.

Semoga informasi diatas dari Yupi tersebut dapat menjadi inspirasi Yupiers dalam memberikan tontonan yang menarik dan bermanfaat bagi anak-anak.