menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

12 Buah Penambah Imun Tubuh yang Bagus, Cek Disini!

Kesehatan adalah salah satu aset berharga yang ada pada diri semua orang. Banyak cara dilakukan untuk menjaga kesehatan seperti memperhatikan asupan makanan, mengatur pola makan, memperbanyak makan sayur, dan termasuk mengkonsumsi buah penambah imun.

Perlu Yupiers ketahui, imun sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Jika Yupiers berada pada sebuah lingkungan yang tidak sehat atau sekitar Yupiers terdapat orang yang kurang sehat seperti sedang flu, batuk, atau yang lainnya, jika imun Yupiers tidak terjaga dengan baik, maka Yupiers bisa tertular penyakit tersebut. 

Selain itu juga, mengutip dari National Library of Medicine, berikut ini adalah beberapa fungsi imun bagi tubuh kita:

  1. Melawan kuman penyebab penyakit, bakteri, virus, parasit atau jamur dan membantunya untuk keluar dari dalam tubuh.
  2. Membantu untuk mengenali dan menetralisasi zat berbahaya dari lingkungan yang masuk ke dalam tubuh.
  3. Membantu melawan perubahan negatif dalam tubuh seperti penyakit.

Karena sistem imun ini sangat penting bagi tubuh, salah satu cara paling mudah untuk menjaga sistem imun Yupiers adalah dengan mengkonsumsi buah untuk penambah imun yang bagus bagi tubuh Yupiers. 

Apa sajakah buah yang bagus untuk daya tahan tubuh? Simak informasinya dari Yupi berikut ini.

Ingin Imun Naik? Ini Rekomendasi Buah Penambah Imun Tubuh yang Bagus

Berikut ini adalah daftar beberapa buah penambah imun yang bagus untuk tubuh dan bisa Yupiers konsumsi secara rutin.

1. Jeruk
Jeruk rekomendasi buah untuk imunitas tubuh

Buah apa yang bisa meningkatkan imun? berdasarkan dari beberapa sumber, rekomendasi buah untuk imunitas tubuh yang pertama adalah jeruk. Buah yang terkenal kaya akan vitamin C ini, juga terkenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh.

Vitamin C dalam tubuh dapat membantu tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. 

Perlu Yupiers ketahui juga, bahwa tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, karena itu sangat penting bagi Yupiers untuk mengkonsumsi buah jeruk yang kaya akan vitamin C ini.

2. Pepaya

Rekomendasi buah penambah imun berikutnya adalah pepaya. Siapa yang sangka, pepaya yang terkenal untuk kesehatan pencernaan ini juga baik untuk imun tubuh. Hal tersebut karena ternyata pepaya memiliki manfaat lainnya. Manfaat lainnya tersebut adalah seperti dapat melawan peradangan. 

Selain itu juga, buah pepaya memiliki kandungan magnesium, kalsium, vitamin B1, B3, B5, E dan vitamin K serta antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh kita.

3. Kiwi
Kiwi Rekomendasi buah untuk kekebalan tubuh

Rekomendasi buah untuk kekebalan tubuh berikutnya adalah buah kiwi. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa buah kiwi ternyata juga kaya akan Vitamin C, dan beberapa nutrisi penting lainnya.

Beberapa nutrisi penting dalam buah kiwi adalah vitamin C, vitamin K, folat, dan potasium. Kombinasi dari beberapa nutrisi itu sangat baik untuk menjaga imun tubuh Yupiers. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sel darah putih, lalu nutrisi lainnya yaitu vitamin K, folat dan potasium akan membantu menjaga seluruh organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.

4. Jambu Biji

Rekomendasi buah untuk menjaga daya tahan tubuh selanjutnya adalah jambu biji. Selain jeruk, buah jambu biji juga terkenal kaya akan vitamin C. Selain vitamin C, jambu biji juga memiliki protein yang tinggi. Kombinasi kedua nutrisi ini akan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun Yupiers.

Selain itu juga, buah jambu biji ternyata juga dapat membantu menekan tekanan darah dan juga kadar kolesterol dalam tubuh Yupiers.

Yupiers dapat memakan jambu biji secara langsung atau dengan mengolahnya menjadi jus. Namun hindari pemanis buatan jika Yupiers ingin mengkonsumsinya dengan cara mengolahnya menjadi jus.

5. Blackberry
buah blackberry-Cara meningkatkan imun tubuh dengan cepat

Cara meningkatkan imun tubuh dengan cepat salah satunya dengan mengkonsumsi buah berry. Buah berry adalah salah satu jenis buah yang sudah terkenal memiliki banyak manfaat. Dari beberapa jenis buah berry, kali ini kita akan membahas buah blackberry. 

Buah blackberry memiliki kandungan sejenis flavonoid yang bernama anthocyanin yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam sebuah penelitian tahun 2016, menemukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi flavonoid memiliki kemungkinan yang lebih kecil terkena infeksi saluran pernapasan atau flu dibandingkan orang yang jarang mengkonsumsi flavonoid.

