menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Bunda, Yuk Kenali 7 Vitamin Penambah Nafsu Makan Pada Anak

Memastikan anak-anak mendapatkan asupan nutrisi yang baik untuk mereka seringkali menjadi sebuah tantangan bagi para orang tua, terlebih jika anak tersebut mengalami masalah nafsu makan yang tidak baik. 

Masalah nafsu makan pada anak bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari stress, tidak tertarik dengan tampilan dan rasa makanan tersebut, dan masih banyak lagi.

Anak yang memiliki nafsu makan yang tidak baik tentunya akan berdampak buruk pada pertumbuhan mereka. Dampak buruk tersebut adalah seperti anak menjadi terlalu kurus, menjadi pucak, adanya masalah pada gigi, sampai pertumbuhan fisik yang terlambat jika dibandingkan anak-anak seusianya.

Ada berbagai cara untuk memperbaiki masalah nafsu makan pada anak, beberapa cara tersebut adalah seperti memberikan menu makanan yang menarik bagi anak-anak sampai memberikan vitamin penambah nafsu makan anak.

Ada beberapa vitamin yang memiliki peran penting dalam meningkatkan nafsu makan anak, kali ini, Yumin akan menjelaskan berbagai kandungan vitamin yang berperan penting dalam menambah nafsu makan anak. Simak selengkapnya ya!

Vitamin B-12

Vitamin penambah nafsu makan anak yang pertama adalah vitamin B-12. Vitamin B-12 dikenal dapat membantu metabolisme protein dan lemak dalam tubuh anak-anak. Karena hal tersebut, vitamin ini dapat membantu penyerapan makanan menjadi lebih baik dan meningkatkan nafsu makan anak-anak.

Selain membantu penyerapan makanan, vitamin B-12 juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Melansir dari Harvard Medical School, beberapa manfaat dari vitamin B-12 adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah anemia.
  2. Dapat meningkatan fungsi saraf.
  3. Dapat meningkatkan energi pada tubuh.
  4. Membantu menjaga kesehatan jantung.
  5. Membantu metabolisme tubuh.

Vitamin B-12 ini bisa Yupiers dapatkan beberapa makanan yang umum ditemukan seperti daging, seafood, susu dan telur.

Vitamin D3

Vitamin penambah nafsu makan anak yang kedua adalah vitamin D3. Vitamin D3 terkenal memiliki peran penting dalam pertumbuhan tulang tubuh manusia, termasuk anak-anak. 

Hal tersebut karena vitamin D3 dapat membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang berasal dari makanan, dimana kedua kandungan nutrisi tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Mengutip dari Halodoc, beberapa manfaat vitamin D3 bagi tubuh adalah sebagai berikut:

  1. Mengobati osteomalasia, atau gangguan yang membuat tekstur tulang menjadi lunak.
  2. Mengobati rakitis, atau kelainan pertumbuhan tulang pada anak-anak.
  3. Mencegah osteoporosis, atau penurunan kepadatan tulang.
  4. Mencegah gangguan ginjal.
  5. Membantu mencegah infeksi pernapasan.
  6. Dapat mengurangi depresi, kecemasan berlebih, dan gangguan mood pada diri seseorang.

Vitamin D3 ini adalah ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti diantaranya adalah kuning telur, hati sapi, keju, yoghurt minyak ikan kod dan juga ikan salmon.

Vitamin C

Vitamin penambah nafsu makan anak yang selanjutnya adalah vitamin yang sudah cukup terkenal, yaitu vitamin C. 

Dilansir dari Harvard Public School of Health, vitamin C berperan penting dalam mengendalikan infeksi dan membantu proses penyembuhan luka pada tubuh seseorang. Selain itu juga, vitamin C terkenal sebagai antioksidan yang kuat dan dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. 

Melansir dari National Institute of Health, vitamin C bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti strawberry, jeruk, paprika merah atau hijau, buah kiwi dan masih banyak lagi makanan lainnya yang mengandung vitamin C.

Beberapa makanan tersebut sering diolah menjadi cemilan yang sehat dan enak, namun tentunya harus diolah dengan baik agar vitamin C yang didapatkan tetaplah maksimal. Namun kini, ada cara mudah untuk mendapatkan dan mencukupi kebutuhan vitamin C harian Yupiers.

Caranya adalah mengkonsumsi Yupi Bolicious Strawberry. Yupi Bolicious Strawberry adalah permen gummy dari Yupi dengan bentuk bulat, tekstur yang kenyal, dikemas dalam kemasan pouch premium yang menjamin kualitas didalamnya, rasa strawberry yang lezat dilengkapi kolagen yang baik untuk tubuh, serta tentunya kaya akan vitamin C.

