menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

35 Ide Lomba 17 Agustusan yang Unik dan Lucu Untuk Anak Hingga Dewasa

Ketika peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia tiba, ada berbagai cara untuk merayakannya seperti menonton film tentang kemerdekaan, menghias kelas tema kemerdekaan hingga agenda wajib yaitu mengadakan lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu, serta pastinya akan disukai oleh banyak orang.

Ada berbagai macam lomba 17 Agustusan yang bisa menjadi referensi pilihan Yupiers, mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa, semua dapat menikmatinya. Lalu apa sajakah lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu tersebut? Simak selengkapnya di sini ya.

Ide Lomba 17 Agustusan yang Unik, Lucu dan Kekinian Untuk Anak-Anak

Berikut ini adalah beberapa lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu, kekinian serta cocok untuk dimainkan oleh anak-anak.

1. Lomba 17 Agustusan Sendok Kelereng
Lomba 17 Agustusan Sendok Kelereng

Ide pertama lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu adalah lomba sendok kelereng. Siapa yang tidak tahu lomba yang satu ini? Meskipun sederhana, hanya menggunakan kelereng dan sendok, lomba ini bisa dibilang hampir selalu ada dalam perayaan 17 Agustusan dan selalu bisa menjadi hiburan tersendiri bagi banyak orang.

Cara melakukan lomba ini sangat mudah, para peserta akan menggunakan mulut mereka untuk memegang sendok, dan menaruh kelereng diatas sendok tersebut. 

Kemudian lomba dilanjutkan bisa dengan berbagai cara, mulai dari membawa kelereng tersebut dari satu tempat ke tempat lainnya, atau permainan estafet sebagai tim untuk memindahkan kelereng tersebut dari sendok ke sendok.

2. Lomba Menangkap Hewan

Ide kedua lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu adalah lomba menangkap hewan, dimana hewan ini dapat disesuaikan dengan hewan-hewan yang menarik untuk anak-anak, seperti bebek atau ayam.

Bagi anak-anak, selain menyenangkan, lomba ini melatih ketangkasan dan keberanian anak-anak. Hal yang perlu diperhatikan adalah agar menggunakan hewan yang benar-benar aman untuk anak-anak.

3. Lomba Balap Karung dengan Helm
Lomba Balap Karung dengan Helm

Balap karung adalah salah satu lomba yang pasti ada dalam setiap perayaan 17 Agustusan. Untuk anak-anak, lomba balap karung ini dapat ditambahkan dengan menggunakan helm orang dewasa, agar semakin menarik untuk disaksikan. 

Lomba ini tentunya sangat sederhana, para peserta akan bergerak dari garis awal hingga garis akhir lintasan lomba menggunakan karung dengan cara melompat-lompat, hingga ke garis akhir lintasan lomba.

4. Ide Lomba Agustusan Pecah Balon Air
Ide Lomba Agustusan Pecah Balon Air

Lomba memecahkan balon yang berisi air juga termasuk lomba 17 agustusan yang menarik untuk anak-anak. Lomba ini termasuk lomba yang dapat divariasikan dengan berbagai cara, dan tujuan akhirnya tentunya memecahkan balon yang berisi air tersebut.

Berbagai variasi cara tersebut mulai dari menutup mata anak-anak, meminta anak-anak untuk berputar-putar terlebih dahulu sebelum memecahkan balon berisi air tersebut, dan masih banyak lagi cara lainnya.

5. Lomba Fashion

Lomba fashion adalah salah satu lomba 17 Agustusan untuk anak-anak yang cukup menarik perhatian meskipun termasuk lomba yang cukup membutuhkan persiapan yang baik.. Sesuai dengan namanya, lomba ini tentunya akan menampilkan berbagai busana atau pakaian yang identik dengan 17 Agustusan dan dikenakan oleh anak-anak.

Agar semakin menarik, busana atau pakaian yang ditampilkan bisa menggunakan bahan-bahan daur ulang, agar dapat melatih kreatifitas Yupiers.

Ide Lomba 17 Agustusan yang Kreatif Untuk Remaja dan Dewasa

Setelah mengetahui beberapa lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu untuk anak-anak, berikut ini adalah ide lomba 17 Agustusan untuk remaja dan dewasa.

6. Lomba Futsal dengan Daster
Lomba Futsal dengan Daster

Saat memasuki usia remaja, anak-anak biasa sangat tertarik dengan berbagai hal, termasuk salah satunya adalah olahraga sepak bola, yaitu futsal. Hal ini dapat Yupiers manfaatkan untuk membuat lomba futsal 17 Agustusan yang menarik.

Cara untuk membuat lomba futsal 17 Agustusan menjadi menarik ini adalah dengan meminta para peserta menggunakan aksesoris tambahan seperti daster atau helm. 

Hal yang harus diperhatikan dalam lomba ini adalah agar tetap dapat dimainkan dengan aman, karena tujuan dari lomba ini bukan hanyalah kemenangan, tapi juga keseruan dan sportifitas.

7. Lomba Bakiak

Lomba bakiak bisa menjadi ide lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu bagi anak remaja hingga orang dewasa. Yupiers tentunya sudah mengetahui permainan yang bernama bakiak ini.

Permainan ini akan membuat para peserta membuat grup kecil, kemudian mereka akan menggunakan bakiak untuk bersama-sama melangkah dari garis awal lomba hingga garis akhir lomba. Untuk permainan lomba yang satu ini, sangat membutuhkan kerja sama tim dari masing-masing peserta grup tersebut.

8. Lomba 17 Agustusan Bermain Egrang
Lomba 17 Agustusan Bermain Egrang

Sebagai alternatif dari bakiak, permainan lomba 17 Agustusan dengan menggunakan egrang juga bisa menjadi lomba yang unik dan menarik. Untuk lomba dengan menggunakan egrang, sebaiknya pastikan bahwa para peserta mempunyai persiapan yang baik, karena tidak semua orang bisa menggunakan egrang.

Lomba egrang ini bisa dilakukan dengan cara meminta para peserta berjalan dengan menggunakan egrang dari garis awal lomba sampai garis akhir lomba sambil menjaga keseimbangan saat menggunakan egrang.

9. Lomba Makan Kerupuk

Siapa yang tidak tahu dengan lomba yang satu ini, pasti selalu ada dalam setiap perayaan 17 Agustusan, lomba makan kerupuk adalah lomba yang dapat dilakukan anak remaja, orang dewasa, dan juga bahkan anak-anak.

Lomba makan kerupuk ini mengharuskan pesertanya menghabiskan kerupuk yang digantung dengan menggunakan tali tanpa menggunakan tangan. 

10. Lomba Panjat Pinang
Lomba Panjat Pinang

Sama seperti lomba makan kerupuk, lomba panjat pinang adalah salah satu lomba yang sangat sering, dan pasti ada dalam perayaan 17 Agustusan. Yupiers pasti sudah mengetahui lomba yang satu in.

Dalam lomba yang satu ini, para peserta akan bekerja sama untuk mendapatkan berbagai macam hadiah yang tersedia di atas pohon pinang atau pohon lainnya yang telah dilumuri oleh pelicin seperti minyak, oli atau yang lainnya.

Ide Lomba 17 Agustusan yang Anti Mainstream Untuk Orang Tua

Selanjutnya, berikut ini adalah beberapa ide lomba 17 Agustusan yang cocok untuk para orang tua.

11. Lomba Tarik Tambang Untuk Bapak-Bapak
lomba tarik tambang untuk bapak bapak

Ide lomba 17 Agustusan bagi orang tua yang pertama adalah lomba tarik tambang. Para ayah atau orang dewasa pria tentunya memiliki tenaga yang besar, karena hal tersebut, ide lomba tarik tambang ini sangat cocok untuk mereka.

Agar semakin menarik, lomba tarik tambang juga bisa menggunakan aksesoris lainnya seperti daster, atau hal lainnya, sesuai dengan kreativitas. Tidak hanya para ayah dan orang dewasa pria, anak remaja laki-laki juga bisa memainkan lomba tarik tambang ini.

12. Lomba Gebuk Bantal

Bagi Yupiers yang bertempat tinggal di dekat sungai, danau  atau kolam yang tidak dalam, maka lomba gebuk bantal ini akan menjadi pilihan yang tepat sebagai lomba 17 Agustusan untuk orang dewasa, atau para remaja.

Dalam permainan ini, kedua peserta lomba akan saling berusaha menjatuhkan lawannya ke air dengan cara memukul lawannya menggunakan bantal.

13. Lomba Memindahkan Tepung

Bagi para ibu, tentunya memindahkan tepung secara estafet dengan menggunakan wadah tentunya bisa menjadi lomba yang sangat menarik untuk diikuti. Lomba ini akan menarik perhatian karena tepung yang dipindahkan ini bisa mengenai para peserta lomba.

Para peserta akan memindahkan tepung dengan menggunakan wadah dari orang pertama hingga orang terakhir dalam grup, grup dengan jumlah tepung terbanyak yang berhasil sampai ke orang terakhir adalah pemenangnya.

14. Lomba Merias dengan Mata Tertutup Untuk Ibu-Ibu
lomba merias dengan mata tertutup untuk ibu-ibu (1)

Bagi para ibu, merias wajah tentunya menjadi hal yang biasa dilakukan, namun bagaimana jika kegiatan satu ini dilakukan dengan sedikit tantangan. Dalam lomba merias dengan mata tertutup ini, para ibu akan merias wajah suaminya.

Lomba ini akan sangat menghibur, karena tentunya merias wajah dengan mata tertutup tidaklah mudah, hasil akhir dari riasan wajah dari para ibu untuk suami mereka juga sering kali menjadi hal yang lucu. Pemenang dari lomba biasanya ditentukan dengan melihat riasa yang paling tepat.

15. Lomba Memasukan Paku ke Botol

Ide lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu selanjutnya adalah lomba memasukan paku ke dalam botol. Dalam lomba ini, para peserta akan diikat oleh tali dimana pada bagian belakang bawah peserta akan terdapat paku yang menggantung.

Paku yang menggantung tersebut kemudian harus dimasukan ke dalam sebuah botol tanpa menggunakan tangan. Selain menggunakan paku, ada berbagai alternatif lainnya yang dapat digunakan dalam lomba ini, seperti pulpen, pensil dan masih banyak lagi.

Ide Lomba 17 Agustusan yang Kreatif Lainnya

Selain beberapa lomba tersebut, berikut ini adalah beberapa ide lomba 17 Agustusan lainnya yang dapat Yupiers coba.

  1. Lomba tebak benda di dalam kotak yang tertutup.
  2. Lomba memakan makanan dari dahi tanpa menggunakan tangan.
  3. Lomba layang-layang.
  4. Lomba tebak lagu nasional.
  5. Lomba menahan tawa.
  6. Lomba menyambungkan kata.
  7. Lomba menyusun gambar.
  8. Lomba meniup balon.
  9. Lomba menyambung lirik lagu.
  10. Lomba cerdas cermat.
  11. Lomba puisi.
  12. Lomba joget balon.
  13. Lomba memindahkan karet dengan sedotan.
  14. Lomba lari marathon.
  15. Lomba lari gendong.
  16. Lomba memindahkan hula hoop dengan tangan bergandengan.
  17. Lomba joget hula hoop.
  18. Lomba memasukan benang ke jarum.
  19. Lomba menirukan tokoh.
  20. Lomba mengambil koin dari permukaan buah.

Itulah beberapa ide lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu dari Yumin kali ini. Merayakan 17 Agustusan adalah salah satu cara untuk menghormati jasa para pahlawan dan merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Merayakan 17 Agustusan juga bisa memberikan pelajaran bagi anak-anak untuk mengerti arti kemerdekaan

Melakukan lomba 17 Agustusan tersebut, tentunya membutuhkan tenaga dan kondisi tubuh yang baik. Karena hal tersebut, cukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi Yupiers dengan berbagai camilan dari Yupi seperti Yupi Bolicious Strawberry, Yupi Bolicious White Grape, dan masih banyak lagi.

Semoga informasi tentang ide lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu dari Yumin kali ini bermanfaat untuk Yupiers ya, selamat merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Home Our Story Events Games Profile