Yupiers juga bisa mengkonsumsi buah blackberry ini dalam varian permen Yupi Bolicious Blackberry. Dengan kandungan 20% jus buah blackberry, permen Yupi Bolicious ini selain untuk meningkatkan imunitas tubuh tapi juga bisa menjaga kesehatan kulit karena mengandung kolagen.

6. Strawberry

Selain buah blueberry, buah berry lainnya yaitu strawberry juga merupakan buah penambah imun yang baik untuk tubuh. Strawberry juga kaya akan vitamin C, dan juga kaya akan polifenol. 

Polifenol adalah senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai macam virus seperti influenza, e coli, staphylococcus, dan salmonella.

Karena manfaat dan juga rasanya yang lezat, buah strawberry ini menjadi salah satu buah yang menjadi inspirasi produk permen Yupi yaitu Yupi Bolicious Strawberry dan  Yupi Strawberry Kiss. Selain strawberry, masih banyak lagi produk permen Yupi lainnya yang terinspirasi dari buah-buahan yang lezat dan bergizi.

7. Elderberry

Buah berry berikut ini mungkin masih jarang dikonsumsi di Indonesia. Elderberry adalah salah satu jenis buah berry yang kaya akan antioksidan dan dapat menurunkan kadar peradangan dalam tubuh.

Dalam beberapa penelitian, beberapa orang peneliti juga mengatakan bahwa buah elderberry juga dapat mencegah infeksi virus flu. Namun hal ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

8. Acai berry

Masih dari jenis buah berry, acai berry juga termasuk buah yang dapat meningkatkan imun dalam tubuh. Buah yang satu ini mungkin juga termasuk jarang untuk dikonsumsi secara langsung di Indonesia. Namun buah acai berry sering dijadikan bahan suplemen untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan termasuk buah yang bagus untuk perawatan kulit.

Buah acai berry ini mengandung antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain dijadikan bahan suplemen, buah acai berry ini juga sering dikonsumsi dalam bentuk smoothies yang lezat.

9. Leci
leci-Buah penambah imun

Buah penambah imun berikutnya adalah buah leci. Dalam satu buah leci, mengandung cukup banyak vitamin C dan mampu memenuhi 7,5 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh kita.

Tidak hanya vitamin C, buah leci juga kaya akan asam lemak omega 3 dan 6 yang memiliki manfaat untuk kesehatan otak, pembuluh darah dan juga jantung.

10. Semangka

Semangka, buah yang sangat mudah ditemukan ini ternyata juga termasuk buah penambah imun. 

Dalam satu porsi satu semangka mengandung 270 miligram potasium, dan dapat memenuhi 30 persen kebutuhan vitamin A harian serta 25 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh Yupiers.

Selain beberapa nutrisi tersebut, dalam satu porsi semangka juga terdapat vitamin B6 dan glutathione. Dengan adanya semua nutrisi tersebut, semangka dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh Yupiers.

11. Mangga

Tidak kalah dari semangka, buah mangga yang mudah ditemukan ini ternyata juga termasuk buah penambah imun yang sangat mudah untuk Yupiers temukan. Mangga termasuk buah penambah imun karena memiliki antioksidan carotenoid. 

Selain itu juga, buah mangga memiliki banyak sekali vitamin termasuk salah satunya adalah vitamin C yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Yupiers juga bisa langsung menkonsumsi buah mangga ini dalam bentuk permen Yupi Exotic Mango, rasanya yang enak dan kenyal sekaligus mengandung buah mangga yang segar.

12. Delima
delima

Rekomendasi buah penambah imun yang terakhir dari Yupi adalah buah delima. Buah delima mungkin termasuk buah yang jarang orang konsumsi di Indonesia. 

Namun ternyata, buah delima dapat membantu meningkatkan imun tubuh dengan cara menghambat pertumbuhan virus dan bakteri dalam tubuh.

Beberapa virus yang dapat ditekan pertumbuhannya tersebut adalah seperti virus herpes, virus flu, dan virus lainnya. Sementara beberapa bakteri yang dapat ditekan pertumbuhannya tersebut adalah e coli, yersinia, salmonella, shigella, listeria, dan beberapa bakteri lainnya.

Baca Juga : Kekurangan Vitamin C Pada Anak, Waspadai Tanda dan Gejalanya

Ciri-Ciri Imun Tubuh Sedang Turun

Setelah mengetahui beberapa buah penambah imun yang bagus untuk tubuh Yupiers, ada juga beberapa ciri-ciri imun tubuh sedang turun yang perlu Yupiers ketahui. Berikut ini adalah beberapa ciri tersebut.

  1. Sakit kepala karena stres.
  2. Mudah terserang flu.
  3. Mudah terserang demam.
  4. Sering mengalami gangguan sakit perut seperti diare, kembung, atau sembelit.
  5. Luka lama untuk sembuh.
  6. Mudah merasa lelah.
  7. Mengalami masalah berat badan.

Itulah beberapa informasi tentang imun tubuh dari Yupi yang perlu Yupiers ketahui, mulai dari beberapa rekomendasi buah penambah imun yang bagus untuk tubuh sampai beberapa ciri-ciri imun tubuh sedang turun.

Semoga informasi tentang imun termasuk buah penambah imun dari Yupi kali ini bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile