cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Bosan? Ini Aktivitas untuk Anak di Rumah yang Menyenangkan

Aktivitas merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang termasuk anak-anak. Aktivitas juga dapat menunjukan apakah seorang anak aktif dan tumbuh serta berkembang dengan baik. Ada berbagai aktivitas anak-anak, mulai dari aktivitas untuk di rumah sampai di luar rumah.

Aktivitas-aktivitas tersebut tidak hanya diperuntukan untuk kesehatan fisik mereka saja, namun juga untuk kesehatan mental mereka.

Aktivitas fisik dapat membantu anak-anak dalam membentuk postur tubuh mereka, menguatkan tubuh, mengurangi resiko penyakit dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Sementara aktivitas mental berguna untuk meningkatkan kreativitas, meningkatkan motorik halus anak-anak, meningkatkan kemampuan dalam menganalisa masalah, meningkatkan rasa percaya diri anak, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Memberikan aktivitas yang menyenangkan juga dapat membantu tumbuh kembang anak-anak dan membuat masa kecil mereka menjadi menyenangkan.

Kali ini Yupi akan memberikan beberapa inspirasi aktivitas atau kegiatan apa saja untuk anak-anak di rumah yang menyenangkan, simak informasi selengkap berikut ini.

Baca Juga : Balance your life after Riding with Yupi

Kegiatan Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

Aktivitas untuk anak-anak di rumah ada beragam bentuknya, setiap aktivitas berikut ini memiliki manfaat tersendiri dan tentunya akan menyenangkan bagi anak-anak. Berikut ini adalah beberapa aktivitas tersebut :

1. Membuat Karya Sederhana

Kegiatan seru pertama yang bisa dilakukan anak adalah membuat karya sederhana. Yupiers bisa mengajak anak-anak untuk membuat karya sederhana seperti mengajak anak untuk menggambarkan dengan berdasarkan contoh yang telah ada, mulai dari bentuk dan juga warnanya.

Selain itu juga Yupiers juga bisa mengajak anak-anak untuk membuat karya sederhana dengan menghias barang-barag. Bisa juga mengenalkan karya-karya yang bisa dibuat secara digital. Aktivitas ini juga cukup penting untuk melatih dan menemukan bakat-bakat milenial di era serba digital.

2. Membaca Buku Bersama

Membaca merupakan contoh kegiatan yang pasti dilakukan di sekolah. Namun, kita bisa menerapkan hobi ini kepada anak-anak dirumah.

Apalagi buku adalah jendela dunia, melalui buku seseorang akan mengetahui banyak hal termasuk anak-anak. Yupiers dapat mengajak anak-anak untuk membaca buku bersama secara berkala dan biarkan anak-anak untuk memilih buku apa yang menarik bagi mereka. 

Melalui aktivitas membaca buku bersama-sama, anak-anak menerima berbagai manfaat mulai dari mengenal kosakata baru, mengembangkan imajinasi mereka, sampai dengan meningkatkan kemampuan berpikir mereka.

3. Melakukan Permainan Bersama

Jika berbicara tentang aktivitas untuk anak-anak di rumah, maka tentunya hal yang paling tepatnya tentunya adalah melakukan permainan bersama-sama.

Yupiers bisa mengajak anak-anak untuk melakukan permainan sederhana untuk anak-anak. Mulai dari permainan tradisional, bermain board game sampai dengan melakukan permainan yang ada di smartphone.

Untuk hal ini yang perlu Yupiers perlu sangat perhatikan adalah lama waktu atau durasi dalam melakukan permainan.

Jangan sampai anak-anak bermain terlalu lama, terlebih jika memainkan yang ada di smartphone. Latihlah anak-anak agar mereka lebih disiplin dan menghargai waktu dengan menetapkan waktu-waktu bermain bersama yang tepat.

Oiya, kami ada beberapa inspirasi ide permainan yang bisa dilakukan, lho! Kalian bisa baca artikel kami berikut, ya Ide-Ide Permainan yang Seru Bersama Si Kecil Saat #DirumahAja.

Kegiatan Anak yang Biasa Dilakukan Pagi Hari
memasak bersama anak

Pagi hari merupakan waktu paling tepat untuk memulai suatu aktivitas. Hal ini karena pagi hari energi seseorang masih bisa dikatakan cukup banyak setelah selesai beristirahat pada malam hari.

Karena hal tersebut, kali ini Yupi akan memberikan beberapa aktivitas untuk anak-anak di rumah yang bisa dilakukan pada pagi hari dan akan bermanfaat untuk anak-anak.

1. Merapikan Tempat Tidur Sendiri

Jika berbicara tentang kegiatan pada pagi hari, tentunya aktivitas pertama yang bisa dilakukan adalah merapikan tempat tidur. Yupiers dapat mengajak Yupiers dapat mengajak dan mengajarkan anak untuk merapikan tempat tidur sendiri terutama jika anak tersebut telah memiliki kamar tidur sendiri.

Jika aktivitas yang satu ini sering dilakukan, maka nantinya aktivitas ini akan menjadi suatu kebiasaan yang baik bagi anak-anak.

Aktivitas ini juga mengajarkan anak-anak untuk bertanggung jawab terhadap apa yang mereka miliki. Hal lain yang cukup penting adalah agar Yupiers dapat menyesuaikan waktu yang paling tepat untuk hal ini agar tidak menjadi terburu-buru.

2. Memasak Bersama

Aktivitas untuk anak-anak di rumah pada pagi hari yang kedua adalah memasak bersama. Yupiers dapat mengajarkan anak memasak pada pagi hari untuk sarapan di hari libur akhir pekan saat sedang tidak bekerja. Mengajarkan anak memasak dapat meningkatkan rasa mandiri kepada anak terutama saat mereka sudah besar nanti, karena mereka telah terbiasa untuk memasak sendiri. 

Yupiers dapat mengajarkan anak mulai dari beberapa hal mudah seperti meracik bahan yang akan dimasak, mencuci bahan masakan, sampai membersihkan dapur. Untuk hal ini Yupiers harus sangat menjaga anak-anak agar tetap aman selama di dapur. 

Untuk mempermudah Yupiers, Yupiers juga bisa memulai untuk mengenalkan beberapa makanan kepada anak dengan menggunakan Yupi Noodles yang memiliki bentuk seperti bahan makanan yang menarik atau dengan menggunakan Yupi Pizza yang memiliki bentuk seperti pizza dengan rasa yang enak.

Baca Juga : Ide Resep Dessert Mudah dengan Permen Yupi Gummy

3. Mengajak Anak Menyiram Tanaman

Pagi hari adalah waktu terbaik untuk menyiram tanaman dan memelihara kebun. Hal ini karena pada pagi hari sangat cocok dengan siklus pertumbuhan tanaman. Yupiers dapat mengajak anak dalam aktivitas berkebun yang sangat menyenangkan ini.

Hal ini bisa menjadi suatu aktivitas yang berkesan bagi anak-anak terutama apabila mereka jarang melakukannya. Aktivitas yang satu ini bisa mengajarkan pentingnya tanggung jawab dan bisa menjadi waktu yang tepat bagi mereka untuk mengenal berbagai tumbuhan dan menumbuhkan rasa cinta kepada alam bagi mereka.

Aktivitas Anak Bersama Keluarga Lainnya
anak bermain

Setelah mengetahui beberapa aktivitas untuk anak-anak di rumah, ada juga beberapa aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak bersama dengan keluarga lainnya.

Nah, kegiatan-kegiatan berikut ini termasuk kegiatan quality time bersama keluarga yang dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik anak serta dan mempererat hubungan Yupiers dengan anak-anak.

Lalu, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga? Berikut ini adalah beberapa kegiatan tersebut.

1. Menonton Film

Menonton film dapat menjadi saat untuk quality time bersama keluarga. Aktivitas untuk anak-anak di rumah yang satu ini dapat Yupiers lakukan untuk melepas penat atau menghabiskan waktu sebagai keluarga bersama anak-anak. Sebagai orang tua yang baik, tentunya Yupiers harus bisa memberikan tontonan yang bermanfaat dan menarik bagi anak-anak.

Yupiers juga dapat mempersiapkan makanan menarik untuk mendampingi keluarga saat menonton film seperti salah satu contohnya adalah Yupi Strawberry Kiss 1000 gram. Hal penting lainnya adalah menetapkan batasan waktu dalam melakukan aktivitas yang satu ini agar dapat melakukan aktivitas lainnya.

2. Berkemah

Selain beberapa aktivitas untuk anak-anak di rumah yang telah disebutkan, ada juga beberapa aktivitas yang dapat Yupiers lakukan di luar rumah, salah satunya adalah berkemah.

Aktivitas yang satu ini dapat meningkat kesehatan fisik dan mental anak-anak. Aktivitas ini akan menjadi aktivitas yang sangat menarik bagi anak-anak, terlebih jika kegiatan ini belum pernah mereka lakukan.

Yupiers dapat mengajak keluarga Yupiers termasuk anak-anak berkemah ke alam terbuka. Atau jika Yupiers memiliki halaman rumah yang cukup luas, Yupiers juga bisa mengajak mereka berkemah di halaman rumah jika memungkinkan.

3. Bermain di Taman Bermain

Selain berkemah, ada juga aktivitas untuk anak-anak di luar rumah yang menyenangkan dan dapat Yupiers dapat lakukan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak-anak, kegiatan tersebut adalah bermain di taman bermain.

Di taman bermain umumnya anak-anak akan lebih mudah untuk bertemu dengan anak-anak lainnya dan melakukan interaksi sosial. Yupiers dapat membiarkan anak untuk belajar menjaga diri mereka sendiri dan membiarkan mereka untuk berinteraksi dengan teman-teman sebaya mereka.

Namun untuk hal ini Yupiers harus selalu tetap mengawasi anak-anak. Hal penting lainnya adalah jika anak-anak lebih memilih untuk bermain bersama Yupiers, maka temanilah mereka.

Itulah beberapa aktivitas untuk anak-anak di rumah yang menyenangkan dan beberapa aktivitas lainnya yang dapat Yupiers lakukan bersama anak-anak. Melakukan aktivitas bersama anak-anak sangat penting dalam masa tumbuh dan berkembangnya mereka. 

Karena hal tersebut, sebagai orang tua yang baik, sangat penting bagi Yupiers memilih aktivitas apa saja yang bermanfaat bagi mereka. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat beraktivitas dengan sang buah hati.