Baca juga: Kekurangan Vitamin C Pada Anak, Waspadai Tanda dan Gejalanya

Biotin

Vitamin penambah nafsu makan yang selanjutnya adalah biotin atau yang dikenal juga dengan vitamin B7. Healthline mengonfirmasi bahwa vitamin biotin dapat menjaga kesehatan tulang dan rambut, dan membantu dalam proses produksi asam lemak bagi tubuh.

Jenis vitamin B7 yang bernama lain biotin ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu menjaga kesehatan tulang dan rambut serta bantu proses pemecahan lemak dalam tubuh.

Adapun beberapa manfaat lainnya dari biotin atau vitamin B7 ini adalah sebagai berikut:

  1. Membantu pembentukan organ dan tubuh pada janin sehingga menurunkan resiko kelainan pada janin.
  2. Mengatur gula darah dalam tubuh.
  3. Meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.
  4. Menjaga kesehatan kuku.
  5. Mengatasi rambut rontok.

Vitamin B7 atau biotin ini bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti wortel, salmon, kacang-kacangan, sampai dengan susu.

Vitamin B1 (Tiamin)

Vitamin B1 atau tiamin juga masuk dalam daftar vitamin penambah nafsu makan anak selanjutnya kali ini. 

Perlu Yupiers ketahui, kekurangan vitamin B1 atau tiamin ini dapat dapat menjadi penyebab anak-anak tidak memiliki nafsu makan yang baik, terlihat tidak bersemangat, kurang berkonsentrasi, dan mengalami penurunan berat badan.

Melansir dari Healthline, beberapa manfaat vitamin B1 atau tiamin bagi tubuh seseorang adalah sebagai berikut:

  1. Membantu meningkatkan produksi energi dalam tubuh.
  2. Mengurangi sepsis atau peradangan pada seluruh tubuh yang dapat merusak jaringan dan organ dalam tubuh.
  3. Sebagai antidepresan atau mengurangi depresi.
  4. Mencegah resiko terkena penyakit jantung.
  5. Meningkatkan fungsi otak dan daya ingat.
  6. Menjaga sistem metabolisme dalam tubuh.
  7. Meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.
  8. Melindungi otak dengan menjaga keseimbangan koneksi antara otak dan tubuh.

Beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin B1 atau tiamin adalah seperti ikan, hati sapi, yoghurt, dan masih banyak lagi.

Zinc

Salah satu vitamin yang berperan besar dalam meningkatkan nafsu makan anak adalah zinc. Anak yang kekurangan vitamin zinc, akan memiliki nafsu makan yang lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya.

Hal tersebut karena kekurangan vitamin zinc akan membuat produksi asam amino dalam tubuh meningkat, dan hal ini akan membuat anak-anak kehilangan selera makan mereka.

Mengutip informasi dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, ada beberapa manfaat vitamin zinc bagi tubuh manusia, beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Dapat mengurangi peradangan.
  3. Mempercepat proses penyembuhan luka.
  4. Mendukung pertumbuhan anak sehingga mereka bisa mendapatkan tinggi dan berat yang ideal.
  5. Menekan aktivitas kelenjar minyak dan mengobati jerawat.
  6. Pada pria dewasa, vitamin zinc dapat mengobati gangguan kesuburan pria dewasa.

Untuk mendapatkan vitamin zinc, ada beberapa makanan yang dapat Yupiers pilih seperti diantaranya adalah berbagai olahan makanan laut atau seafood, olahan daging, olahan susu, ikan sarden dan ikan salmon.

Namun berbagai olahan tersebut tentunya haruslah diolah dengan baik agar kandungan vitamin zinc di dalamnya tetaplah optimal. Karena hal tersebut, Yupi memiliki permen gummy yang praktis untuk dikonsumsi dan memiliki kandungan vitamin zinc di dalamnya, permen tersebut adalah Yupi CDZ.

Yupi CDZ adalah permen gummy dari Yupi yang hadir dengan berbagai varian rasa buah yang enak dan lezat didalamnya. Selain praktis untuk dikonsumsi dan mengandung vitamin zinc, Yupi CDZ juga mengandung vitamin lain di dalamnya, yaitu vitamin C dan vitamin D.

