cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Bakat-Bakat Millenial di Era “Serba” Digital

Halo Yupiers!

Apa sih yang kalian ketahui tentang digital? Internet? Smartphone? Hayo ngaku, hihihi. Dalam dunia digital bukan hanya itu saja, Yupiers. Era digital itu bagaimana segala sesuatu oleh kita dapat saling berkomunikasi antar jarak dan wilayah yang terhubung satu sama lain. Kenapa begitu? Karena dari yang jauh bisa menjadi dekat, akan menjadi sebuah kemudahan bagi kita dalam mengakses hal apapun untuk terus beradaptasi dan berkembang demi masa depan. Seperti halnya juga dalam mengembangkan bakat kita sendiri loh, Yupiers.

Bakat pada umumnya merupakan sesuatu yang berhubungan dengan karier seseorang kedepannya melalui kemampuan atas pergerakan fisik yang menonjol dan mempunyai keunggulan daripada orang lain, Yupiers. Bentuknya itu bisa seperti bakat dalam menyanyi, menari, memainkan musik, sepakbola dan masih banyak lagi. Kata orang-orang sih, bakat katanya sudah diturunkan sejak lahir. Namun, ada juga yang bilang bakat itu gabungan komposisi yang terdiri dari minat, latihan dan usaha yang terus diasah sedemikian matang.

Tetapi… selain bakat yang sudah disebutkan di atas, ternyata ada loh bakat-bakat yang berhubungan dengan dunia digital, seperti; content creator, vlogger, influencer, key opinion leader (KOL) dan digital maker. Eitss, kok bisa sih ada bakat yang berhubungan dengan urusan digital? Nah, justru itu, kita akan mengulas seperti apa dan gimana sih "Discover your Talent" mengenai bakat-bakat tersebut di tengah era digital saat ini dengan seru dan menyenangkan!

Berikut ini adalah rekomendasi bakat-bakat yang mempunyai peluang besar atas semua yang bergantung pada akses di dalam dunia digital, terutama bagi kita nih sebagai generasi Millenial yang akan memegang peran penting demi perubahan bangsa dan negara kita di masa mendatang. Layaknya seperti ragam kelezatan rasa buah Permen Yupi Gummy tawarkan, segala bakat apapun bisa diciptakan selagi hal itu bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain. Pantengin terus and share the Yupiness ya, Yupiers! Cekidot.
discover your talent 3

Content Creator

Content creator? Bakat apaan tuh? Membuat sesuatu yang bikin viral di media sosial? Atau menjadi seorang Youtuber terkenal yang videonya menggugah rasa penasaran dari penonton? Gambaran umumnya memang begitu kok. Tapi tahu gak sih, content creator sebenarnya lebih dari itu loh, Yupiers. Content creator itu bakat seperti apa sih? Jadi, content creator merupakan orang yang merencanakan, mengatur dan melaksanakan suatu konten yang berupa; tulisan, gambar, video, suara atau sesuatu yang berhubungan dengan bentuk karya yang ditampilkan pada sebagian besar di media digital.

Selama berselancar dalam dunia internet, Yupiers bisa kok menyebarkan konten yang bukan hanya di media sosial (Youtube dan Instagram) saja, tetapi jangkauannya dapat begitu luas, seperti di aplikasi seluler, website atau blog pribadi yang sifatnya bisa individu maupun mengarah ke urusan komersial.

Bagi yang ingin menjadi content creator, pada dasarnya kita harus memperhatikan dalam aspek kemampuan berkomunikasi yang baik serta wawasan mengenai konten yang ingin dipilih dahulu ya, Yupiers. Lalu juga kita bisa mengasah kemampuan untuk menulis, cara dan teknik pengambilan sudut gambar atau video, dan gunakanlah bahasa dengan baik dan benar. Supaya pesan konten yang disampaikan dapat mudah dimengerti dan penonton jadi suka deh. Gitu Yupiers, menyenangkan bukan? Yupiers bisa memulai langkah dari awal sebagai content creator, misalnya buat konten video yang berjudul “cara seru menikmati Permen Yupi Gummy setiap hari!” lalu bagikan video Yupiness tersebut ke teman-teman dan keluarga terdekat.
discover your talent 2

Vlogger/Reviewer

Hey yo what's up, Yupiers? Kali ini kita akan membahas bakat mengenai vlogger. Vlogger itu siapa dan berperan sebagai apa sih? Bikin video lalu kesana kemari hingga berkunjung ke rumah artis? Eitsss… Bukan sekadar itu saja, Yupiers. Jadi, vlogger merupakan gabungan kata dari "video" dan "blog", yang berarti orang yang melakukan kegiatan bervideo dengan berbagai perangkat kamera untuk tujuan peliputan maupun eksplorasi suatu hal dan mendistribusi video tersebut di situs jejaring video.

