menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Ibu, Yuk Kenali Manfaat Vitamin Zinc untuk Anak!

Zinc merupakan salah mineral yang sangat penting bagi tubuh, karena ada berbagai manfaat zinc untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya, mineral zinc ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, karena hal tersebut, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan zinc ini.

Lalu apa sajakah manfaat dari zinc bagi tubuh kita dan makanan apa saja yang perlu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan zinc ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini ya.

Apa itu Zinc?

Pertama-tama, mari kita membahas terlebih dahulu tentang apa itu zinc. Melansir informasi dari National Institutes of Health, Office of Dietary Supplements: Zinc, zinc adalah mineral esensial yang sangat penting bagi fungsi tubuh manusia. Sebagai mikronutrien, zinc memiliki peran dalam banyak proses biokimia, mendukung ratusan enzim, berperan dalam sintesis protein, dan memelihara sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu juga, berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan, zinc juga dibutuhkan untuk mengurangi peradangan, mempercepat proses penyembuhan luka, dan bahkan salah satu manfaat zinc untuk anak adalah dapat mendukung proses pertumbuhan anak, yang mana masing-masing manfaat akan kita bahas lebih lanjut.

Apa saja Manfaat Vitamin Zinc?

Setelah mengetahui apa itu zinc, mari bahas satu-persatu manfaat zinc termasuk manfaat zinc untuk anak

1. Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat zinc yang pertama adalah dapat meningkatkan imun tubuh. Zinc memiliki fungsi sel darah putih yang disebut juga limfosit T. Sel darah putih ini sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan dan menetralkan patogen yang masuk ke dalam tubuh seperti bakteri, virus dan jamur.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat zinc yang kedua adalah bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Hal tersebut karena zinc memiliki peran penting dalam memproduksi kolagen, yaitu serat protein yang memberikan kekuatan dan tekstur elastis pada kulit.

Jika produksi kolagen maksimal, maka luka dapat menyusut dan menutup lebih cepat, karena itulah zinc sering dijadikan bahan dasar pembuatan obat untuk mengatasi luka pada kulit seperti luka bakar, bisul, atau luka lainnya.

3. Mengurangi Peradangan

Manfaat zinc yang selanjutnya adalah mampu meredakan peradangan. Hal tersebut karena zinc dapat meredakan stres oksidatif sehingga peradangan yang terjadi di dalam tubuh bisa mereda. Pada akhirnya, zinc dapat menurunkan risiko mengalami berbagai penyakit kronis akibat peradangan seperti jantung, kanker, pneumonia, dan degenerasi makula karena usia.

Baca juga: Apa itu Stunting pada Anak? Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya 

4. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat zinc untuk anak yang selanjutnya, terutama untuk anak remaja adalah dapat mengurangi peradangan pada kulit kulit sehingga dapat menghambat bakteri propionibacterium acnes dan menekan aktivitas kelenjar minyak, yang pada akhirnya dapat mencegah dan menekan jerawat.

Untuk mengatasi masalah jerawat dengan zinc ini, mineral satu ini kerap dijadikan bahan krim oles untuk mengatasi masalah kulit berjerawat atau suplemen yang dapat diminum setiap harinya untuk mengatasi jerawat.

5. Mengatasi Masalah Diare

Ketika seseorang mengalami diare, maka mungkin saja dokter memberikan suplemen zinc untuk membantu memulihkan diri. Berdasarkan sejumlah penelitian, zinc dapat membantu mengurangi durasi dan keparahan diare, terutama pada anak yang kekurangan zinc.

Manfaat zinc dalam mengatasi diare ini adalah karena zinc memiliki peran dalam membantu proses perpindahan air dan cairan elektrolit di dalam usus selama tubuh mengalami diare.

6. Mendukung Pertumbuhan Anak

Manfaat zinc untuk anak yang paling penting adalah dapat mendukung pertumbuhan anak. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang menyebutkan bahwa mencukupi kebutuhan zinc pada anak, dapat membantu pertumbuhan tinggi dan berat badan mereka untuk mencapai angka yang ideal.

Sebaliknya, kekurangan zinc dapat menghambat pertumbuhan anak-anak dan menyebabkan keterlambatan kognitif dan motoriknya.

Baca juga: Anak Kurang Gizi: Ciri-Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasinya 

Apa saja Makanan yang Mengandung Zinc?

Setelah mengetahui beberapa manfaat zinc, lalu apa saja makanan yang mengandung zinc? Berikut ini adalah makanan-makanan yang mengandung zinc.

1. Daging, Ikan, dan Hewan Laut

Makanan yang mengandung vitamin zinc yang pertama akan kita bahas adalah daging, ikan dan hewan laut.

Daging merah menjadi sumber zinc yang sangat baik bagi tubuh, baik itu daging sapi atau domba. Bahkan bukan hanya zinc, daging merah juga mengandung zat besi, vitamin B dan keratin. Namun konsumsi daging merah ini tetap harus Yupiers batasi dan jangan berlebihan.

Selanjutnya adalah ikan, salah satu contohnya adalah ikan salmon dan ikan sarden. Ikan salmon memiliki 0.5-0.6 mg pada setiap 100 gram ikan salmon, sementara ikan sarden kalengan mengandung sekitar 2-3 mg zinc pada 100 gram ikan sarden. 

Lalu dari hewan laut, kita bisa mengambil contoh tiram. Tiram merupakan sumber makanan yang kaya akan zinc, karena dalam 1 buah tiram terkandung 5.5 mg zinc, dan hal tersebut sudah bisa memenuhi setengah kebutuhan zinc harian orang dewasa.

Tidak hanya zinc, tiram juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin B12 dan selenium yang juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

2. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Makanan yang mengandung zinc yang selanjutnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang-kacangan seperti kacang mete dapat memenuhi kebutuhan zinc harian tubuh sebanyak 15%. Lalu dari biji-bijian salah satu contohnya adalah wijen, biji rami dan biji labu.

Baca juga: 12 Jenis Makanan Tinggi Kalsium Untuk Kesehatan Tulang Anak 

3. Buah-buahan dan Sayuran

Makanan yang mengandung zinc yang selanjutnya adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Dari buah-buahan, beberapa diantaranya adalah buah alpukat, pisang, dan jambu biji. 

Buah alpukat memiliki kandungan 0.4 mg zinc pada 100 gram alpukat menurut Data Komposisi Pangan Indonesia. Selanjutnya buah pisang, tergantung dari tingkat kematangannya, memiliki 0.1-0.2 mg zinc di dalamnya. Lalu buah jambu biji, memiliki 0.23 mg zinc dalam 100 gram buah jambu biji.

Selanjutnya sayur-sayuran, beberapa diantaranya adalah kangkung dan asparagus. Kandungan zinc pada kangkung sebenarnya bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti jenis tanah, metode bertaninya sampai tingkat kematangannya.

Namun dalam beberapa referensi kadar zinc pada sayur kangkung biasanya kurang 0.5 mg zinc dalam 100 gram kangkung. Lalu asparagus memiliki sekitar 0.2-0.4 mg zinc dalam 100 gram asparagus.

Baca juga: 12 Buah Penambah Imun Tubuh yang Bagus, Cek Disini!

4. Multivitamin Gummy
Yupi CDZ

Lalu makanan yang mengandung zinc yang terakhir adalah multivitamin gummy. Pertama-tama, apa itu multivitamin? Multivitamin adalah suplemen yang di dalamnya terdapat berbagai macam vitamin dan mineral.

Selanjutnya, multivitamin kini tersedia dalam berbagai macam bentuk, salah satunya adalah multivitamin gummy. Multivitamin gummy adalah multivitamin dengan tekstur kenyal dan praktis untuk dikonsumsi.

Sebagai rekomendasi multivitamin gummy terbaik dari Yupi adalah Yupi CDZ. Yupi CDZ adalah multivitamin gummy yang merupakan kombinasi dari vitamin C, vitamin D, dan zinc.

Yupi CDZ juga memiliki rasa buah yang segar, dibuat tanpa pengawet, gluten-free, tanpa lemak dan 100% halal.

Itulah informasi mengenai beberapa manfaat zinc untuk anak mulai dari meningkatkan imun tubuh sampai mendukung pertumbuhan anak. Semoga informasi tentang manfaat zinc untuk anak dari Yupi kali bermanfaat untuk Yupiers ya.

 

Referensi:

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/760/manfaat-zinc 

https://www.alodokter.com/ketahui-6-manfaat-zinc-bagi-tubuh 

https://ods.od.nih.gov/factsheets/Zinc-HealthProfessional/ 

https://www.family.abbott/id-id/ensure/tools-and-resources/tips-on-how-to-live-strong/nutrition/manfaat-zinc-bagi-tubuh.html 

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-zinc/ 

https://www.sehataqua.co.id/makanan-yang-mengandung-zinc/ 

https://www.watsons.co.id/id/blog/id/kesehatan-id/8-sumber-makanan-yang-mengandung-zinc-kadar-tinggi 

https://www.alodokter.com/7-makanan-yang-mengandung-zinc-tinggi 

https://www.generasimaju.co.id/artikel/1-tahun/nutrisi-makanan/makanan-mengandung-zinc-anak

Home Our Story Events Games Profile