menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

12 Jenis Makanan Tinggi Kalsium Untuk Kesehatan Tulang Anak

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan tubuh, seperti kesehatan tulang dan gigi contohnya. Maka dari itu, mengonsumsi makanan tinggi kalsium adalah rutinitas yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan setiap hari baik untuk bayi maupun orang tua.

Melansir dari Medical News Today, kalsium memiliki peran yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang, kontraksi otot, pembekuan darah, mengurangi risiko hipertensi selama kehamilan, meningkatkan kadar kolesterol yang baik, hingga mengurangi risiko osteoporosis.

Nah, dari semua manfaat tersebut, karena kita semua tahu bahwa mengonsumsi makanan tinggi kalsium adalah rutinitas yang perlu dijalani setiap hari bagi anak maupun orang tua. Oleh karena itu, maka Yumin kali ini akan berbagi beberapa informasi tentang jenis makanan tinggi kalsium untuk kesehatan tulang anak.

Selain itu, kita juga akan menelaah beberapa informasi terkait lainnya seperti berapa banyak kalsium yang dibutuhkan setiap hari, hingga cara mendapatkan kalsium yang cukup dari makanan.

Simak baik-baik, ya!

1. Susu

Susu adalah salah satu minuman tinggi kalsium yang wajib dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa. Sebuah penelitian yang berjudul "Milk and Dairy Products: Good or Bad for Human Health? An Assessment of the Totality of Scientific Evidence." menyatakan bahwa susu tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang, tetapi juga mengurangi risiko obesitas pada anak, penyakit kardiovaskular (stroke), kanker usus besar, dan banyak manfaat lainnya.

Segelas susu juga mengandung sekitar 275 mg kalsium didalamnya. Hal ini juga memiliki tujuan untuk mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang pada usia lanjut di masa mendatang. Maka dari itu, susu adalah sumber kalsium yang penting sebagai salah satu cara menambah tinggi badan.

2. Almond

Dalam 100 gram Almond, terdapat kandungan kalsium sebanyak 264 mg yang berguna untuk kesehatan tulang. Tidak hanya itu, almond menjadi salah satu makanan tinggi kalsium yang direkomendasikan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol total dan LDL, serta memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan, mengutip dari Harvard Education School of Public Health.

3. Kacang dan Lentil

Menurut jurnal dari North Dakota State University, kacang-kacangan kering yang bisa dikonsumsi adalah sumber nutrisi yang sangat kaya. Mereka mengandung berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi, sambil memberikan kalori dalam jumlah sedang. Kacang-kacangan juga menghasilkan protein, serat, folat, zat besi, kalium, hingga magnesium.

Konsentrasi nutrisi yang tinggi ini bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat mengurangi risiko penyakit tertentu, termasuk penyakit jantung, obesitas, dan beberapa jenis kanker.

4. Yogurt

Yogurt 250 gram mengandung 260 mg kalsium yang dapat membantu mencegah osteoporosis karena kalsium berperan penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi.

Menurut jurnal Nutrition Reviews di National Library of Medicine yang berjudul “Yogurt, cultured fermented milk, and health: a systematic review”, Yogurt juga mengandung probiotik seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium yang bermanfaat untuk pencernaan dan kekebalan tubuh. Probiotik dalam yogurt dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh.

Lebih lanjut penelitian tersebut juga menemukan bahwa konsumsi produk susu yang difermentasi dapat berpengaruh positif pada kesehatan pencernaan, kesehatan kardiovaskular, risiko kanker, pengelolaan berat badan, diabetes dan kesehatan metabolik, serta kepadatan tulang.

Anak-anak tentunya perlu mengkonsumsi yogurt sebagai sumber kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi.

5. Sarden Kalengan

Sarden kalengan adalah sumber kalsium yang baik. Menurut USDA Food Composition Database, 100 gram sarden kalengan memiliki kandungan kalsium sebanyak 382 mg. Sarden kalengan juga merupakan sumber protein, vitamin D, dan asam lemak omega-3 yang baik.

6. Edamame

Edamame adalah makanan kedelai yang populer di Jepang dan diklasifikasikan sebagai sayuran, bukan tanaman biji-bijian seperti biji kedelai yang matang. Setiap 100 gram edamame mengandung kalsium sebanyak 58 mg yang dapat membantu melengkapi kebutuhan kalsium harian.