Mirip-mirip dengan aktivitas kamera tangan (handycam), sekarang ini vlogger bisa diterapkan pada alat kamera dan tempat apa saja, serta umumnya dilakukan untuk mengulas sesuatu yang biasa kita sebut dengan reviewer. Seorang reviewer pun bisa membuat ulasan tentang hal-hal tertentu, misalnya mengulas; makanan (food vlogger), produk kecantikan (beauty vlogger) atau bidang yang kita gemari. Jika review videonya menarik lalu mendatangkan banyak penonton, Yupiers bisa meraup banyak cuan loh, wow!

Namun, hal utama yang perlu diperhatikan sebagai vlogger/reviewer adalah Yupiers harus mempunyai tujuan dan kekuatan karakter yang jelas atas video dibuat. Selain itu, Yupiers juga dituntun agar bisa konsisten dalam merangkai sebuah alur, set suara dan video serta ide-ide yang cemerlang. Tertarik ingin mencobanya? Jangan lupa like, comment, subscribe and Yupiness ya, Yupiers!
discover your talent 1

Influencer

Influencer? Artis yang online-online itu? Selebriti yang suka promosiin barang orang? Ya, bisa dibilang begitu. Tapi... pemahaman influencer itu ternyata luas, Yupiers. Kalau diartiin sih, influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh atas jumlah pengikut yang besar bagi seseorang tersebut. Biasanya influencer ini melakukan rutinitas atau keseharian yang terekam di media sosial untuk menjadi daya tarik bagi pengikutnya. Influencer berlatar belakang dari artis? Belum tentu! Karena ada loh seorang influencer, namun pekerjaan yang sebenarnya di sektor pemerintahan, swasta maupun kemauan sendiri.

Tips-tips menjadi seorang influencer adalah... Yupiers harus cermat memilih wadah digital (media sosial) yang mempunyai peluang untuk memberikan pengaruh atas pertumbuhan jumlah pengikut yang signifikan. Enggak jauh beda dari vlogger, Yupiers juga harus mempunyai karakter atas apa yang dibagikan di media sosial. Dan yang paling penting nih, Yupiers wajib mengunggah konten yang menarik perhatian serta perbanyak berkomunikasi bersama pengguna lain agar akun yang dimiliki jadi lebih hidup untuk mengalami perkembangan yang begitu pesat. Apabila Yupiers konsisten atas semua proses tersebut, siap-siap Yupiers akan menjadi influencer yang dicari oleh banyak orang. It’s so Yupiness!

 

Key Opinion Leader (KOL)

Pernah dengar sebutan Kol? Sayur kol? Eh, bukan yang itu ya, Yupiers hahaha. Kol yang dimaksud adalah Key Opinion Leader atau sering disebut dengan KOL, merupakan seorang maupun sebuah perwakilan dari lembaga yang memiliki pengaruh sosial yang kuat dan direkomendasi untuk memberikan kesadaran suatu produk tertentu atas keahlian bidang yang relevan dalam pengenalannya ke khalayak luas.

Katanya KOL itu sama aja seperti influencer? Secara pengaruhnya memang sama sih. Tapi... fokus dari seorang KOL itu bukan berarti sama dengan influencer yang berdasarkan jumlah pengikut loh, Yupiers. Tugas seorang KOL sejatinya mengacu pada kemampuan bidang yang mumpuni dan memiliki hubungan/keselarasan dengan produk atau brand yang dikenalkan kepada para pemirsa di media sosial. Contohnya nih, seorang dokter umum atau spesialis yang mengenalkan produk konsultasi kesehatan, serta seorang koki handal dan terkenal memberikan tips memasak yang baik melalui wadah produk bahan masakan, dan masih banyak lagi!

