cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Ide-Ide Permainan yang Seru Bersama Si Kecil Saat #DirumahAja

Halo, moms!

Bermain merupakan aktivitas yang seru dan mengasyikkan bagi kita dalam mengisi waktu luang dengan orang-orang terdekat, terutama bermain bersama si kecil. Mulai dari menikmati momen kebersamaan di wahana permainan favorit sepanjang hari, menguji kemampuan dan ketangkasan pribadi sambil bersenang-senang, atau sekadar permainan sederhana yang berasal dari kerajinan tangan (handmade) yang bisa kita buat di rumah.

 

Tahu gak sih, mom? Menurut penelitian yang terakomodasi oleh produk kebutuhan rumah tangga terkenal di dunia memaparkan bahwa kedekatan anak dan orang tua ketika menghabiskan waktu berinteraksi penuh canda, cenderung lebih bahagia ketimbang menyibukkan diri bermain melalui perangkat teknologinya masing-masing. Proses bermain pun jadi lebih bisa dibatasi secara wajar dan diseimbangkan dengan aktivitas lain yang sama-sama menghasilkan manfaatnya untuk pertumbuhan kecerdasan anak.

Berikut ini merupakan ide-ide permainan yang seru dan menghibur untuk moms berikan kepada si kecil yang saat #DirumahAja. Sesuatu hal yang mudah bisa kita mulai dari aktivitas yang menyenangkan, contohnya aktivitas melalui permainan. Simak lalu moms terapkan untuk menciptakan bahagia yang penuh arti bersama si kecil, sambil menikmati kelezatan berbagai rasa buah Permen Yupi Gummy dalam setiap gigitannya! Let’s have fun and Yupiness!

 

Permainan Menghitung Kancing

            Ide permainan dari menghitung kancing merupakan permainan bisa kita ciptakan dengan cara menyediakan beberapa buah kancing dan wadah lalu memindahkan kancing-kancing dari satu wadah ke wadah lainnya. Pastinya bukan hitung kancing sewaktu ujian ya, moms… hahaha. Permainan ini juga bisa dilakukan dengan mencocokkan warna-warna kancing ke wadah yang disesuaikan oleh satu warna kancing, moms. Tujuan dari permainan menghitung kancing bukan tidak mungkin yaitu melatih kemampuan kognitif atas daya tangkap si kecil untuk mengenal angka melalui cara sederhana dalam berhitung.

Tidak hanya itu, permainan tersebut juga meningkatkan konsentrasi dan kesadaran psikis si kecil terhadap benda-benda di sekitarnya, sehingga si kecil dapat merespon aktif untuk memegang sesuatu yang bisa bermanfaat kedepannya. Tidak memiliki kancing? Moms bisa mengganti kancing menjadi warna-warni dari Permen Yupi Gummy Calci Bean sebagai pengganti sambil dinikmati dan Yupiness kelezatannya bersama-sama.

 

Permainan Menyusun Puzzle

            Hayooo… Siapa nih yang pernah bermain puzzle? Jangan sampai berantakan ya, hihihi. Permainan yang berurusan bongkar pasang ini merupakan permainan menyusun beberapa potongan gambar dari karton atau kayu tipis acak yang tidak utuh dalam wadah papan permainan, kemudian disusun menjadi suatu kesatuan gambar yang memiliki kesesuaian dan solid. Di masa kini, puzzle sudah begitu banyak variasi loh. Mulai dari puzzle 3D, puzzle rubik hingga puzzle berbentuk balok yang biasanya disebut “stacko”.

            Meskipun terkadang sulit untuk menyelesaikan permainan tersebut, ternyata permainan menyusun puzzle banyak manfaatnya untuk si kecil, moms. Permainan puzzle dapat melatih si kecil secara visual untuk memahami suatu pola dan ruang (spasial) dalam objek yang diamatinya. Bukan hanya dari visual saja, manfaat lainnya adalah memperkuat memori anak, melatih koordinasi antara mata dan tangan, hingga yang tidak kalah pentingnya, yaitu melatih kesabaran dan kerja sama tim. Penting bahwa segala sesuatu membutuhkan proses yang matang, lalu mendatangkan Yupiness ketika dapat menuntaskan permainnya bagi moms dan si kecil.

yupi diary part 2 rev-09

Permainan Telepon Gelas Plastik

            Bermain telpon-telponan melalui gelas plastik merupakan cara permainan yang praktis dalam mengeluarkan suara satu gelas ke gelas lainnya. Fakta menarik dari permainan ini ternyata sudah dipermainkan sejak masa silam loh, moms. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, permainan ini mulai ditinggalkan oleh anak-anak saat ini. Padahal nih, moms, permainan tersebut mempunyai manfaat begitu penting, salah satunya meningkatkan kemampuan dan keterampilan berkomunikasi bagi si kecil. Mau berbicara maupun bercakap, hingga memberikan suara tentang pertanyaan sekalipun, si kecil akan tahu bagaimana melakukan suatu reaksi serta timbal balik (feedback) suara atas respon dari suara yang moms ucapkan.