Menurut Takuji Ohyama, seorang peneliti dari Tokyo University of Agriculture, Edamame mengandung berbagai nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, dan mineral dalam kadar yang serupa dengan biji kedelai yang sudah matang berdasarkan berat kering.

Selain itu, edamame mengandung konsentrasi vitamin A, C, K, dan asam folat yang lebih tinggi dibandingkan biji kedelai yang sudah matang. 

7. Rhubarb

Rhubarb adalah tanaman yang dapat dimakan yang memiliki batang berwarna merah atau hijau. Batang rhubarb dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti pie, selai, dan saus.

Menurut data dari USDA Food Composition Database, 100 gram rhubarb mentah mengandung sekitar 86 mg kalsium.

8. Keju 

Makanan tinggi kalsium berikutnya adalah keju. Menurut Harvard Education School of Public Health, satu ons keju mengandung sekitar 180 mg kalsium.

Penelitian tersebut juga menegaskan bahwa keju mengandung protein, lemak, dan vitamin D yang baik. Keju adalah sumber protein yang baik, memberikan sekitar 8 gram protein per ons. Keju juga mengandung lemak, yang dapat memberikan energi dan rasa. Keju adalah sumber vitamin D yang baik, yang membantu tubuh menyerap kalsium.

9. Bok Choy (Sawi Sendok)

Bok choy adalah makanan yang serbaguna dan dapat dinikmati sebagai sayuran sampingan, ditambahkan ke sup atau salad, atau ditumis. Menurut Harvard Education School of Public Health, 170 gram bok choy mengandung kalsium sebanyak 158 mg.

Bok choy juga merupakan sumber vitamin A, vitamin C, dan serat yang baik. Bok choy adalah sumber vitamin A yang baik, yang penting untuk kesehatan mata. Bok choy juga merupakan sumber vitamin C yang baik, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. 

10. Buah Tin atau Ara

Buah tin dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga mampu mengontrol kadar gula darah. Selain itu, buah tin dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan kolesterol, hingga menjaga kesehatan tulang. Buah tin 100 gram mengandung kalsium sebanyak 35 mg menurut data dari USDA Food Composition Database.

11. Bayam

Buah tin atau ara adalah buah yang kaya akan nutrisi, termasuk kalsium, serat, vitamin K, dan antioksidan, selain itu juga, bayam adalah sayuran yang kaya akan nutrisi, serta kalsium. Menurut data dari USDA Food Composition Database, 100 gram bayam mentah mengandung sekitar 99 mg kalsium. 

12. Makanan yang diperkaya kalsium

Makanan tinggi kalsium juga tidak hanya berasal dari beberapa yang sudah disebutkan diatas. Ada banyak makanan yang diperkaya kalsium, seperti sereal, jus buah, dan susu nabati. 

Makanan-makanan ini adalah pilihan yang baik untuk vegetarian dan vegan yang mungkin tidak mendapatkan cukup kalsium dari makanan lain.

Berdasarkan data dari USDA Food Composition Database, 100 gram cereal mengandung 3330 mg kalsium.

Apa Ciri Ciri Orang Kekurangan Kalsium?

Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang yang kuat. Berikut adalah ciri-ciri orang kekurangan kalsium yang dapat membahayakan kesehatan

Kebingungan atau Kehilangan Ingatan

Kekurangan kalsium dapat mengganggu fungsi otak, yang dapat menyebabkan kebingungan atau kehilangan ingatan. Hal ini karena kalsium penting untuk fungsi saraf dan otot.

Tanpa kalsium yang cukup, otak tidak dapat berfungsi dengan baik, yang dapat menyebabkan kebingungan atau kehilangan ingatan.

Kejang Otot

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kejang otot, terutama di tangan, kaki, dan wajah. Hal ini karena kalsium penting untuk kontraksi otot.

Kesemutan

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kesemutan di tangan, kaki, dan wajah. Hal ini karena kalsium penting untuk konduksi saraf.

Depresi

Kekurangan kalsium dapat meningkatkan risiko depresi. Hal ini karena kalsium penting untuk fungsi otak.

Kalsium membantu otak untuk memproduksi serotonin, yang merupakan hormon yang berperan dalam suasana hati. Tanpa kalsium yang cukup, produksi serotonin dapat terganggu, yang dapat meningkatkan risiko depresi.

Halusinasi

Kekurangan kalsium yang parah dapat menyebabkan halusinasi. Hal ini karena kalsium penting untuk fungsi otak. Kalsium membantu otak untuk berfungsi dengan baik. Tanpa kalsium yang cukup, otak tidak dapat berfungsi dengan baik, yang dapat menyebabkan halusinasi.

Kram Otot

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kram otot, terutama di kaki. Hal ini karena kalsium penting untuk kontraksi otot. Karena kalsium dapat membantu otot untuk berkontraksi, maka tanpa kalsium yang cukup, otot tidak dapat berkontraksi dengan baik, dan dapat menyebabkan kram.

Kuku Lemah dan Rapuh

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kuku lemah dan rapuh. Hal ini karena kalsium penting untuk pembentukan kuku. Kalsium dapat membantu kuku untuk tumbuh kuat dan sehat. Oleh karena itu, tanpa kalsium yang cukup, kuku dapat menjadi lemah dan rapuh, sehingga lebih mudah patah.

Mudah Patah Tulang

Ciri orang kekurangan kalsium yang terakhir bisa dibilang cukup mengkhawatirkan. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga lebih mudah patah.

Osteoporosis adalah kondisi tulang rapuh yang dapat disebabkan oleh kekurangan kalsium. Orang dengan osteoporosis lebih rentan mengalami patah tulang, bahkan hanya karena cedera kecil.

Berapa Banyak Kalsium yang Dibutuhkan Setiap Hari?

Dilansir dari Healthline, orang dewasa yang berumur 19-50 tahun direkomendasikan untuk mengkonsumsi kalsium sebanyak 1.000-1.200 mg. 

Sedangkan banyak kalsium yang dibutuhkan anak-anak cukup bervariasi sesuai umurnya. Berdasarkan data dari National Institutes of Health, Anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak kalsium daripada orang dewasa.

Bayi usia 0-6 bulan membutuhkan 200 mg kalsium per hari, anak-anak usia 7-10 tahun membutuhkan 700 mg kalsium per hari, dan anak-anak usia 11-13 tahun membutuhkan 1.300 mg kalsium per hari.

Dengan memenuhi kebutuhan kalsium sesuai usia tentunya dapat menjadi salah satu cara untuk menambah tinggi badan secara cepat dan sehat.

Bagaimana cara mendapatkan 1300 mg kalsium dari makanan?

Untuk mendapatkan 1300 mg kalsium dari makanan, kalian dapat pilih produk susu rendah lemak atau tanpa lemak, makan sayuran hijau secara rutin, konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai camilan atau topping makanan, pilih ikan sarden dan teri sebagai pilihan makanan laut. 

Kombinasi berbagai bahan makanan tinggi kalsium tersebut tentunya mampu menunjang kebutuhan kalsium untuk anak-anak selama usia pertumbuhannya, dan tentunya mencapai tinggi badan yang ideal sesuai usianya.

Yuk Penuhi Asupan Kalsium lebih Menyenangkan dengan Yupi Calci Bean!
Yupi Calci Bean

Makanan tinggi kalsium penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang yang kuat pada anak-anak. Dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium secara rutin, anak-anak dapat memiliki tulang yang sehat dan kuat untuk mendukung aktivitas sehari-hari mereka.

Untuk menunjang kebutuhan kalsium anak, tentunya sebagai orang tua kita harus bisa memilih dan mengorganisir bahan makanan tinggi kalsium yang akan anak-anak konsumsi sehari-hari. Dengan mengontrol asupan mereka, maka anak berkembang secara optimal dan ideal.

Agar si kecil tidak bosan dengan makanan yang disajikan setiap harinya, Yupiers dirumah juga bisa memberikan Yupi Calci Bean sebagai salah satu cemilan pendamping bagi si kecil agar dapat memenuhi nutrisi anak dirumah. Tidak hanya memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang enak, Yupi Calci Bean juga mengandung kalsium yang tentunya dapat menjadi cemilan yang tepat bagi anak-anak.

Itu dia penjelasan tentang makanan tinggi kalsium hingga beberapa informasi terkait pentingnya kalsium untuk pertumbuhan anak. Semoga bermanfaat, ya!

Home Our Story Events Games Profile