Demi memuluskan langkah bakat sebagai seorang KOL, Yupiers harus tahu dan paham dulu atas bidang apa yang kita jalani sebelumnya. Proses pembelajaran serta pengalamannya juga begitu panjang melalui peran yang sangat penting, karena, jika Yupiers sudah menjadi KOL suatu saat nanti, Yupiers akan dipercaya dan bertanggung jawab atas produk yang dipromosikan kepada para pemirsa sebagai calon konsumen untuk produk tersebut.

 

Digital Maker

Untuk bakat yang terakhir ini, penasaran gak, Yupiers? Maksud dari digital maker itu siapa dan seperti apa? Yups… Digital maker secara luasnya adalah seseorang dari kita-kita ini loh, Yupiers. Memangnya kita ini siapa? Temenan aja? Bukan itu bukan hahaha. Usut punya usut, seorang digital maker berperan untuk menciptakan ide-ide kreatif dan inspiratif, menyusun perencanaan lalu mengolahnya pada wadah digital dalam jangkauan internet ke berbagai bentuk apapun, seperti di; website, aplikasi mobile, media sosial dan wadah lain yang masih berhubungan dengan dunia digital.

Di era disrupsi teknologi yang terus berkembang sedemikian pesat dari masa ke masa, digital maker begitu sangat dibutuhkan peran aktifnya sebagai penentu besar atau kecilnya segala bidang maupun lini kehidupan yang berjalan. Contoh dari seorang digital maker berkutat pada bidang-bidang, antara lain; Digital Marketing, Search Engine Marketing/Search Engine Optimization (SEM/SEO) Specialist, User Interface Design/User Experience Writer (UI/UX), Copywriter, Content Writer, Social Media dan lainnya dengan aspek yang lebih mendalam.

Mengapa begitu dibutuhkan? Karena dengan Yupiers menjadi salah satu dari beberapa peran tersebut, kemampuan atau bakat Yupiers dapat menjadi nilai tambah untuk mampu menjawab tantangan zaman yang akan lebih banyak kompetensi yang diciptakan di masa mendatang nanti. Your future is your culture, semangat Yupiers!

 

Bagaimana Yupiers dengan beberapa informasi dari artikel ‘Bakat-bakat Millenial di Era “Serba” Digital’? Menarik bukan? Pelajaran yang dapat kita petik dari “Discover your Talent” ini adalah apapun bentuk bakat kita di era digital ini merupakan apa yang kita senangi dalam menciptakan Yupiness untuk kita sendiri. Apalagi senang-senangnya bersama kelezatan beragam rasa buah Permen Yupi Gummy yang kenyalnya… selalu bikin happy!

 

Buah Mangga buah Kecapi…

Penasaran ngga, nih. Ada info apaan dari Yupi?

 

Yak, benar sekali! Yupi Gummy Candies mengadakan:

 

“YUPI’S GOT TALENT 2021: VIRTUAL EVENT”

 

Yupiers bisa loh mengikuti ajang untuk menampilkan bakat-bakat potensial tersebut yang secara resmi diselenggarakan oleh Yupi Gummy Candies. Acara ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu Yupi’s Got talent Junior, yaitu kontes foto untuk yupiers berumur 3-11 tahun dan Yupi’s Got Talent untuk yupiers yang berumur 12-19 tahun. Kamu bisa mengirimkan video penmapilan bakat yang kamu miliki, mulai dari menari, menyanyi, bermain music, stand up comedy, juga olahraga!

 

Dalam kesempatan ini Yupiers dapat mengeksplorasi bakat pribadi yang menarik dan unik untuk ditampilkan, kesempatan untuk bertemu dengan juri-juri terkenal yang ahli pada bidangnya masing-masing, serta mendapatkan merchandise dan berpeluang untuk memenangi hadiah yang bombastis! Eksklusif dari Yupi!

teaser-desktop

 

Kamu bisa mulai mendaftar untuk ikutan ajang ini mulai tanggal 15 Maret ini loh! Dengan masuk ke website www.yupiland.com/YGT

 

Tunggu apalagi? Ayo, buruan ikutan! Tunjukan kemampuan dan bakatmu, raihlah impianmu sekarang! Like and share the Yupiness informasi ini ke teman-teman ya, Yupiers! Good luck!