Cara dan bahan untuk membuat permainan telepon dari gelas plastik begitu mudah didapati pada sekitaran rumah. Moms hanya perlu menyiapkan dua buah gelas plastik, dua buah paku atau tusuk gigi dan benang kasur berbahan dasar rami. Lubangkan pada bagian tengah dari kedua gelas plastik, masukkan benang lalu ikatkan ke tusuk gigi atau paku. Ketika ikatan benang sudah kuat dan siap pakai, moms bisa memulai percakapan yang interaktif dan menimbulkan rasa Yupiness bersama si kecil.

 

Permainan Membuat Bayangan Hewan

            Kejadian mati listrik di rumah memang cukup menyebalkan bagi perasaan kita, apalagi suasana dan aktivitas menjadi lebih terbatas. Akan tetapi, kondisi sulit seperti itu dapat memberikan suasana yang begitu menimbulkan gelak tawa bersama si kecil. Moms bisa membuat bayang-bayang berbentuk hewan dari tangan moms, dan bersuara sambil menggerakkan tangan tersebut seakan-akan sebuah hewan yang hidup. Aktivitas hiburan ini bisa moms lakukan dengan cara menyalakan satu buah senter, lalu tembakkan penerangan senter tersebut ke arah tembok luas di kamar atau ruang tamu.

            Di balik permainan tersebut, ternyata mempunyai manfaat terselubung bagi kemampuan rasa ingin tahu si kecil, moms. Si kecil dapat melatih kemampuan secara teknikal dalam mengikuti tampilan gerakan tangan moms yang berbentuk hewan. Misalnya moms menampilkan tangan berbentuk kupu-kupu, secara langsung si kecil akan ikut mencoba pula bagaimana moms membentuk tangan hewan tersebut. Permainan tersebut dapat lebih seru dan Yupiness, apabila moms menyisipkan dengan canda tawa. Tak perlu untuk terlalu mirip dengan bentuk hewan yang ditampilkan, yang penting kekesalan mati listrik menjadi hilang, hati pun senang.

yupi diary part 2 rev-08

Permainan Tebakan dalam Mendongeng

            Siapa nih yang suka atau pernah mendongeng agar si kecil dapat tidur nyenyak di malam hari? Moms juga pernah kan didongengi sewaktu kecil? Nah, dari cara moms mendongeng ini bisa loh dikreasikan bersama permainan untuk membuat si kecil jadi makin tertarik oleh salah satu contoh dari cerita fiksi tersebut. Salah satu permainannya adalah moms bisa sisipkan sebuah tebak-tebakan ke tahap proses atau sesudah dari dongeng yang moms bawakan. Misalnya nih, moms memberikan beberapa pertanyaan kecil tentang tokoh dan wataknya seperti apa, atau menyebutkan suatu kejadian unik dalam cerita yang terbesit oleh pikiran dari si kecil saat memperhatikan moms sedang mendongeng. Benar atau salahnya tebakan bukanlah jadi masalah, yang terpenting si kecil terlihat lebih ceria dan Yupiness daripada sebelumnya.

            Kolaborasi dari aktivitas dan permainan ini mempunyai manfaat yang begitu mengesankan bagi si kecil loh, moms. Suasana berdongeng jadi lebih cair dan nyaman antara moms dengan si kecil. Manfaat lainnya yang ditimbulkan adalah moms jadi lebih tenang ketika membaca dongeng, sehingga pada akhirnya makna dan pesan moral yang disampaikan dapat dipahami secara jelas, sampai si kecil tertidur lelap dengan penuh kebahagiaan.

 

Gimana, moms? Seru kan ide-ide permainannya? Main dan abadikan momen seru moms bersama si kecil saat #DirumahAja, lalu upload ke media sosial! Jangan lupa tag akun Yupi ya, moms!

Permen Yupi Gummy bisa didapatkan di supermarket terdekat, atau via Yupi Online Stores pada marketplace yang tersedia di Tokopedia, Shopee, Blibli dan Bukalapak.

Share fun and keep your Yupiness!

Kunjungi selengkapnya di www.yupiland.com untuk artikel-artikel seru Yupi lainnya.