menu
logo mobile
sound
Yupi Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Ibu, Yuk Pahami Apa itu Vitamin D dan Manfaatnya untuk Anak

Vitamin merupakan salah satu hal penting bagi semua orang, termasuk juga bagi anak-anak. Ada berbagai jenis vitamin yang penting untuk tubuh, salah satunya adalah vitamin D.

Apa itu vitamin D? Melansir informasi dari Healthline, vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak tubuh, dan termasuk ke dalam keluarga senyawa yang mencakup vitamin D1, vitamin D2 dan vitamin D3.

Vitamin D memainkan beberapa fungsi yang penting bagi tubuh, salah satunya yang paling penting adalah mengatur penyerapan kalsium dan fosfor, serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mendapatkan vitamin D yang cukup bagi tubuh juga akan berpengaruh pada perkembangan tulang dan gigi, terutama bagi anak-anak.

Selain beberapa hal tersebut, apa sajakah manfaat vitamin D bagi tubuh terutama bagi anak-anak, dan dari mana sajakah sumber vitamin D ini bisa kita dapatkan? Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, simak pembahasan tentang vitamin D dari Yupi kali ini ya.

Apa saja Manfaat Vitamin D?

Pertama-tama, mari kita ketahui beberapa manfaat vitamin D bagi tubuh, dan berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin D bagi tubuh tersebut.

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Apakah Yupiers tahu bahwa Vitamin D memegang peran yang krusial dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi?  Ini karena vitamin D memiliki fungsi penting dalam meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Selain itu, vitamin D juga sangat berperan dalam mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak serta mencegah risiko osteoporosis pada orang dewasa. 

Kehadiran vitamin D juga sangat esensial bagi ibu yang sedang menyusui, membantu mereka memenuhi kebutuhan kalsium untuk diri sendiri dan juga untuk perkembangan tulang yang sehat pada bayinya.

Penelitian dari National Library of Medicine mengungkapkan bahwa kurangnya vitamin D dalam tubuh dapat berkontribusi pada risiko osteoporosis dan patah tulang, terutama pada orang tua dan pasca menopause. Studi ini juga menyoroti bahwa suplemen vitamin D dan kalsium dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mengurangi risiko patah tulang pada kelompok lanjut usia.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat vitamin D yang kedua adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara menunjang kerja sel darah putih dalam melawan patogen. Vitamin D juga memiliki sifat anti radang dan antiokeisan yang mampu meningkatkan kerja sistem imun atau daya tahan tubuh, saraf dan otot.

Melansir informasi dari Medical News Today, para peneliti percaya ada hubungan antara kekurangan vitamin D dalam jangka waktu yang panjang dengan kondisi autoimun seperti diabetes tipe 1 dan rheumatoid arthritis, namun hal ini perlu dilakukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasinya.

Para peneliti percaya mungkin ada hubungan antara kekurangan vitamin D jangka panjang dan perkembangan kondisi autoimun, seperti diabetes tipe 1 dan rheumatoid arthritis, namun diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi hubungan tersebut.

3. Membantu Penurunan Berat Badan

Seseorang dengan kadar vitamin D yang rendah, memiliki peluang yang lebih besar untuk memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Dalam sebuah penelitian yang dilampirkan oleh situs Healthline, orang yang mengkonsumsi suplemen vitamin D dan menjalani program diet, dapat menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan orang yang hanya menjalankan program diet saja.

4. Meningkatkan Suasana Hati dan Menurunkan Depresi

Manfaat vitamin D yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan depresi. Kedua hal tersebut sangat berkaitan erat dengan mental health atau kesehatan seseorang, dan khasiat vitamin D pada kedua hal tersebut sudah dibuktikan.

Masih mengutip dari Healthline, dalam sebuah penelitian tinjauan terhadap 7.534 orang yang mengalami emosi negatif dan menerima suplemen vitamin D, merasakan adanya perubahan baik dalam gejala yang mereka rasakan.

5. Terhindar Dari Penyakit Kanker

Manfaat vitamin D yang cukup penting bagi tubuh adalah mampu membantu terhindar dari penyakit kanker. Hal tersebut karena vitamin D memiliki kandungan yang memiliki sifat antikarsinogenik yang diketahui dapat memperlambat perkembangan sel kanker, dan merangsang kematian bagi sel kanker hingga mencegah tumor.

Beberapa jenis kanker yang dapat terhindar dengan rutin mengkonsumsi vitamin D adalah seperti kanker payudara pada wanita, kanker prostat pada pria, dan kanker hati.

6. Membantu Mencegah Kelahiran Prematur

Manfaat vitamin D yang tidak kalah penting bagi seorang ibu, terutama bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan adalah dapat membantu mencegah terjadinya kelahiran prematur pada anaknya.

Melansir informasi dari Medical News Today, dimana dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015, menunjukan bahwa meningkatkan asupan vitamin D bagi tubuh dapat membantu menghilangkan bakterial vaginosis atau BV pada wanita dengan usia produktif, dimana BV ini adalah penyebab buruknya kehamilan pada seorang wanita yang sedang hamil.

7. Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Manfaat vitamin D terakhir yang akan dibahas oleh Yupi kali ini adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Dalam beberapa penelitian menunjukan bahwa kekurangan vitamin D dapat berakibat meningkatnya resiko terkena penyakit jantung dan paru-paru.

Apa Saja Sumber Vitamin D dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Setelah mengetahui apa saja manfaat vitamin D, lalu dari mana sajakah kita bisa mendapatkan vitamin D yang penting bagi tubuh ini? Berikut ini adalah beberapa sumber vitamin D yang bisa Yupiers dapatkan.

1. Daging dan Telur

Sumber makanan vitamin D yang pertama adalah daging dan telur. Daging merah seperti daging sapi, bisa menjadi makanan yang Yupiers konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, namun pastikan daging tersebut diolah dengan tingkat kematangan yang tepat ya.

Selanjutnya, telur, yang ternyata bukan hanya mengandung protein, tetapi juga mengandung vitamin D. Untuk protein bisa didapatkan dari bagian putih telur, lalu untuk vitamin D, bisa didapatkan dari kuning telur yang Yupiers konsumsi.

2. Makanan Laut dan Minyak Ikan

Beberapa makanan laut seperti ikan tuna, ikan salmon, dan ikan sarden adalah makanan laut yang kaya akan vitamin D. Beberapa makanan tersebut mengandung mengandung sekitar 269 IU vitamin D yang seperti telah kita ketahui memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi.

Baik makanan laut dan minyak ikan, berdasarkan informasi dari National Institute of Health, adalah salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin D.

3. Produk Olahan Susu

Susu sudah terkenal memiliki banyak vitamin dan hal penting lainnya bagi tubuh, termasuk salah satunya adalah vitamin D. VItamin D dalam susu termasuk beberapa produk olahan susu seperti keju atau yogurt dapat membantu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh, sehingga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi.

4. Paparan Sinar Matahari

Tahukan Yupiers bahwa vitamin D juga bisa didapatkan dari paparan sinar matahari? Melansir informasi dari Harvard School of Public Health, sinar matahari yang menghasilkan sinar UV B, memiliki kandungan vitamin D2 dan vitamin D3 di dalamnya.

Dikatakan juga bahwa banyak orang yang kekurangan vitamin D dikarenakan mereka tinggal di tempat yang memiliki sinar matahari yang terbatas, atau sering berada di dalam ruangan. 

5. Suplemen Multivitamin

Sumber vitamin D yang terakhir akan dibahas oleh Yupi kali ini adalah suplemen multivitamin. Sesuai namanya, suplemen multivitamin adalah adalah suplemen yang mengandung vitamin di dalamnya, dan salah satu di dalamnya adalah vitamin D.

Saat ini, ada berbagai jenis multivitamin yang tersedia saat ini, dan sebagai rekomendasi terbaik dari Yupi adalah Yupi CDZ. Kenapa Yupi CDZ?

Yupi CDZ adalah salah satu multivitamin gummy dari Yupi yang namanya terinspirasi dari kandungan di dalamnya, yaitu vitamin C, vitamin D dan Zinc. Tidak hanya dapat memberikan banyak manfaat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Yupi CDZ juga dibuat tanpa menggunakan pengawet, gluten-free, tanpa lemak dan tentu saja 100% halal.

Itulah beberapa informasi tentang vitamin D dari Yupi kali ini. Vitamin D adalah vitamin yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, sampai membantu menjaga kesehatan jantung, termasuk beberapa sumber vitamin D yang bisa Yupiers segera konsumsi.

Semoga informasi tentang vitamin D dari Yupi kali ini bermanfaat bagi Yupiers ya!

Home Our Story Events Games Profile