Vitamin A

Vitamin penambah nafsu makan makan yang terakhir adalah vitamin A. Perlu Yupiers ketahui, vitamin A adalah salah satu vitamin yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia, karena hal tersebut, seseorang termasuk anak-anak memerlukan asupan makanan yang mengandung vitamin A.

Mengutip dari artikel Halodoc, ada beberapa manfaat vitamin A bagi anak-anak yang perlu Yupiers ketahui, beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kesehatan dan fungsi mata.
  2. Mendukung pertumbuhan anak-anak agar tetap normal.
  3. Dapat membantu menjaga kesehatan gigi, tulang dan jaringan lunak.
  4. Mengurangi infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka.
  5. Menjaga sistem kekebalan tubuh.
  6. Membantu menjaga kesehatan beberapa organ penting dalam tubuh seperti paru-paru, jantung, ginjal, dan organ penting lainnya.

Ada berbagai makanan yang dapat Yupiers konsumsi untuk mendapatkan vitamin A ini, beberapa diantaranya adalah seperti wortel, pepaya, telur, ikan kembung, salmon dan tuna, bayam, serta masih banyak lagi makanan lainnya yang mengandung vitamin A.

Tips Tambahan untuk Menambah Nafsu Makan Anak

Setelah mengetahui beberapa vitamin penambah nafsu makan anak, ada juga beberapa tips meningkatkan nafsu makan anak yang bisa Yupiers segera coba untuk meningkatkan nafsu makan anak, berikut ini adalah beberapa tips tersebut.

  1. Pahami mengapa anak-anak sulit untuk makan.
  2. Sajikan makanan yang sehat dengan tampilan yang menarik.
  3. Hindari memberikan minum secara berlebih saat memberikan makan pada anak.
  4. Tingkatkan intensitas makan anak, artinya berikan anak-anak makan dengan lebih sering namun kurangi porsi dalam sekali makan pada anak-anak.
  5. Tambahkan atau variasikan makanan dengan makanan favorit anak-anak.
  6. Buat suasana makan yang menyenangkan.
  7. Berikan contoh dan menjadi panutan bagi anak-anak dalam mengkonsumsi makanan dengan baik.
  8. Konsultasi dengan dokter jika nafsu makan anak tidak kunjung membaik.

Selain beberapa tips tersebut, penting juga untuk Yupiers ingat bahwa jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanannya. Terutama jika kehilangan nafsu makan disebabkan oleh kondisi kesehatan yang memburuk, memaksa mereka untuk makan dapat menimbulkan stres yang tidak diinginkan.

Apa Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan?

Kurangnya nafsu makan pada anak atau orang dewasa bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, kecemasan, dampak dari obat-obatan, ketidakmenarikan rasa atau tampilan makanan, atau kondisi medis tertentu. 

Selain itu, anak mungkin kehilangan nafsu makannya karena sedang sakit. Penyakit seperti sakit tenggorokan, diare, sakit kepala, atau demam dapat menjadi penyebab umum anak kehilangan selera makan. Kondisi-kondisi tersebut merupakan masalah kesehatan yang seringkali berdampak pada nafsu makan anak.

Pahami dan tentukan terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab anak-anak tidak memiliki nafsu makan yang baik. Setelah mengetahui hal tersebut, maka tentunya cara mengatasi anak yang tidak memiliki nafsu makan akan menjadi lebih tepat.

Apa yang harus Dilakukan Jika Anak tidak menyukai Makanan yang Mengandung Vitamin Tertentu?

Jika anak tidak menyukai makanan yang mengandung vitamin tertentu, Yupiers dapat mencari alternatif sumber nutrisi yang memiliki kandungan vitamin yang sama atau mirip, atau mempertimbangkan untuk memberikan suplemen vitamin sebagai pengganti jika diperlukan.

Itulah beberapa informasi tentang vitamin penambah nafsu makan anak dari Yupi kali ini. Ada beberapa vitamin penambah nafsu makan anak yang dapat meningkatkan nafsu makan mereka, seperti vitamin B-12, vitamin D3, vitamin C, vitamin B1 atau tiamin, vitamin zinc, dan vitamin A.

Mengatasi permasalahan anak yang tidak memiliki nafsu makan juga perlu dilakukan dengan bijak, pahami terlebih dahulu penyebabnya, lalu coba atasi hal tersebut dengan beberapa tips meningkatkan nafsu makan anak seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Cara lain yang dapat Yupiers lakukan adalah dengan membuat menu makanan yang menarik bagi anak-anak.

Semoga informasi tentang permasalahan nafsu makan anak dari Yupi kali ini dapat membantu Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile