cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

12 Permainan Anak yang Mendidik, Seru dan Manfaatnya

Permainan anak menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam tahapan tumbuh kembang anak. Permainan anak adalah jenis aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak, agar anak menjadi bahagia. Melihat anak dapat bermain, tumbuh dengan sehat dan pintar tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua.

Permainan anak juga menjadi alternatif untuk membuat anak terus bahagia dan cara yang menyenangkan agar anak dapat tumbuh dengan sehat dan pintar. Sampai saat ini, sudah ada banyak sekali ide permainan anak dirumah maupun di luar rumah. Berikut ini adalah beberapa permainan anak-anak yang Yupiers bisa mainkan bersama sikecil.

4 Jenis Permainan Anak-Anak yang Menyenangkan

Dengan banyaknya ide permainan anak yang Yupiers bisa mainkan bersama anak, kali ini kita akan membagi berbagai macam permainan anak tersebut menjadi empat jenis permainan anak yang Yupiers bisa pilih. Berikut ini adalah beberapa jenis permainan anak tersebut. 

Permainan Anak Tradisional Jaman Dulu Tahun 80an-2000an

Jenis permainan anak yang pertama adalah permainan anak zaman dulu. Permainan ini identik atau sangat berkesan terutama bagi Yupiers yang lahir pada tahun 1990 sampai tahun 2000. Berikut ini adalah beberapa permainan anak jaman dulu yang Yupiers bisa lakukan bersama anak.

1. Petak Umpet

petak umpet Permainan Anak Tradisional

Permainan anak zaman dulu yang pertama adalah petak umpet. Bagi Yupiers yang lahir pada tahun 1990 sampai 2000 tentunya sudah sering memainkan permainan ini pada masa kecil dahulu.

Meskipun permainan ini termasuk permainan zaman dulu, tidak sedikit anak zaman sekarang yang memainkan permainan ini bersama dengan teman-teman mereka.

Permainan ini diawali dengan menentukan penjaga dan biasa ditentukan dengan cara hompimpah. Setelah menentukan penjaga, penjaga tersebut akan mulai menutup mata dan menghitung sampai jumlah angka tertentu.

Pada saat penjaga berhitung, pemain lainnya mulai mencari tempat bersembunyi. Kemudian setelah penjaga selesai berhitung, dia akan mulai mencari pemain lainnya yang telah bersembunyi.

2. Bermain Layang-layang

bermain layang-layang permainan anak jaman dulu

Permainan anak zaman dulu yang kedua adalah bermain layang-layang. Bermain layang-layang sangat sering dilakukan oleh anak zaman dulu, terutama pada sore hari. Meskipun termasuk permainan zaman dulu, permainan ini masih menyenangkan untuk Yupiers lakukan bersama anak.

Membuat layang-layang juga cukup mudah, Yupiers bisa mengajarkan anak untuk membuat layang-layang dan melatih kreativitas mereka.

Bermain layang-layang juga dapat mengajarkan ilmu sains kepada anak yaitu tentang bagaimana layang-layang dapat terbang ke langit.

3. Bermain Masak-masakan

bermain masak-masakan

Jika beberapa permainan anak sebelumnya dapat Yupiers lakukan di luar rumah, maka untuk permainan anak di dalam rumah, Yupiers bisa bermain masak-masakan. Bermain masak-masakan sangat identik dengan anak perempuan.

Permainan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi anak mulai dari meningkatkan imajinasi, kreativitas, kemampuan komunikasi, motorik sampai kemampuan berpikir anak.

Untuk memainkan permainan ini, Yupiers perlu mempersiapkan alat permainan seperti kompor mainan, peralatan dapur mainan sampai makanan mainan. Cara terbaik untuk memainkan mainan ini adalah mengganti makanan mainan dengan Yupi.

Yupi memiliki bentuk seperti makanan yang menarik seperti Yupi Noodles yang memiliki bentuk seperti mie dan telur, atau Yupi Pizza yang memiliki bentuk seperti pizza dengan rasa yang enak, dan anak-anak juga bisa langsung mengkonsumsi makanan yang menarik tersebut.

Permainan Anak Zaman Modern

Jenis permainan anak yang kedua adalah permainan anak zaman modern. Dengan semakin berkembangnya teknologi, permainan anak yang dahulu umumnya dimainkan dengan peralatan sederhana kini berubah menggunakan peralatan yang modern dan lebih menarik. Berikut ini adalah beberapa permainan anak zaman modern yang banyak dimainkan.

1. Bermain Slime

bermain slime

Permainan anak zaman modern yang pertama adalah bermain slime. Slime merupakan alat permainan anak yang memiliki tekstur kenyal, lembut dengan berbagai warna yang menarik.

Yupiers juga dapat bermain permainan ini dengan anak sambil mengawasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti anak yang bisa saja memakan slime tersebut.

Membuat slime juga cukup mudah dan bisa Yupiers lakukan sendiri di rumah. Memainkan slime ternyata memiliki beberapa manfaat bagi anak seperti mengurangi kecanduan smartphone, meningkatkan kreativitas anak, dan dapat menjadi penenang saat anak merasa cemas atau stres. 

2. Bermain Sepatu Roda

bermain sepatu roda

Permainan anak zaman modern yang kedua adalah sepatu roda. Sepatu roda merupakan alat permainan yang sudah ada sejak zaman dahulu yang sampai saat ini masih banyak diminati.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini sepatu roda memiliki bentuk yang lebih mudah untuk dimainkan anak-anak zaman sekarang.

Bermain sepatu termasuk olahraga yang menyehatkan bagi anak karena dapat membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh anak.

Selain itu juga dapat melatih anak untuk lebih sabar dan giat selama proses belajar menggunakan sepatu roda dan meningkatkan rasa percaya diri anak saat dia telah berhasil menggunakan sepatu roda tersebut.

3. Bermain Puzzle

bermain puzzle

Puzzle merupakan permainan anak yang sangat edukatif dan sering ada di berbagai sekolah anak serta bisa Yupiers mainkan bersama anak di rumah.

Puzzle juga sangat banyak bentuknya, mulai dari yang mudah untuk dimainkan sampai yang cukup sulit untuk dimainkan anak-anak karena harus membuat anak berpikir untuk menyelesaikannya.

Puzzle termasuk permainan edukatif yang akan sangat membantu meningkatkan kinerja otak anak, mulai dari meningkatkan kemampuan mengingat anak, membantu anak mengenal bentuk, melatih kesabaran sampai melatih kemampuan anak untuk menyelesaikan suatu masalah.

Baca Juga : 6 Permainan Tebak Hewan Menggunakan Yupi, Simak Selengkapnya

Permainan Anak-Anak yang Mendidik

Jenis permainan anak yang selanjutnya adalah permainan yang anak-anak bisa mainkan di sekolah. Dengan adanya permainan di sekolah ini, membuat proses belajar anak di sekolah menjadi lebih menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa permainan anak di sekolah tersebut.

1. Bermain Peran 

bermain peran permainan anak yang mendidik

Permainan anak yang mendidik, salah satunya adalah bermain peran. Permainan peran yang biasa dilakukan di sekolah adalah menjadi sebuah profesi yang anak-anak tersebut bisa pilih sendiri. Anak-anak bisa menjadi posisi, tentara, pilot, suster, dokter, guru dan masih banyak lagi peran yang anak bisa pilih.

Sebagai orang tua, Yupiers dapat membantu mencarikan kostum peran terbaik sesuai dengan kemauan anak. Bermain peran ini dapat membantu anak mengenal lebih banyak profesi dan dengan mengenal berbagai profesi tersebut akan membantu anak memilih cita-cita yang mereka inginkan.

2. Bermain Balok Kayu Geometri

bermain balok kayu geometri

Balok kayu geometri merupakan alat permainan anak yang sangat mendidik. Permainan ini membantu anak mengenal berbagai bentuk seperti lingkaran, segitiga, kotak dan masih banyak lagi dengan warna-warna yang menarik.

Mainan ini biasa dimainkan anak-anak di sekolah dengan cara memasukan balok kayu yang telah tersedia ke dalam suatu wadah dengan menyesuaikan lubang dan bentuk balok kayu tersebut.

3. Bermain Lempar Tangkap Bola

bermain lempar tangkap bola

Permainan anak yang cukup sering dimainkan anak-anak di sekolah dan sangat mendidik adalah bermain lempar tangkap bola. Permainan anak ini juga termasuk kegiatan olahraga yang menyenangkan bagi anak-anak.

Permainan ini dapat melatih kemampuan motorik anak seperti koordinasi mata dan tangan, kemampuan berpikir cepat dalam bertindak, melatih kerja sama dengan teman satu tim serta memperkuat tubuh anak karena permainan juga mengandalkan kekuatan fisik anak.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik dan Disukai Anak

Permainan Anak-Anak yang Menyehatkan

Menjaga kesehatan tentu sangat penting termasuk bagi anak-anak. Bermain permainan anak juga dapat menjadi cara agar anak tetap sehat melalui beberapa permainan anak yang menyehatkan. Berikut ini adalah beberapa permainan anak yang menyehatkan.

1. Bersepeda

bersepeda

Bersepeda merupakan permainan anak yang menyehatkan dan bisa Yupiers lakukan dengan mudah karena hanya memerlukan alat permainan yaitu sepeda saja. Permainan ini juga termasuk olahraga yang menyenangkan.

Bermain sepeda dapat menyehatkan tubuh karena membakar kalori anak, meningkatkan stamina anak, menyehatkan jantung, tulang dan sendi anak, meningkatkan sistem imun, sampai bisa meningkatkan rasa percaya diri anak.

2. Permainan Air

permainan air

Permainan anak yang menyehatkan selanjutnya adalah permainan air. Permainan air yang Yupiers bisa lakukan bersama anak adalah seperti berenang atau mengunjungi wahana taman air yang memiliki berbagai permainan menarik di dalamnya.

Sebelum mengajak anak bermain permainan air tersebut, Yupiers harus mengajarkan anak beberapa hal terlebih dahulu seperti mengajari anak berenang atau menggunakan ban pelampung. Bermain permainan air ternyata dapat menguatkan pernapasan dan otot anak, serta dapat menambah tinggi anak.

3. Bermain Lompat Tali

bermain lompat tali

Bermain lompat tali juga termasuk permainan yang menyehatkan bagi anak. Permainan yang biasanya dimainkan oleh anak perempuan ini membuat tubuh anak menjadi sehat karena aktif dalam bergerak. Tali yang digunakan pada permainan ini biasanya terbuat dari karet yang telah disambung hingga menjadi panjang.

Permainan terdiri dari dua orang yang memegang kedua ujung tali atau bisa juga tali diikat pada tiang atau pohon, lalu ada pemain yang melompati tali tersebut. Ketinggian tali biasanya diawali dengan ketinggian yang rendah, lalu seiring dengan pemain yang berhasil melompati tali tersebut, ketinggian tali akan semakin meningkat.

Baca Juga : 10 Taman Bermain Anak yang Seru dan Edukatif

Manfaat Bermain untuk Anak-Anak

Setelah mengetahui beberapa permainan anak yang menyenangkan, dari beberapa permainan tersebut Yupiers dapat menyimpulkan bahwa permainan anak memiliki beragam manfaat. Berikut ini adalah kesimpulan beberapa manfaat permainan untuk anak tersebut.

1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Manfaat permainan anak yang pertama adalah dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Kemampuan kognitif anak adalah kemampuan anak dalam berpikir, memahami, mengetahui, mempelajari berbagai informasi dan hal-hal disekitar mereka melalui panca indera mereka.

Selain itu juga kemampuan kognitif adalah kemampuan anak dalam berkomunikasi atau menyampaikan apa yang ada dalam pikiran mereka. Kemampuan ini sangat penting Yupiers tingkatkan pada anak sejak dini.

2. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat permainan anak yang kedua adalah dapat meningkatkan kreativitas anak. Kreativitas sangat dibutuhkan anak-anak dalam proses pembentukan ide-ide dan pola pikir anak. Beberapa kegiatan kreatif anak seperti bermain masak-masakan, slime, puzzle, dan balok kayu akan sangat meningkatkan kreativitas anak.

Sebagai orang tua, sangat penting juga bagi Yupiers untuk memberikan kebebasan anak dalam berkreativitas sesuai keinginan mereka dan jangan memaksakan keinginan Yupiers pada mereka. 

3. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi sangat penting bagi anak-anak terutama bagi masa depan mereka karena hal ini akan mempengaruhi banyak hal dalam hidup mereka nantinya seperti pekerjaan dan juga kemampuan bersosialisasi.

Untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi, Yupiers juga bisa aktif menanyakan kepada anak saat mereka memainkan sebuah permainan seperti warna apa yang mereka lihat, bentuk dari alat permainan yang mereka pegang, sampai dengan imajinasi seperti apa yang ada dalam pikiran mereka.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Seiring dengan meningkatnya kemampuan berkomunikasi anak, kemampuan percaya diri mereka juga bisa semakin meningkat. Meningkatnya rasa percaya diri juga bisa didapatkan dari beberapa permainan seperti bermain peran, lempar tangkap, bermain sepatu roda atau bisa juga melalui permainan air.

Rasa percaya diri sangat diperlukan anak untuk masa depan mereka karena nantinya rasa percaya diri akan membuat anak tidak memiliki kekhawatiran berlebih ketika menghadapi sesuatu atau saat akan tampil dihadapan banyak orang.

5. Membuat Bahagia dan Tubuh Menjadi Sehat

Manfaat bermain permainan anak yang terakhir adalah membuat anak menjadi bahagia dan tubuh anak menjadi sehat. Saat anak merasa bahagia tentu hal ini akan menjaga kesehatan mental mereka seperti emosi menjadi lebih stabil dan terhindar dari kondisi tantrum pada anak yang merupakan ledakan emosi seperti menangis, menjerit, marah atau membangkang.

Bermain permainan anak juga akan membuat tubuh anak lebih sehat terutama jika melakukan permainan anak yang berada di luar rumah seperti bermain layang-layang, lempar tangkap, atau bersepeda.

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai permainan anak yang menyenangkan dan manfaatnya yang Yupiers perlu ketahui.

Bermain permainan anak merupakan cara yang menyenangkan untuk mendidik anak dan juga cara terbaik untuk membangun kedekatan serta komunikasi dengan anak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Yupiers.